Panduan Memilih & Membeli Tabung Pemadam Kebakaran

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
XaXiXu.com Mencegah lebih baik daripada mengobati adalah kalimat bijak dalam dunia kesehatan. Untuk masalah kebakaran, pencegahan kebakaran dapat dilakukan dengan menyediakan tabung pemadam kebakaran. Langkah yang cukup bijaksana bukan.

Sebelum membeli tabung pemadam kebakaran, lebih baik jika kita mengenal lebih lanjut tentang pembagian …

Klasifikasi kebakaran :

- Kelas A : Kebakaran yang sumber apinya membakar benda-benda padat seperti kayu, plastik, kertas, baju, jerami, sampah di tempat pembuangan. Kategori kelas A ini sering ditemukan pada lingkungan perumahan, area bisnis, peternakan.

- Kelas B : Kebakaran yang sumber apinya membakar zat cair dan gas seperti minyak, cat, alkohol, bensin, minyak, elpigi, dan benda cair maupun gas lain yang dapat menyebabkan kebakaran lainnya. Kategori kelas B ini sering ditemukan pada lingkungan perumahan dan area bisnis.

- Kelas C : Kebakaran yang sumber apinya dari peralatan listrik atau alat-alat listrik. Contohnya seperti adanya korslet karena hubungan pendek alat-alat listrik, petir yang menyambar tiang listrik hingga terjadi kebakaran. Kategori ini biasa ditemukan pada lingkungan perumahan dan area bisnis

- Kelas D : Kebakaran yang sumber apinya membakar benda-benda logam/metal seperti magnesium, potassium, sodium, titanium. Bahan-bahan metal jika terbakar akan menghasilkan suhu yang tinggi dan mengeluarkan oksigen yang jumlahnya lumayan sehingga kebakaran akan semakin berkobar. Kategori ini biasa ditemukan pada industri pabrik

Kelas K : Kebakaran yang sumber apinya membakar berbagai jenis minyak yang digunakan dalam memasak. Kategori ini biasa anda temukan pada lingkungan perumahan, restoran, dan area bisnis makanan.

Panduan Memilih & Membeli Tabung Pemadam Kebakaran

Panduan Memilih Tabung Pemadam Kebakaran

1. Setelah mengetahui kategori pengelompokan kebakaran berdasarkan sumber apinya, memilih tabung pemadam kebakaran juga semakin mudah sesuai dengan kebutuhan anda. Apakah tabung pemadam kebakaran hanya digunakan di rumah saja atau malah ingin disimpan di area bisnis sesuai dengan bidang usaha yang anda jalankan.

2. Isi tabung pemadam kebakaran juga beragam. Terdapat isian air, uap air, bubuk kimia kering, gas CO2, cairan busa, bahan kimia yang bertekstur basah, dan isian tabung lainnya.

- Pada tabung pemadam kebakaran biasanya sudah diberikan petunjuk untuk digunakan pada kebakaran kategori apa saja yang dapat diatasi. Terdapat pula tabung pemadam yang dapat difungsikan untuk mengatasi beberapa kategori sekaligus. Pada tabung pemadam akan tertempel tulisan kombinasi A,B,C.

- Penggunaan tabung pemadam yang kurang sesuai dengan kategori dapat menyebabkan api akan semakin berkobar dan menjalar, serta  dapat memakan korban. Contohnya saja jika anda memilih isian tabung pemadam air untuk memadamkan kategori kebakaran kelas C yang berhubungan dengan alat-alat listrik, maka bisa saja reaksi kongslet hubungan pendek arus listrik bisa lebih parah lagi.

3. Untuk memilih ukuran tabung, ingin seberapa besar tabung yang hendak dibeli sesuaikan pula dengan skala usaha anda. Dan jika hanya ingin digunakan untuk rumah saja maka pilih ukuran terbesar yang dapat diangkat oleh anda dan anggota keluarga yang lain.

Tabung pemadam kebakaran juga terbagi lagi menjadi tabung yang dapat di isi ulang maupun tabung yang pemakaiannya hanya sekali pakai setelah pin pengaman ditarik.

Btw, Anda dapat menyumbangkan tabung pemadam sekali pakai yang sudah terpakai isinya ke dinas pemadam kebakaran api terdekat. Tabung tersebut akan digunakan untuk proses pelatihan personel pemadam kebakaran baru.

Baca Juga, Artikel Sebelumnya :
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger