10 Budaya Positif Orang JEPANG yang Bisa Jadi Teladan

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Di antara banyak negara Asia, Jepang bisa menjadi salah satu percontohan yang baik dalam memotivasi negara lainnya untuk berkembang.
Tidak ada yang sangka bahwa negara yang kini begitu produktif dan maju ini dulunya sempat luluh lantak pada tahun 1945 karena mendapat serangan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki.

Karya-karya Jepang yang begitu memukau mulai dari produk teknologi hingga anime membuat para konsumen dari dalam maupun luar negeri begitu menyukainya. Kira-kira apa sih rahasia yang membuat masyarakatnya bisa begitu berkembang?

Nah, berikut ini beberapa kebiasaan mereka yang sudah berakar hingga menjadi budaya positif sehingga pas menjadi tauladan buat para sobat XaXiXu.com semua.

para gadis jepang dengan pakaian tradisional Kimono

1. Dibalik inovasi teknologi mereka yang maju, ternyata mereka tidak ketergantungan gadget lho.
Meskipun masyarakat Jepang juga terkenal produktif sebagai negara penghasil beragam teknologi, ada hal kontras yang bisa kamu temukan di dunia pendidikannya.
Dengan alasan mencegah diskriminasi agar tidak terjadi ketimpangan sosial antara ekonomi berkecukupan dan tidak, maka sekolah di Jepang melarang siswanya membawa gadget.

Selain itu, siswanya juga bisa lebih fokus menerima dan memahami pelajaran tanpa harus terganggu karena bercengkerama dengan gadget-nya.
Nah, buat kamu yang masih ogah terpisah dari gadget-nya bahkan sampai ke WC sekalipun sepertinya harus lebih mengontrol diri. Kamu enggak mau dikatakan sebagai orang yang tidak peka dan egois kan karena tidak mementingkan dunia nyata?

2. Waktu sangatlah berharga bagi kebanyakan masyarakat Jepang.
Bahkan, biasanya mereka tidak segan menghabiskan berlembur-lembur ria untuk bekerja.
Kebanyakan dari warga Jepang terkenal workaholic alias gila kerja. Selain itu, mereka begitu disiplin terhadap waktu kerja sehingga mereka selalu berangkat lebih awal agar tidak telat.

Uniknya lagi, mereka juga doyan pulang telat saking asyiknya bekerja. Pulang lebih cepat memberikan kesan bahwa pegawai tersebut kurang dibutuhkan. Mereka rela bekerja ekstra dan memberikan performa terbaiknya. Salut!

3. Jepang punya budaya ogah ditraktir atau mentraktir. Mereka berusaha untuk mandiri.
Budaya bukan cuma perilaku yang terjadi begitu saja, tetapi merupakan hasil tempaan sejak kecil. Nah, sejak kecil anak-anak Jepang dididik untuk tidak berhutang dan bersikap mandiri.

Bahkan, mereka terbiasa membawa peralatan sekolahnya sendiri agar lebih mandiri. Selain itu mereka jadi semakin terlatih bertanggung jawab dengan barang kepemilikannya.  Jadi, tak heran hal tersebut membuat mereka juga tak memiliki kebiasaan mentraktir.

orang jepang gemar membaca dimana saja

4. Kebiasaan membaca buku menjadi hal lumrah di Jepang.
Kalau kamu menemukan banyak orang Jepang di berbagai tempat menghabiskan waktunya membaca itu sih hal biasa.
Yup, kebiasaan membaca menjadi semacam kegiatan asah otak bagi mereka. Beragam jenis buku pun mereka lahap, mulai dari pelajaran, komik, majalah, koran, hingga bacaan elektronik lewat gadget.

Nah, buat kamu yang suka bengong atau bingung mengisi waktu saat dalam perjalanan atau senggang bisa meniru kebiasaan ini nih.

5. Menjunjung tinggi bahasa lokal
Berbeda halnya dengan negara-negara berkembang yang kebanyakan rela menampa kemampuan berbahasa Inggrisnya, Jepang justru sebaliknya.

Orang Jepang rata-rata malah kurang begitu fasih dalam berbahasa Inggris. Bagi mereka, bertambahnya nilai atau kemampuan seseorang bukan justru membanggakan budaya asing atau bahasanya.
Tidak salah kalau akhirnya budaya dan bahasa Jepang begitu digandrungi oleh negara lain, termasuk Indonesia.

6. Orang Jepang terbiasa santun dan hati-hati berkomunikasi, bahkan untuk orang tak dikenal.
Orang Jepang membiasakan diri untuk berhati-hati dalam berkomunikasi dengan orang lain. Jadi, tidak heran jika mereka cenderung ramah dan bersahabat.
Bahkan kebiasaan menyapa dan mengucapkan salam kepada orang lain sering juga dilakukan kepada orang yang belum dikenalnya.

7. Kebiasaan mengevaluasi diri dan menghargai proses menjadikan pribadi orang Jepang selalu berkembang.
Orang Jepang kebanyakan sering tidak berorientasi pada hasil tetapi juga pada proses yang dilaluinya.

Nah, jika hasilnya sudah sesuai dengan yang diharapkan, mereka tidak serta merta puas dan bersantai begitu saja. Mereka terus mengevaluasi dan terus berinvasi dengan hasil yang telah didapatkan. Buktinya, lihat saja karya bangsa mereka yang luar biasa.

8. Makanan sehat sudah jadi santapan lumrah bagi orang Jepang.
Letak geografis Jepang yang dekat dengan lautan mendukung kebiasaan masyarakat Jepang semakin doyan makan ikan.

Mereka punya kepercayaan bahwa makanan yang terlalu lama dimasak akan menghilangkan kandungan gizi yang ada di dalamnya. Jadi, tak heran kalau mereka suka makanan mentah.
Makanan sehat lain yang jadi kegemaran orang Jepang seperti yogurt, acar, dan tofu ternyata membuat daya tahan tubuh mereka baik karena mengandung isoflavon.

9. Disiplin dan konsisten dengan aturan yang sudah ada dalam kesepakatan
Ada hal unik lainnya dari kebiasaan Jepang yang lebih suka mengambil jalan lain ketimbang menggangu pengemudi lainnya.

Nah, apalagi kalau urusan mengantre mereka sangat disiplin. Mereka tak akan menerobos antrian orang di depannya. Alasannya, aturan untuk dipatuhi demi kepentingan pribadi dan bersama. Sesederhana itu kan.
tulisan kanji Nihon
10. Orang Jepang begitu menghormati budayanya bahkan tidak lekang karena modernisasi.
Kemampuan orang Jepang berbahasa Inggris yang kurang baik salah satunya disebabkan apresiasi mereka yang tinggi kepada budaya lokal. Seiring modernisasi, budaya asli tidak sedikitpun mereka tinggalkan dan tetap lestari di kehidupan hingga kini.

Salah satunya mereka bangga dengan tulisan / karakter asli jepang - kanji, bagaimana dengan orang indonesia ??, apakah tidak bangga bahkan melupakan tulisan Ha Na Ca Ra Ka ?? :)

Gimana, bagaimanpun juga, budaya yang patut jadi teladan baik Jepang dan negara lain lahir dari kebiasaan dan kesadaran dari diri pribadi masing. Yuk, para sobat XaXiXu.com bisa mulai kebiasaan baik itu dari diri sendiri.
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comment:

  1. harusnya memamng budaya budaya positif seperti ini segera menular kepada rakjat indonesia agar semangkin madjoe

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger