Charger Laptop Rusak ? Perbaiki Sendiri Chargermu di Rumah

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Jika charger sobat rusak, jangan panik langsung membeli charger baru. Kalian bisa memperbaiki charger dengan peralatan dan harga yang terjangkau. Permasalahan umum charger yang rusak adalah kabel dalam yang terkelupas akibat panas berlebihan dari pemakaian charger.

Pada tutorial kali ini, kita akan mencoba memperbaiki charger laptop yang rusak berdasarkan permasalahan kabel tersebut, caranya cukup sederhana. Yuk langsung kita simak tutorialnya.

Langkah - langkah Perbaikan Charger Laptop Rusak :

Alat-alat dan bahan :
• Shrinktube/selang bakar ukuran 1mm, 2.5mm, dan 4mm
• Pengupas kabel (atau pakai Gunting juga bisa)
• Pisau Cutter

Langkah - langkah Perbaikan Charger Laptop Rusak :

1. Siapkan shrinktube semua ukuran dan potong secukupnya:

shrink tube kabel

2. Buka casing charger, apabila belum pernah dibuka olesi bagian sisi casing dengan minyak kayu putih untuk mempermudah melepaskan lem yang merekat pada casing. Buka secara perlahan, hati-hati jangan sampai casing menjadi patah.

bongkar casing charger

3. Pada bagian dalam charger terdapat dua kabel yaitu kabel hitam (GND) dan kabel putih (VCC). Perhatikan pada charger yang akan kita perbaiki ini serabut kabel hampir terputus dan menyisakan bekas terbakar.

permasalahan umum pada kabel charger laptop

4. Potong kabel dengan tang, jangan terlalu pendek karena akan sulit untuk menyambungkan kabelnya kembali. Kupas kabel dengan alat pengupas kabel atau cutter dengan panjang kira-kira 1cm

5. Kupas pula bagian kabel yang terhubung pada jack laptop, dengan panjang yang sama.
6. Potong shrinktube ukuran 1mm secukupnya dan masukkan terlebih dahulu ke dalam kabel putih dan hitam yang telah dipotong sebelumnya.



7. Masukkan pula shrinktube ukuran 2.5mm ke bagian kabel yang terhubung dengan jack laptop. Selanjutnya diikuti dengan memasukkan shrinktube ukuran 4mm.



8. Lilit kabel yang satu warna antara charger dan kabel jack, pastikan shrinktube telah terpasang ketika ingin melilit kabel. Sebab, apabila dililit terlebih dahulu namun shrinktube belum terpasang, akan menyulitkan untuk mengisolasi kabel dengan shrinktube.



9.Isolasi bagian sambungan kabel dengan shrinktube dengan cara memanaskan shrinktube menggunakan api. Lakukan pada sambungan kabel hitam dan kabel putih.

10. Ambil pelindung kabel pada charger, biasanya berbentuk silinder berbahan karet dan belah secara horizontal untuk memasukkan sambungan kabel. Hal ini bertujuan untuk melindungi sambungan kabel agar tidak mudah terlepas.

belah pelindung kabel

11. Isolasi pelindung kabel dengan shrinktube ukuran 4mm.

12. Selanjutnya, isolasi kembali sambungan antara pelindung kabel dan kabel jack dengan shrinktube 2.5mm. Hal ini bertujuan agar kabel lebih kuat dan tidak mudah terkelupas.

bungkus dengan shrinktube

13. Setelah selesai, uji coba keluaran tegangan pada charger menggunakan multimeter. Jika menunjukkan nilai tegangan sekitas 19 V maka charger berhasil diperbaiki.
Namun, jika tidak memiliki multimeter kalian tidak perlu khawatir. Bisa langsung mencobanya pada laptop anda.

pengukuran charger laptop dengan dengan multimeter
 Pics : Yuswan P.

Charger laptop telah siap digunakan kembali, bagaimana menurut kalian? Mudah bukan.

Para sobat XaXiXu.com bisa menghemat biaya sekitar 300 – 600 Ribu rupiah untuk membeli charger baru. Apalagi untuk mahasiswa atau pelajar yang belum berpenghasilan, mungkin akan keberatan untuk membeli charger lagi.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat !
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger