GIZI untuk Tumbuh Kembang Optimal pada BALITA

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
IndoSister.com - Masa-masa balita atau usia anak 1 sampai 5 tahun adalah masa yang sangat penting untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Pada usia 0 sampai 6 bulan pertama, buah hati Anda semua hanya membutuhkan ASI eksklusif untuk dapat mencukupi kebutuhan gizinya. Namun di atas usia 6 bulan ke atas, ibu sudah harus lebih kreatif dalam memberikan nutrisi yang bergizi dan menarik untuk buah hatinya.

Sebelum menyusun menu yang bergizi, maka terlebih dahulu harus memenuhi …
Prinsip Pemberian Nutrisi … antara lain :

1. Tepat kombinasi zat gizinya
Kebutuhan zat gizi harus terpenuhi dengan seimbang termasuk kebutuhan cairan tubuh sekitar 1-1,5 liter/hari.

GIZI untuk Tumbuh Kembang Optimal pada BALITA

2. Tepat porsi atau jumlahnya
Porsi yang diberikan kepada balitaharus sesuaidengan Angka Kecukupan Gizi (AKG)

3. Tepat dengan tahap perkembangan
Jumlah kalori dalam makanan balita harus sesuai dengan berat badan dan usia anak
Nutrisi yang diberikan kepada buah hati Anda tidak hanya untuk menghilangkan rasa lapar saja, tetapi harus dapat memenuhi kebutuhan gizinya dan menarik sang buah hati untuk tidak melakukan GTM (Gerakan Tutup Mulut).

Kebutuhan gizi balita dikelompokkan menjadi tiga jenis, antara lain adalah:

1. Sumber Zat Tenaga
Sumber zat tenaga ini dipergunakan balita untuk melakukan aktivitasnya, seperti merangkak, berguling, berjalan, berlari dan aktivitas rutinitas lainnya. Makanan yang dapat  digunakan sebagai sumber tenaga ini mengandung zat karbohidrat yang dapat diperoleh dari beras, kentang, jagung, singkong, ubi dan olahan-olahan tepung.

2. Sumber Zat Pengatur
Sumber zat pengatur ini dipergunakan tubuh untuk mengatur penggunaan zat-zat gizi yang masuk ke dalam tubuh buah hati Saudara. Zat pengatur bisa didapatkan dari vitamin dan mineral. Kedua zat ini dapat Saudara peroleh dari sayuran dan buah-buahan.

3. Sumber Zat Pembangun
Zat pembangun dipergunakan tubuh balita untuk pembentukan sel, proses pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh, pembentukan enzim, serum, antibodi, mempertahankan keseimbangan asam-basa dalam tubuh serta proses metabolisme di dalam tubuh. Zat ini dapat diperoleh dari protein, baik protein hewani seperti daging dagingan maupun protein nabati, seperti biji-bijian.

Kebutuhan gizi balita dikelompokkan menjadi tiga jenis
Untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal pada balita para sahabat IndoSister.com semua, maka ketiga kelompok zat gizi tersebut harus diberikan secara seimbang dalam penyusunan menu si kecil. Selain itu, ibu juga harus menyusun menu sekreatif mungkin agar buah hati tidak merasa bosan dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik.
(Meilina)
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger