Membuat, Menggabungkan dan MemBookmark Dokumen PDF

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Suka menulis? Ingin membuat ebook? Atau sedang skripsi? Penyelesaian terakir dari membuat skripsi biasanya membuat dokumen format pdf untuk diburning ke CD dan diserahkan ke perpustakaan.

Kebingungan bagaimana membuat dokumen pdf? Berikut saya jelaskan langkah-langkah sederhana yang diperlukan. Dari pengalaman skripsi kemaren, saya membuat skripsi menjadi pdf dengan bantuan tiga aplikasi tambahan (selain Ms. Word) yaitu PDFCreator, PdfSam (Split and Merge), dan FoxitReader. Aplikasi tersebut gratis dan bisa dicari dengan mudah di Google. 

membuat file baca dengan Pdf creator

Langsung saja :
Cara Bikin, Gabungin, dan Bookmark Dokument Pdf :

1. Membuat dokumen pdf dari dokumen Ms. Word
Untuk mengkonversi dokumen word menjadi dokumen pdf sebenarnya terdapat beberapa cara, salah satunya dengan mengkonversi secara online pada halaman website yang menyediakan layanan convert word to pdf. Dan untuk cara offline saya menggunakan bantuan aplikasi gratis PDFCreator.

Print

Saya asumsikan dokumen anda sudah fix dan anda sudah menginstal aplikasi ini. Cara penggunaannya dimulai dengan cara menjalankan perintah print dokumen word atau tekan keyboard ctrl+p. Pada nama printer, pilih nama PDFCreator lalu tekan oke pada bagian paling bawah  berikut tampilannya :

Perintah print tersebut akan terganti ke aplikasi PDFCreator. Silahkan cek tentang judul, subject dan lainnya.

 

Klik save dan proses convert akan dimulai. Beberapa saat kemudian file pdf telah jadi. 

2. Menggabungkan beberapa dokumen dengan PDFSam
Setelah ujian skripsi, biasanya nilai akan keluar dan kita print dari bagian tata usaha. Dan untuk soft filenya dalam bentuk word tidak diberikan. Dari lembaran nilai tersebut kita scan dan simpan dalam bentuk pdf (fasilitas scan dan simpan ke pdf sudah tertanam  pada aplikasi scanner). Dari file ini kita bisa gabungkan dengan skripsi kita.

Penggabungan dari beberapa dokumen pdf ini kita gunakan aplikasi pdfsam (Pdf split and merge). Berikut halaman awal ketika aplikasi pdfsam dibuka.

penggabung beberpa dokument 

Pilih menu margin/extract disebelah kiri. Klik add pada tombol sebelah kanan untuk memilih dokumen mana saja yang akan digabungkan. Tata urutan dokumen dengan move up, move down.

 

Pilih destination output file dimana nanti ingin menyimpan hasil penggabungan. Dan tekan tombol Run paling bawah, maka penggabungan akan dimulai dan beberapa saat kemudian beberapa file pdf yang telah anda add akan tergabung. Silahkan cek file.

3. Memberi bookmark pada dokumen pdf

Untuk memberi bookmark pada pada dokumen pdf, saya memilih aplikasi foxit reader. Buka dokumen pdf yang ingin di bookmark. Sebelah kanan adalah preview tampilan dokumen. Pada bagian kiri silahkan pilih icon bookmark. Lalu klik bagian atas bookmark icon lembaran kertas yang ada tanda plus dan ketikkan nama bookmark.

cara bookmark pdf

- Lanjutkan membuat bookmark sesuai dengan tampilan dokumen sebelah kanan dan membookmark sebelah kiri. Untuk bookmark sub judul dengan herearki bookmark dibawah bookmark lainnya cukup klik, tekan, tahan dan drag bookmark yang telah dibuat ke bagian bookmark judul untuk hirearki atasan bookmark.


Selesai membuat bookmark silahkan simpan, klik icon save gambar disket atau lewat menu file pilih save.

Mudah lah …, file pdf jadi, tinggal burning di CD atau untuk ebook tinggal upload secara online. Dicoba aja gan.
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger