Hobi Belanja Tapi Takut Kebablasan? Pelajari Tips Belanja Efektif

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Berbelanja memang menjadi kebiasaan lumrah untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Tapi, coba tanya diri kamu dan jawab dengan jujur deh, apakah yang selama ini kamu belanjakan sudah benar-benar memenuhi kebutuhan?

Jika momen belanja sering berujung pada penyesalan dengan keadaan dompet yang kembali ‘ringan’, mungkin para sobat XaXiXu.com harus segera mengevaluasi prioritas kebutuhan tuh.

Selain membuat list kebutuhan prioritas,
Tips dan Trik Jitu Belanja Cerdas dan Efektif berikut ini bisa menjadi pedoman :

1. Buat daftar belanja
Yup, pertama dan boleh jadi cukup krusial adalah membuat daftar belanja. Apapun jenis kebutuhannya, pastikan itu adalah prioritas yang jadi penunjang kehidupan sehari-hari.

- Susun daftar tersebut dengan bijak dan mempertimbangkan dampak ke depannya. Jika kebutuhan tergolong penting dan membutuhkan biaya yang cukup besar, jangan ragu-ragu untuk memenuhinya demi kebaikan ke depannya.

Tips dan Trik Jitu Belanja Cerdas dan Efektif

2. Bawa budget pas sesuai kebutuhan
Nah, setelah daftar belanja telah tersusun secara mantap dengan pertimbangan yang matang, kamu sudah boleh menyiapkan budget atau dana berbentuk anggaran. Selain itu, pastikan anggaran kamu sudah menyesuaikan dengan harga asli kebutuhan di pasaran atau sedikit melebihi harga perkiraan.

- Penting untuk diingat, budget yang sudah dibawa untuk berbelanja harus sesuai dengan anggaran yang sudah kamu buat. Hal ini bermanfaat supaya kamu tak tergoda alias ‘lapar mata’ untuk merogoh kocek lebih saat melihat yang lain saat berbelanja nih.

3. Disiplin dengan daftar belanja yang sudah dibuat
Senada dengan menyiapkan budget sesuai kebutuhan, kamu juga harus konsisten membelanjakan kebutuhan sesuai dengan daftar yang sudah dibuat.

- Pasti akan bermunculan deh yang namanya berbagai godaan, mulai dari diskon ataupun barang-barang memikat lainnya saat di tempat belanja sehingga berpotensi ‘membelokkan’ konsistensi kamu nih.
Jika daftar belanja dengan budget sudah susun sebijak mungkin, pastinya kamu tidak akan rugi mengikuti ke depannya.


4. Catat setiap pengeluaran
Sederhana tapi mudah sekali untuk dilupakan dan disepelekan sih, tetapi mencatat pengeluaran menjadi sangat penting untuk menjadi tolak ukur dan bahan evaluasi kamu.
Selain bermanfaat untuk mengetahui seberapa besar pengeluaran dalam pembukuan kas, catatan yang kamu buat juga bermanfaat untuk mempertimbangkan ulang seberapa efektif metode belanja.

5. Dari catatan pengeluaran tersebut, kamu juga bisa membandingkan harga dari satu tempat dan tempat lainnya yang penah dikunjungi agar lebih menghemat pengeluaran juga kan.

Nah, kesimpulan akhirnya adalah …

persiapkan segala sesuatunya dengan bijaksana dan terencana. Dengan begitu, mudah-mudahan para sobat XaXiXu.com bisa terhindar dari beberapa penyesalan, salah satunya – menyesal setelah berbelanja. 
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger