Tips Beli/Memilih Multimeter yang Tepat - Analog Vs Digital ?

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Kupas Tuntas multimeter - Seperti yang telah diuraikan pada artikel sebelumnya, multimeter atau AVOmeter adalah alat untuk mengukur arus, tegangan, hambatan dan besaran listrik lainnya. Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas bagaimana cara menggunakan AVOmeter.

Nah pada kesempatan kali ini, akan dibahas apa perbedaan dari multimeter analog dan multimeter digital, secara umum fungsinya sama hanya instrumen di dalamnya yang berbeda.

Gambar di atas merupakan salah satu jenis multimeter keluaran sanwa.
Berikut ini adalah gambar dari multimeter Analog :

tips membeli multimeter analog

Selanjutnya, ini adalah gambar dari multimeter Digital :

tips memilih multimeter digital

Jika dilihat dari gambarnya pasti sudah bisa ditemukan perbedaannya, mari kita simak tabel di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan keduanya.

Multimeter Analog

Multimeter Digital

Tampilan menggunakan jarum
Tampilan menggunakan LCD
Menggunakan coil meter
Menggunakan pengubah digital (ADC)
Harga relatif lebih murah
Harga relatif lebih mahal
Pengukuran cukup sulit, karena harus menggunakan rumus/perhitungan
Pengukuran mudah, hasil langsung ditampilkan di layar
Bisa digunakan untuk cek kerusakan komponen (elco, transistor, dll)
Sulit untuk cek kerusakan komponen (elco, transistor, dll)
Bentuk dan ukuran relatif besar
Bentuk dan ukuran relatif kecil

Berdasarkan tabel diatas, menjelaskan tentang perbedaan dan keunggulan maupun kekurangan dari multimeter analog dan digital.

Namun, kalian pasti bertanya-tanya.
Manakah merek Multimeter yang bagus? Dan apakah harganya terjangkau?

- Harga multimeter digital, dari yang termurah sampai yang mahal ... berkisar antara Rp 35.000,00 s.d Rp 250.000 , biasanya tergantung dari fitur yang ditawarkan pada multimeter tersebut, misalnya fitur LED, buzzer, transistor checker dsb.

- Sedangkan multimeter analog berkisar antara Rp 45.000,00 s.d Rp 300.000,00 sama seperti multimeter digital, hal yang membedakan adalah fiturnya.

Perihal merek multimeter yang bagus, setelah saya cek dari beberapa forum serta pengalaman penulis dalam membeli multimeter, biasanya merek multimeter yang direkomendasikan adalah “SANWA”. Merek sanwa umum digunakan oleh para teknisi listrik/elektronika dan praktisi di universitas. Namun, untuk harganya relatif lebih mahal daripada merek lainnya.

Sebenarnya, para sobat XaXiXu.com  tidak perlu bingung untuk memilih multimeter. Apabila kalian masih awam, dan baru memulai dunia elektronika, beli lah multimeter yang sesuai dengan budget kalian, karena untuk pemakaian awal kalian tidak terlalu membutuhkan banyak fitur.

Satu lagi, daya tahan atau awet tidaknya multimeter itu sendiri bergantung dari “PEMAKAIAN” dan “KESALAHAN” dari user, jadi ada kemungkinan apabila menggunakan multimeter yang mahal akan rusak juga.

Nah, mungkin itulah beberapa tips dan informasi dari saya tentang multimeter analog dan digital, semoga kalian bisa bijak dalam memilihnya. Semoga Bermanfaat!
Yuzwan P

Baca Juga :
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

3 comments:

  1. untuk sobat pemakai multimeter digital, jangan dibiarkan alat kehabisan baterai terlalu lama, pengalaman ku karena malas beli baterai pengganti yang sudah habis, entah berapa lama, kemudian layar LCD ketika mau pasang baterai baru, layar LCD rusak hitamnya gak rata lagi, umpamanya seharusnya angka 8 yang terlihat u, , padahal gak pernah jatuh ato tertindih

    ReplyDelete
  2. terimakasih bro info,y saya batu mau beli, baru mau blajar, maaf untuk pencantuman harga ap gk kebalik bro,

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger