6 Tips Cara Belajar Cerdas, Bukan Belajar Keras – Study Smart

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Buat para sobat yang masih duduk di bangku pelajar mungkin merasakan susahnya mempelajari materi pelajaran yang Anda kurang sukai, demikian pula untuk para sobat yang mempunyai anak dan sedang bersekolah.

Berikut ini XaXiXu.com berbagi tips tips bagaimana cara belajar yang baik, tidak membutuhkan waktu yang harus lama tapi yang penting efektif.

Study SMART not Study HARD !

1. Membuat Mindmap (Peta Konsep)
Jika Anda merupakan tipe pelajar visual (belajar dengan penglihatan), maka cara ini akan sangat baik dilakukan. Hanya saja, mindmap ini harus dibuat dengan cara yang benar.

- Mindmap harus berwarna-warni dan memiliki ciri khas tersendiri yang membuat Anda ingat seperti menggambar orang-orangan, buku, dan hal lainnya yang melambangkan suatu topik. Anda bisa membuat mindmap sebelum guru di sekolah atau universitas menjelaskan materinya sehingga ingatan Anda sudah dipoles dengan baik.


2. Merekam dengan Recorder HP
Cara ini sangat efektif untuk tipe pelajar auditorial (belajar dengan pendengaran). Cara ini harus dilakukan sebelum ulangan berlangsung.

- Anda harus merekam suara Anda sendiri yang sedang membacakan materi pelajaran, lalu setelah selesai Anda harus sering mendengar rekaman itu sehingga materinya semakin menempel di otak!


3. Membangun Konsentrasi Belajar
Hal yang harus Anda ingat disini adalah konsentrasi bukanlah bawaan bakat seseorang, melainkan bisa dibangun dan diciptakan.

- Dengan menyusun tata letak ruangan yang lebih nyaman dan rapi, Anda akan terasa lebih enak untuk fokus belajar.
- Usahakan belajar yang sulit dulu, sehingga tenaga Anda tidak habis hanya untuk belajar materi yang mudah.

4. Bersikap dengan Benar
Artinya Anda harus selalu ingin mendapat suatu pemahaman yang mendalam, aktif dalam kegiatan belajar di kelas, dan sifat antusias.


5. Bentuklah Keterampilan Emosional
Anda harus :
-Berani membangun mimpi
-Menghargai diri sendiri
-Berkeinginan untuk memiliki nilai plus
-Menentukan target pencapaian
-Jangan takut salah
-Berkemauan keras

6. Berani Menghindari Gangguan yang Ada
Gangguan belajar sudah pasti banyak dan tidak mungkin hilang. Masalahnya adalah apakah Anda benar-benar mau untuk belajar? Jika Anda benar-benar mau maka Anda pasti akan berani menghindari gangguan seberat apapun juga.

Demikianlah 6 tips agar Anda bisa belajar lebih efektif, mudah-mudahan setelah membaca tips ini Anda bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger