Mengenal Segitiga daya Listrik – Daya Aktif, Reaktif, Semu

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Pernahkah kalian ingat apakah satuan dari daya listrik? Ada yang menjawab Watt dan ada pula yang menjawab VA (Volt Ampere). Keduanya benar, namun penggunaanya berbeda. Jika VA umumnya digunakan untuk satuan daya pada listrik rumah, sedangkan Watt untuk alat elektronik.

Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang daya listrik secara umum, kali ini kita akan membahas lebih detail tentang daya pada arus AC. Secara umum, persamaan matematis daya adalah sebagai berikut :
Mengenal Segitiga daya Listrik – Daya Aktif, Reaktif, Semu
Sebenarnya, daya listrik terbagi menjadi 3 jenis yaitu daya aktif, daya reaktif, dan daya semu. Daya nyata disimbolkan dengan P, daya reaktif disimbolkan dengan Q dan daya semu disimbolkan dengan S.

Silakan para sobat XaXiXu.com simak penjelasan di bawah ini, agar lebih memahami …
Perbedaan 3 Jenis Daya Listrik -  Segitiga Daya :


1. Daya Nyata
Daya nyata disebut juga dengan daya aktif (P) atau pada gambar di atas disebut dengan real power dan memiliki satuan Watt. Daya nyata sederhananya adalah daya yang diperlukan oleh beban resistif murni. Daya nyata dimanfaatkan untuk mengubah suatu energi listrik menjadi bentuk energi lain.

Contoh penggunaannya adalah pada perangkat elektronik misalnya pada setrika listrik untuk mengubah energi listrik menjadi energi panas.
Secara matematis persamaan dari daya nyata adalah sebagai berikut, Lihat gambar bawah ...:

Sebenarnya rumus daya nyata mirip dengan rumus daya pada arus DC, perbedaannya adalah melibatkan faktor daya (cos  Ø).
rumus daya nyata

2. Daya Reaktif
Daya reaktif (Q) cukup sulit untuk didefinisikan, secara sederhana daya reaktif adalah daya imajiner (khayal) yang menunjukkan adanya pergeseran arus dan tegangan listrik akibat adanya beban reaktif.

Beban reaktif tersebut bisa berupa beban induktif atau beban kapasitif, contohnya kipas angin, mesin cuci, pompa dll. Daya reaktif diukur dengan satuan VAr (Volt Ampere-reaktif).

Secara matematis, dituliskan sebagai berikut:
rumus daya reaktif
3. Daya Semu
Daya semu atau disebut juga dengan daya total (S), pada gambar di atas adalah apparent power. Daya total tersebut ada yang dihamburkan atau diserap kembali pada rangkaian arus bolak balik (AC). Daya semu juga merupakan hasil kali dari Tegangan rms (root mean square) dan Arus rms.

Secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut:
rumus daya reaktif
Nah, demikianlah beberapa penjelasan tentang segitiga daya. Agar para sobat XaXiXu.com lebih dapat memahami tentang segitiga daya, silakan lihat kembali gambar di bagian paling atas.
Semoga Bermanfaat untuk ilmu kelistrikan maupun dalam kehidupan sehari-hari ya.
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comment:

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger