Artificial Tullip–Bunga khas Musim Semi Negeri Kincir Angin

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
XaXiXu.com - Pernah nggak sih bikin bunga tulip dari kertas crepe, tapi jadinya nggak bagus (misal bentuknya kurang bisa tegak, dst)? Atau warnanya kurang bagus / cepat pudar alias nggak tahan lama? Ini pengalaman pribadi penulis sih hi hi.

Yah sebenarnya kasus-kasus kegagalan umum orang-orang yang pernah mencoba bikin DIY bunga tulip kertas tapi hasilnya kurang maksimal. Padahal pengen ya punya tulip di dalam rumah (meski bunga aslinya memang agak susah sih berkembang di iklim Indonesia)

Eh nggak perlu jauh-jauh ke Belanda ya buat beli yang asli Sobat kreatif , yuk mencoba menggunakan alternatif kertas lain seperti origami? Loh bisa ya. Wah bisa sekali dong, cantik, simple pembuatannya, dan applicable sekali. Yuk langsung aja simak cara bikinnya.

Gambar Cover membuat bunga dari kertas origami

Bahan :
1. Kertas Origami warna – warni  (ukuran 12x12)
2. Selotip daun
3. Lidi
4. Gunting
5. Lem kayu / lem uhu / lem kertas yang kuat
6. Lem tembak

Cara membuat Artificial Tullip – Bunga khas Holland :

1. Bagi kertas origami dengan melipatnya menjadi empat (untuk bunga) dan menjadi dua untuk daun. Gambar pola seperti pada gambar. Buat kelopak sebanyak 6 buah dan dua buah untuk daun.

Gambar 1 kertas origami 2 warna

2. Sisihkan bagian daun. Ambil sebuah kelopak, potong bagian bawahnya. Lakukan pada setiap kelopak.

Gambar 2 bikin daun kertas origami

3. Ambil sebuah kelopak yang sudah dipotong bagian bawahnya. Pertemukan kedua sisinya dalam posisi silang kemudian lem. Kemudian dengan ujung gunting lekukan ujungnya. Ulangi hingga kelopak habis.


4. Ambil kertas lain (boleh warna yang sama dengan kelopak boleh warna lain) potong menjadi lingkaran kecil dan tengahnya dilubangi. Kemudian ambil sisanya, buat rumbai seperti pada gambar.


5. Batang lidi dililit dengan selotip daun terlebih dulu. Kemudian ambil lingkaran kecil, masukkan lidi di lubang lingkaran, kemudian eratkan dengan lem.


6. Kemudian dibagian atas dililitkan kertas yang sudah dirumbai sebagai putik.

bikin tangkai bunga

7. Kemudian pasang kelopak yang sudah dibuat dibawah lingkaran dengan lem tembak. Lakukan hingga kelopak habis.


8. Ambil sebuah daun, lipat menjadi dua. Kemudian tempelkan di batang lidi. Lakukan lagi pada daun yang satunya. Dan dengan ujung gunting lekukkan ujung daunnya. Bunga tulip cantik dari kertas siap menghias ruangan.

membuat bunga tulip dari kertas origami
Pics : Novia K

Ide untuk guru dan orang tua :

- Anak-anak sekolah juga bisa lho diminta praktek membuat ini ketika kelas kerajinan tangan. Atau mau disimpan sendiri dirumah? Bisa banget, warna kertas origami juga banyak dan warna-warni.

- Kalau dikumpulkan jadi banyak bisa membentuk buket (bouquet) tulip yang sangat cantik lho. Rumah jadi berasa nuansa musim semi di Negeri Kincir Angin ya hihi. Selamat mencoba.
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger