10 Manfaat Uang Recehan yang Tidak Bisa Kamu Sepelekan

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
XaXiXu.com Ditengah munculnya beragam nilai mata uang, uang recehan atau uang koin atau saya biasa menyebutnya “Uang Ricikan” :) kini tanpa disadari sering kali dikesampingkan bahkan disepelekan.

Baik karena nilainya nominalnya yang kalah saing dengan uang kertas alias lembaran, sampai bobotnya yang kurang praktis dibawa di dalam dompet. Maklum nilai maksimal dari uang receh koin di Indonesia maksimal bernilai seribu rupiah

Tapi, kamu tak bisa sembarangan menyepelekan lho. Meskipun sering digunakan hanya sebagai uang kembalian, ternyata ada banyak manfaat dari mengumpulkan uang recehan. Berikut di antaranya.

Ini Loo … 10 Manfaat Uang Receh yang Bisa Kalian Dapatkan

1. Ditukarkan kepada pengusaha skala kecil seperti warung atau kios
Meskipun jarang dipergunakan oleh pembeli untuk berbelanja karena alasan kepraktisan, uang recehan atau koinan ternyata dibutuhkan sebagai kembalian.
Coba perhatikan beberapa pengusaha warung atau kios di sekitar rumah kamu. Saat mereka kehabisan stok recehan , mau tidak mau permen pun jadi pengganti.
Nah, kamu bisa turut membantu dengan menukarkan stok recehan tak terpakai kepada para pengusaha warung atau kios di sekitar rumah kamu. Pastinya mereka menerima dengan senang hati kok.

10 Manfaat Uang Recehan yang Tidak Bisa Kamu Sepelekan

2. Diberikan kepada mereka yang membutuhkan alias kurang mampu
Kelebihan rezeki dalam bentuk recehan juga bisa kamu salurkan kepada mereka yang kurang mampu seperti peminta-minta di jalan.
Daripada tersimpan percuma dan tidak dipergunakan, alangkah baiknya jika recehan milik kamu dijadikan ladang beramal kan.
Kalau berminat, mulai sekarang kamu bisa sediakan beberapa uang recehan di dompet. Jadi siap beramal di manapun kamu berada deh.

3. Beberapa recehan bisa juga kamu manfaatkan sebagai alat kerokan
Yup, inilah kreatifnya orang Indonesia. Selain dipergunakan sebagai alat transaksi jual beli, uang recehan koin jenis tertentu bisa dimanfaatkan sebagai alat kerokan.
Beberapa masyarakat Indonesia masih mempercayai kerokan dengan koinan yang dipadukan minyak dari bahan tradisional mampu mengusir masuk angin. Apa kamu termasuk orang yang masih percaya?

4. Uang receh yang dikumpulkan bisa menjadi solusi saat dibutuhkan.
Hal sederhana lainnya yang bisa kamu manfaatkan dari uang recehan koin adalah cukup cengan dikumpulkan.
Nah, saat kamu berhadapan dengan keadaan yang serba keterbatasan, uang recehan yang sudah kamu kumpulkan bisa menjadi andalan. Mulai dari membeli makanan, minuman, hingga belanja  kebutuhan sehari-hari. Jadi aman kan?

5. Uang recehan koin yang tersimpan juga bisa dipakai untuk meredam laptop atau notebook kamu yang panas
Ide unik dan kreatif ini muncul dari salah satu masyarakat Jepang yang menemukan cara meredam laptop panas dengan uang recehan.
Rahasianya ternyata berada pada bahan tembaga pada koin cukup baik sebagai konduktor atau pengantar panas yang muncul di laptop. Hasilnya, panas pada laptop atau notebook kamu berlalu deh.
Belum percaya? Silakan coba sendiri.
mengajari menabung dengan uang coin

6. Uang recehan yang sudah jadul bisa menjadi koleksi yang punya nilai tinggi
Meskipun uang recehan yang sedang berlaku di masanya kerap disepelekan, hal tersebut belum tentu jika ada di masa depan.
Kalau kamu gemar mengoleksi uang recehan dari zaman ke zaman jangan cuma jadi koleksi, karena suatu saat bisa bernilai tinggi. Uang recehan yang kamu simpan suatu saat menjadi barang langka dan dicari para kolektor uang jadul.
Uang recehan kamu yang bernilai tak seberapa bisa menjadi tinggi suatu saat nanti.

7. Uang recehan bisa digunakan untuk mengajarkan pentingnya menbung kepada adik hingga keponakan
Daripada dibiarkan berserakan begitu saja, uang recehan bisa menjadi pembelajaran sederhana tentang pentingnya menabung kepada anak-anak.
Nah, jika kamu berposisi sebagai orang yang dituakan, tak ada salahnya mencontohkan kepada adik atau keponakan secara langsung menyimpan uang recehan untuk ditabung.
Anak kecil yang cenderung meniru aktifitas orang lain yang mereka lihat ini akan contoh baik yang bisa mereka tiru dan biasakan dari kecil.
Jadi makin bemanfaat kan?

sulap uang coin

8. Alat permainan dan Sulap
Selain untuk membeli berbagai kebutuhan, uang recehan juga bisa jadi sarana buat seru-seruan lho. Kamu bisa mengganti permainan suit dengan lempar koin saat dalam sebuah permainan.
Sama halnya seperti kebiasaan para wasit sepak bola yang melempar koin untuk menetukan pihak pertama yang memegang bola.

Dan … tentunya banyak sekali sulap yang melibatkan uang coin dimana umumnya lebih menarik karena sulap jenis ini biasanya langsung dilakukan di depan penonton dalam jarak dekat secara langsung.

9. Uang recehan bisa jadi tabungan yang ditukar menjadi uang kertas
Nah, menabung uang receh juga bisa menjadi pilihan meskipun tidak sama nilainya dengan tabungan gajimu.
Tapi, meskipun sedikit, lama-lama bisa jadi bukit kan. Tanpa terasa uang recehan yang dikumpulkan bisa menjadi tabungan yang menjanjikan.

10. Hiasan atau pajangan
Kreatifitas juga bisa menjadikan uang recehan sebagai suatu kerajian, hiasan, hingga pajangan yang bernilai.
Kalau kamu punya daya imajinasi yang tinggi kamu bisa menjadikan kumpulan uang recehan jadi kerajinan lukisan atau Mozaik yang membentuk suatu benda, manusia hingga hewan. Kerajinan itu bahkan bisa kamu bentuk seperti lukisan dua dimensi hingga benda tiga dimensi lho.

Nah, gimana mulai sadar kan ternyata ada banyak manfaat dari recehan yang tak bisa disepelekan? Kalau begitu mari kita kumpulkan!
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger