Yuk ! Mengenal Perbedaan Listrik di Berbagai Negara

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Listrik saat ini telah menjadi kebutuhan utama bagi semua orang, jika tidak ada listrik maka rasanya sulit untuk melakukan aktivitas. Namun, tahukah kalian meskipun hampir seluruh bagian dunia ini telah dialiri listrik, listrik pada setiap Negara tersebut memiliki besaran yang berbeda. Besaran tersebut antara lain tegangan, arus, dan frekuensi.

Maka jangan kaget, bila kalian jalan jalan ke luar negeri, maka kalian akan menemukan port stop kontak yang berbeda beda. Pada artikel kali ini, kita akan memberikan …

Wawasan Tentang Beberapa Besaran Listrik Di Sejumlah Negara.



1. Indonesia.
Sebelum kita mengetahui perbedaan listrik di Negara lain, ada baiknya kita mengetahui besaran listrik pada Negara kita. Indonesia memiliki tegangan listrik sebesar 220 V dan frekuensi sebesar 50 Hz. Sedangkan untuk tipe stop kontak dan tipe steker adalah tipe C/F dengan bentuk sebagai berikut:



2. China
Negara China memiliki besaran tegangan listrik dan frekuensi yang sama dengan Indonesia, yakni 220 V dan 50 Hz. Meskipun demikian, tipe stop kontak dan tipe steker dari China adalah tipe A/C/I dengan bentuk sebagai berikut:


3. Amerika Serikat
Negara ini memiliki besaran tegangan listrik sebesar 120 V dan frekuensi listrik sebesar 60 Hz. Tipe steker dan tipe stop kontaknya adalah tipe A/B/C.

Contoh bentuknya adalah sebagai berikut:


4. Italia
Salah satu negara yang termasuk dalam benua Eropa ini memiliki tegangan listrik sebesar 230 Hz dan frekuensi sebesar 50 Hz. Tipe steker dari negara italia adalah tipe C/F/L dan tipe stop kontaknya adalah tipe F/L, bentuknya adalah sebagai berikut:



5. Arab Saudi
Bagi kalian yang nantinya akan melaksanakan umroh atau haji, tentunya penting untuk mengetahui besaran listrik di negara ini. Tegangan listriknya sebesar 127V/220V dan frekuensinya sebesar 60 Hz. Tipe stop kontak dan tipe stekernya adalah tipe A/B/C/G. Bentuk dari stop kontak tersebut adalah sebagai berikut:



Peta Besaran Listrik & Frekuensi

Agar kalian dapat lebih memahami besaran listrik dan frekuensi untuk beberapa cakupan negara, perhatikan gambar di bawah ini :
Peta Besaran Listrik & Frekuensi berbagai negara di dunia
Demikianlah tentang perbedaan besaran listrik tiap negara. Semoga bisa membantu bagi yang memiliki hobi travelling.

Dengan mengetahui besaran listrik dari masing-masing negara, para sobat XaXiXu.com dapat menyesuaikan peralatan elektronik yang akan kalian gunakan. Sebab, apabila sumber listriknya tidak sesuai dengan spesifikasi dari peralatan tersebut, maka alat tersebut kemungkinan tidak bisa berfungsi ataupun rusak.
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger