10 Tips Mengisi Waktu Makan Siangmu agar Lebih Produktif

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Ayo, siapa di antara sobat XaXiXu.com sekalian yang selalu menunggu datangnya jam makan siang? Yup, setelah bergelut dengan beragam aktifitas, biasanya jam makan siang jadi waktu paling pas untuk melepas penat kebanyakan orang.

Ada yang makan sambil bermain dengan smartphone nya, kumpul bareng teman sembari makan di tempat kuliner pilihan, atau menikmati bekal makanan sambil asyik di depan komputer. Ya, itulah beberapa aktifitas yang biasanya kita lakukan atau temukan di keseharian.

Nah, buat kamu yang ingin jam makan siangnya lebih bermanfaat, produktif, dan menyenangkan bisa simak …

10 tips Isi Waktu Makan Siang Kamu supaya Lebih Produktif dan Bermanfaat

1. Jadikan makan siang sebagai quality time
Meskipun berdurasi tidak begitu lama, jam makan siang bisa kamu berdayakan sebaik-baiknya sebagai quality time untuk merelaksasikan diri. Kamu bisa mengosongkan beragam kegiatan yang berhubungan dengan rutinitas pekerjaan saat mulai makan siang.

Jadikan waktu makan siang sebagai ajang bersantai ria sembari menikmati makanan atau minuman favorit. Manfaatnya bisa dirasakan saat memulai kembali pekerjaan atau aktifitas, kamu bisa semakin semangat kembali deh.

jam makan siang

2. Mengoreksi jadwal keseharian
Orang sukses pasti menghargai waktu, Nah, oleh sebab itu, mereka yang ingin sukses tidak akan melewatkan waktu makan siang dengan gitu-gitu aja.
Istirahat makan siang bisa kamu manfaatkan menjadi break point untuk mengoreksi ulang jadwal harian yang harus dikerjakan.

Coba deh, cek ulang target harian yang sudah atau belum tercapai. Mungkin ada revisi dari kegiatan yang seharusnya dilakukan atau tidak perlu dilakukan.

3. Makan siang sehat berimbang
Hayo, siapa di antara kamu yang menjadikan jam makan siang sebagai ajang balas dendam dengan makan sembarangan?
Makan siang bisa sangat krusial lho. Pasti di antara kamu ada yang justru mager atau ngantuk saat jam makan siang berakhir. Duh, bukannya produktif malah pasif ya.

Mulai sekarang coba kendalikan nafsu makan sembarangan kamu deh. Biasakan pola makan berimbang dan menuruti saran dari para ahli gizi dan kesehatan. Kalau pola makan sehat sudah menjadi kebiasaan, kesehatan kamu makin terjaga dan selalu siap menghadapi berbagai pekerjaan.

4. Evaluasi pekerjaan
Jam makan siang juga bisa kamu isi dengan kembali mengevaluasi pekerjaan yang telah dikerjakan sebelumnya. Berhasilkah, atau jauh dari harapan?

Apresiasi pencapaian yang sudah kamu lakukan. Kalau belum sukses, kamu bisa memperbaikinya dan bekerja lebih baik lagi selepas jam makan siang.

5. Membaca
Beragam riset dan penelitian banyak yang menemukan kalau membaca bisa mempertajam kemampuan berpikir, memperkaya wawasan, dan pengetahuan.

Buat yang gemar membaca atau ingin menikmati jam makan siang berbeda, cukup dengan membaca koran, majalah, buku, hingga website atau blog yang mengandung banyak informasi dan wawasan.

memanfaatkan jam makan siang agar produktif

6. Menyelesaikan urusan pribadi
Setelah sibuk mengerjakan berbagai tugas dan pekerjaan kantor, jam makan siang bisa kamu manfaatkan untuk menyelesaikan urusan pribadi.

Jangan terlalu larut dalam urusan pekerjaan sehingga urusan kehidupan pribadi kamu terbengkalai lho. Tapi ingat, begitu jam makan siang berakhir, kamu harus bisa menempatkan diri untuk siap dan bersemangat lagi menyelesaikan beragam pekerjaanmu ya.

7. Istirahat
Tidak bisa dipungkiri kalau pekerjaan dari pagi hingga menjelang makan siang pastinya membuatmu kelelahan. Stop! Jangan dipaksakan.

Jauhkan diri dari layar komputer atau tumpukan laporan. Pejamkan mata dan istirahatlah sejenak sekitar 15 – 20 menit. Menurut beberapa riset, tidur siang dengan durasi yang cukup dapat menyegarkan pikiran dan meningkatkan performa kamu kembali. Asal jangan berlebihan ya.

8. Merencanakan karir ke depan
Daripada melamun enggak jelas saat jam makan siang, lebih baik rencanakan masa depan kamu beberapa tahun ke depan.

Tentukanlah target jangka pendek dan panjang yang harus kamu capai. Kamu juga bisa menentukan langkah dan cara yang harus diambil untuk mencapainya sembari menikmati lezatnya makan siang favorit.

9. Bersosialisasi dan membangun relasi
Bersosialisasi dengan rekan kerja bisa menjadi salah satu pilihan menghabiskan makan siang yang menyenangkan. Bukan saja melepas penat selepas bekerja, bersosialisasi bisa membangun relasi yang bermanfaat bagi pekerjaan, menambah wawasan, dan membuka peluang karir lainnya yang lebih baik.

10. Olahraga
Sering merasa lesu, dan kurang bersemangat ketika bekerja? Mungkin kamu kurang gerak!
Mulai kebiasaan baik dengan berolahraga ringan supaya mood dan semangat kamu kembali lagi. Bukan cuma itu, olahraga ringan buat orang kantoran  juga baik untuk melepas stress dan meningkatkan fokus dalam bekerja.

Nah, itu dia 10 kebiasaan bermanfaat yang para sobat XaXiXu.com bisa lakukan selama jam makan siang. Enggak mesti semuanya kamu terapkan kok, cukup coba beberapa atau salah satunya aja yang sekiranya pas buat kamu. Yuk, mulai dari sekarang.
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger