Prinsip Kerja 5 Alat Elektronik Rumah Tangga - Umum Dipakai

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Di zaman sekarang ini, segala kebutuhan rumah tangga untuk menunjang aktivitas pasti menggunakan alat elektronik. Hal ini karena penggunaan alat alat elektronik tersebut lebih praktis dan aman untuk digunakan.

Pada artikel kali ini XaXiXu.com akan mengupas tuntas bagaimanakah prinsip kerja dari beberapa peralatan elektronik yang umum digunakan di rumah tangga. Penasaran peralatan apa saja yang akan kita bahas? Yuk simak penjelasannya di bawah ini dan bagaimana cara kerjanya :

1. Setrika Listrik
Pada zaman dahulu, setrika belum menggunakan listrik. Orang-orang pada zaman itu menggunakan uap untuk merapikan kain atau baju. Bentuk dan cara menggunakannya pun mirip dengan setrika listrik yang kita gunakan saat ini. Hanya mengganti uap dengan elemen pemanas. Berikut skema bagian dalam dari setrika listrik:
cara kerja alat setrika listrik
- Perhatikan gambar, terdapat 3 bagian utama pada setrika listrik. Pertama, Elemen pemanas yang merupakan bagian utama pada setrika karena akan mengubah energi listrik menjadi energi panas. Kedua, Thermostat yang berfungsi untuk mengatur panas yang dihasilkan oleh elemen pemanas. Ketiga, plat metal yang berada di permukaan bawah setrika, bagian inilah yang akan kontak langsung dengan kain.

2. Ketel Listrik
Sebelum ada ketel listrik, kita biasanya menggunakan panci atau ceret biasa untuk memanaskan air. Namun penggunaanya tidak praktis dibandingkan kita menggunakan ketel / ceret listrik. Dengan ketel listrik kita hanya perlu menghubungkannya ke stop kontak maka air akan menjadi panas.

Perhatikan gambar di bawah ini untuk mengetahui cara kerjanya:
cara kerja alat ketel rambut
- Ketika ketel listrik dihubungkan dengan sumber listrik dari stop kontak, maka akan ada perubahan energi listrik menjadi energi panas oleh elemen pemanas. Peristiwa ini disebut juga dengan konduksi. Selanjutnya air akan berubah massa jenisnya melalui proses konveksi, sehingga air menjadi mendidih.

3. Kompor listrik
Saat ini penggunaan kompor listrik sudah hampir menggantikan kompor gas. Penggunaannya yang praktis dan lebih aman menjadi salah satu alasannya. Terdapat dua jenis kompor listrik yang biasa digunakan, lihat ilustrasi berikut :


- Kedua alat tersebut sebenarnya memiliki prinsip kerja yang sama, yaitu memiliki elemen pemanas yang mengubah energi listrik menjadi energi panas. Melalui proses konduksi maka panas yang terdapat pada hotplate atau spiral pemanas akan berpindah pada peralatan memasak. Misalnya panci, penggorengan, dan wajan.

4. Hair Dryer
Pengering rambut atau hair dryer umum digunakan oleh wanita untuk mengeringkan rambut setelah keramas. Tidak hanya mengeluarkan angin, tetapi hair dryer juga mengeluarkan uap panas dari ujungnya. Uap panas tersebut dihasilkan dari elemen pemanas yang terdapat pada bagian dalam hair dryer, berikut gambarnya agar lebih jelas:
cara kerja alat pengering rambut
5. Toaster
Alat ini populer di era 90an, toaster atau nama lainnya adalah pemanggang roti umumnya dimiliki hampir setiap rumah tangga. Toaster ini dapat memanggang roti dengan cepat dan praktis. Prinsip kerja dari alat ini adalah di dalamnya terdapat elemen pemanas yang terbungkus oleh plat. Perhatikan gambar di bawah ini agar lebih jelas:
cara kerja alat pemanggang roti
Nah, itulah beberapa alat-alat elektronik rumah tangga yang telah dibahas prinsip kerjanya pada artikel ini. Dengan mengetahui prinsip kerjanya, maka diharapkan para sobat XaXiXu.com akan lebih bijak dalam menggunakannya sehingga alat alat tersebut menjadi lebih awet dan terawat. Semoga Bermanfaat ya guys !
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger