8 Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris dari Film Kesukaanmu

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Semakin disadari bahwa kemampuan berbahasa Inggris yang baik semakin sangat dibutuhkan baik untuk menunjang studi, pekerjaan atau pun komunikasi. Nah, tantangan yang dihadapi saat ini adalah tidak semua dari para sobat XaXiXu.com bisa langsung lancar belajar berbahasa Inggris bukan ?.

Sebenarnya sih belajar segala macam aspek bahasa Inggris, mulai dari grammar, tenses, hingga vocabulary tidak terlalu sulit. Kuncinya adalah menemukan ‘cara’ yang kita sukai agar proses belajarnya menjadi lebih cepat dan mudah.

Supaya lebih enjoy  dan menikmati prosesnya, kamu bisa belajar dari percakapan yang sering muncul di berbagai film luar negeri.

Nah, biar percakapan yang mengalir di film luar negeri berbahasa Inggris bisa kamu pelajari sekaligus nikmati, ada beberapa tips berikut ini yang bisa kamu ikuti.

8 TIPS Belajar Bahasa Inggris dengan Cara Menonon Film Favorit


8 TIPS Belajar Bahasa Inggris dengan Cara Menonon Film Favorit

1. Pelajari satu per-satu, bagian pelafalan atau kosakata yang akan lebih dulu kamu pelajari?
Kalau tujuan kamu mempelajari pengucapan atau pelafalan kata demi kata, maka harus mempelajari bagaimana tokoh dalam film tersebut berbicara.

Sedangkan jika kamu ingin memperkaya  dan menambah kosakata, maka kamu harus bisa mencermati kata-kata demi kata yang digunakan. Jika kamu menemukan kata asing dalam percakapan, jangan ragu untuk mencarinya di kamus.

2. Enggak perlu cari film yang ribet
Meskipun setiap orang punya film kesukaannya masing-masing, kamu harus lebih selektif jika ingin sungguh sungguh belajar bahasa Inggris.

Kalau bisa, carilah film yang memiliki alur cerita sederhana dan dekat dengan kehidupan sehari hari, seperti misalnya film kartun atau animasi. Salah satu referensi film yang bisa kamu pelajari adalah How To Train Your Dragon, Frozen, sampai Zootopia.
Meskipun filmnya cenderung kekanak-kanakan, namun yang penting adalah bahasa yang dipergunakan masih mudah dicari, diteliti, dan dipahami.

Jangan terburu-buru ya, secara bertahap setelah kamu menguasai banyak pelafalan dan kosakata barulah kamu beralih ke film lain yang genre-nya agak serius.

3. Supaya enggak kehilangan arah pas belajar bahasa Inggris, pastikan film yang kamu tonton ada subtitle-nya
Belajar bahasa Inggris dari film yang menyediakan subtitle bahasa Indonesia dan Inggris jauh lebih baik lho. Karena selain bisa mengindetifikasi kata dan ucapan tokoh dalam film, kamu juga bisa mengoreksi kata demi kata yang diucapkan dengan arti yang tertera di subtitle.

8 Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris dari Film Kesukaanmu

4. Karena daya ingat enggak selamanya sempurna, ada baiknya kamu menyediakan buku catatan
Yup, buku catatan bisa menjadi semacam pengingat dari kata-kata baru yang kamu temukan. Kosakata berikut artinya yang sudah kamu catat nantinya bisa kamu jadikan bahan pengingat dan bisa dibaca kembali saat kamu berada di tempat lain. Jadi semakin mahir deh.

5. Mengingat kata-kata spesial atau quotes sebuah film bisa membuatmu secara tak langsung mahir bahasa Inggris.
Pernah nemuin kata-kata sakti dalam sebuah film? Yup, kata kata keren yang terjadi dalam sebuah adegan atau film kadang tanpa disadari akan menjadi semacam punch line  atau quote.

Nantinya kata-kata itu bisa kamu pelajari dan menambah kemampuan berbahasa Inggris kamu.
Selain itu punch line atau quotes dalam film bisa kamu jadikan sebagai status inspiratif di media sosial kamu untuk orang banyak kan.

6. Kalau kamu bosan nonton sendirian, ajak teman diskusi untuk mempelajari bahasa Inggris.
Salah satu cara yang lebih variatif dan mampu mengusir kebosanan kamu belajar bahasa Inggris lewat film adalah dengan mengajak sahabat karib atau teman diskusi kamu.

Dengan mengajak teman, kamu bisa berdiskusi tentang beragam bahasan, mulai dari bahasa Inggris, alur film, tokoh, pesan moral yang bisa diambil, atau soundtrack  yang diputar di film tersebut.

7. Ulangi terus pemutaran filmnya, pelajari lewat subtitle, setelah hafal dialog barulah kamu tonton ulang tanpa subtitle.
Cara ini cukup efektif untuk kamu yang benar-benar menyukai film tersebut sekaligus serius mempelajari bahasa Inggris. Coba kamu ulangi terus film yang kamu pelajari lengkap dengan subtitle  bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Nah, setelah kamu hafal dialognya, kamu coba pelajari lagi filmnya tanpa menggunakan batuan subtitle.

8. Lakukan evaluasi rutin atas pembelajaran yang sudah kamu alami.
Jangan lupa belajar juga membutuhkan evaluasi supaya kamu tahu sejauh mana perkembangan kemampuan berbahasa inggris kamu. Kalau kamu sudah sering mempelajari film dari subtitle bahasa Inggris, coba deh kamu cek seberapa besar pemahaman kamu tentang tenses, vocabulary, hingga pelafalan kata demi kata.
Lakukan secara berkala dan kritis mengoreksi diri sendiri demi perbaikan yang maksimal ya.

Nah, gimana, metode belajar bahasa Inggris ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan bukan? Asal para sobat XaXiXu.com ada niat dan semangat tentunya cara ini bisa kamu langsung coba untuk mendapatkan hasil optimal.
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger