Perbedaan KWh Meter dan KWh Digital – Listrik Pintar

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Jika kalian perhatikan, ada seorang petugas PLN yang sering mengunjungi rumah kita dan mencatat nilai pada kotak alat listrik di rumah kita. Box alat tersebut dinamakan kWh meter (kilowatt hour meter). KWh meter adalah alat yang berfungsi untuk mengukur pemakaian listrik di rumah kita, selanjutnya akan dikalkulasikan dengan tarif PLN.

Maka, kita diwajibkan untuk membayar tagihan listrik tersebut sesuai dengan pemakaian kita. Seiring perkembangan zaman, PLN menghadirkan solusi baru untuk listrik rumah tangga yaitu listrik prabayar. Solusi ini dinamakan listrik pintar, sebuah alternatif untuk efisiensi listrik.
Pada solusi ini, kWh meter yang digunakan berbeda dengan biasanya. Biasanya jenis kWh meter adalah analog (sistem abonment). Sedangkan pada solusi listrik pintar menggunakan kWh meter digital (sistem pulsa).

Pada artikel ini kita akan membahas tentang perbedaan antara kWh meter analog dan digital. Serta beberapa keunggulan dan kelemahan dari kedua alat tersebut. Yuk langsung kita simak penjelasan dibawah ini:

• KWh meter Analog (Listrik Meteran)
Perhatikan gambar di atas, jenis kWh tersebut merupakan kWh yang umum di rumah kita. Prinsip kerjanya adalah terdapat sebuah piringan aluminium yang dapat berputar dan diberi kutub magnetik listrik. Selain untuk  mengukur pemakaian listrik, alat ini juga digunakan untuk membatasi daya sesuai dengan ketentuan kontrak antara konsumen dan PLN, misalnya 900 watt dan 1300 watt.

- Keunggulan dari kWh meter ini adalah alatnya yang sederhana dan harganya lebih murah daripada kWh meter digital serta daya tahan umumnya lama.
- Namun, kelemahannya adalah konsumen tidak dapat menunda pembayaran tagihan listrik dan pemakaian listrik konsumen kurang terkendali.

• KWh meter Digital (Listrik pulsa)


Gambar di atas merupakan salah satu jenis kwh meter digital milik PLN yang umum digunakan pada listrik rumah tangga di Indonesia. Cara membaca nilai kWh pada alat tersebut sangat mudah, karena sudah tertera angka digital yang jelas.

Kwh digital ini merupakan alat pendukung PLN untuk solusi listrik pintar, dimana untuk bisa mengakses listrik kita hanya perlu mengisi token listrik. Prinsipnya sama seperti kita membeli pulsa handpone, jadi kita bisa perkirakan pemakaian listrik di rumah kita.

- Keunggulan dari alat ini adalah kita bisa kalkulasikan biaya listrik bulanan dan membatasi pemakaian listrik.
- Sedangkan kelemahannya adalah kita harus siap sedia token listrik, jangan sampai nanti ketika tengah malam listrik kita mati harus menunggu sampai esok hari.

Demikianlah pembahasan mengenai kwh meter analog dan digital, diharapkan setelah membaca ini para sobat XaXiXu.com bisa bijak dalam menggunakan listrik ... Agar listrik bisa dinikmati terus oleh anak cucu kita kelak.
Yuzwan P

Baca Juga ya … :
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger