8 Tips Menambah Penghasilan dengan Cara Aman di Rumah

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Di tengah kondisi ekonomi yang kadang tak menentu seperti sekarang, mencari penghasilan tambahan menjadi opsi tepat. Mencari penghasilan dapat dilakukan dalam berbagai cara.

Jika berjualan atau menjadi agen suatu produk sudah kedengaran familiar dan kurang kamu minati, masih ada cara lainnya kok. Kuncinya bisa menggali dan menemukan terlebih dahulu bakat dan potensi yang kamu punya ya.

Terlebih jika kamu memiliki kesibukan lain atau tugas rumah tangga, ada beberapa opsi untuk tetap dapat menambah pundi-pundi rupiahmu. Seperti beberapa keterampilan berikut ini.

1. Desain grafis
Gemar bereksperimen dan memiliki pengalaman dengan gambar atau foto dalam hal editing dengan software?
Atau kamu pernah mengenyam pendidikan dasar desain grafis dan komputer? Sepertinya sudah saatnya kamu membuka peluang bisnis dari hal tersebut.

Jika kamu belum memiliki kemampuan, cukup mempelajari sekaligus mempraktekkannya melalui media komputer, laptop dengan software editing seperti Photoshop, Corel Draw, dan lainnya.

Kemampuan ini nantinya akan membawa kamu ke berbagai peluang bisnis seperti percetakan digital untuk desain banner, logo iklan, kartu nama, atau produk digital lainnya.
Jadi, mulai dengan promosikan usahamu dan sebarkan kepada khalayak luas.


2. Penulis lepas
Menulis juga sering menjadi hobi yang menyenangkan bagi beberapa orang untuk berbagi cerita hingga informasi. Nah, jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang menulis jangan sia-siakan begitu saja.

Banyak media massa, hingga penerbit buku membutuhkan penulis bertalenta, dan bisa jadi mereka mencari orang seperti kamu lho. Asahlah kemampuan menulis dengan terus membaca.
Selain itu, bangun relasi dengan media massa, penerbit buku, atau beberapa website yang mengurusi konten artikel atau penulisan yang sebidang dengan kemampuan kamu.

Jika relasi sudah dibangun dengan baik, cari peluang usaha dari beberapa media yang membuka lowongan untuk jasa kontributor tulisan.
Untuk mengetahuinya, kamu bisa megirimkan email ke beberapa situs internet, atau menghubungi langsung pihak media. Jangan lupa lampirkan data diri dan portofolio artikel terbaikmu agar menjadi daya tarik supaya segera dilirik.

3. Guru privat
Jika kemampuanmu berada di bidang mentoring atau pengajar, seperti guru musik misalnya, kamu bisa mulai mengajukan diri untuk menjadi guru privat.

Kamu bisa memulainya dengan mengajukan surat penawaran sebagai guru privat ke beberapa sekolah di sekitar tempat tinggal kamu.
Maksimalkan publikasi kemampuanmu ke berbagai surat kabar lokal, atau cari dan tawarkan jasa privatmu ke berbagai komunitas homescholing.

4. Kerajinan
Jika dibandingkan dengan beberapa peluang usaha sebelumnya yang membutuhkan kemampuan khusus, bisnis kerajinan tergolong lebih mudah.
Kamu cuma memerlukan ide unik dan kreatifitas memanfaatkan kemampuan dan bahan yang ada serta menyesuaikan dengan tren terkini.

(butuh inspirasi ?? 
silakan telusuri ... 1001 macam artikel tentang ide kreatif dan seni ataupun kerajinan yang ada di XaXiXu.com ini, sebagian besar bisa jadi dibuat penghasilan jika mau serius)

Kemampuan sederhana seperti menjahit, membuat kerajinan dan lainnya bisa kamu kembangkan menjadi bisnis yang menguntungkan.
Nantinya, kamu bisa promosikan kerajinan ke berbagai situs jual beli online atau langsung dijual ke berbagai acara bazaar di sekitar tempat tinggal kamu.

Sediakan media promosi seperti, kartu nama, atau flyer berisi terobosan promosi produk kerajinanmu. Kemudian, sebarkan ke berbagai relasi, kenalan.
Dengan memberikan potongan harga, hadiah menarik, serta pelayanan yang ramah dan jujur bisa menjadi kunci dan daya tarik supaya produkmu semakin laku.

5. Coaching / Pelatihan
Bidang ini memang masih tergolong baru, tapi sangat potensial lho. Kebutuhan tersebut datang seiring banyaknya orang yang ingin sukses dan bahagia. Konsultasi dengan klien dapat dilakukan dengan membuka komunikasi lewat  email dan telepon.

Kamu bisa memulainya dengan mengikuti beberapa training, dan mempromosikannya diri dalam bentuk artikel di website yang sudah dibuat.
Agar tepat sasaran, kamu bisa mencari klien potensial dan menawarkan jasa coaching gratis sebagai perkenalan.
peluang usaha fotografi

6. Fotografi
Jika kamu memiliki hobi sekaligus pengalaman di bidang fotografi, jadikan itu sebagai peluang usaha.
Kamu bisa memulainya dengan menyediakan beberapa stok foto yang menyesuaikan kebutuhan gambar pada segmen tertentu, misalnya hewan peliharaan, pemandangan, dan lain-lain.

Setelah itu, kamu bisa menawarkannya ke beberapa media atau perusahaan lain di bidang fotografi. Atau, kamu juga bisa menjualnya ke beberapa situs stok fotografi.

7. Konten video
Konten video menjadi ranah potensial lainnya yang kini banyak mengundang perhatian para netizen.
Jadi, manfaat peluang tersebut dengan menampilkan beberapa keterampilanmu dalam bentuk tutorial memasak, renovasi rumah dan lainnya.

Untuk memulai bisnis dalam bidang ini, kamu bisa menghubungi penyedia jasa tutorial video lewat email, atau kamu dapat berjalan sendiri. Caranya, dengan membuat beberapa video unik dan tutorial di beberapa bidang khusus yang kamu kuasai, bahkan menjadi seorang Youtuber juga memiliki prospek yang bagus dewasa ini.

8. Blogging
Kemampuan dalam menulis juga bisa kamu salurkan pada sebuah blog. Dengan memanfaatkan ranah tersebut, konten di blog kamu bisa saja menarik perhatian perusahaan untuk bekerjasama.
Selain itu, kamu juga bisa menawarkan konten tulisan di blog ke beberapa perusahaan dengan bidang terkait. Kemudian, perkuat hubungan dengan beberapa pihak yang mencari jasa blog.

Demikian 8 Tips Mencari penghasilan di Rumah, semoga menambah motivasi untuk para sobat XaXiXu.com sekalian.

Baca Juga :
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comment:

  1. Sip, semoga mereka yang saat ini masih bingung dalam menemukan peluang bisnis, bisa menemukan artikel ini, sehingga mereka bisa mempraktikkan salah satu contoh di atas dan/atau paling tidak bisa terinspirasi.

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger