5 TRIK Menghilangkan Kusut pada Baju TANPA SETRIKA

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Setrika rusak dan anda perlu memakai baju rapi ke suatu acara tertentu? Skenario terburuknya ketika ingin meminjam tetangga sebelah, ternyata mereka sedang tidak ada ditempat dan tidak ada orang lain yang bisa meminjamkan setrika untuk anda.

Beberapa keadaan, semisal sedang traveling atau sedang diburu waktu … memang kadang memaksa kita untuk tidak memiliki alat dan tempat untuk menyetrika pakaian.

Terdapat beberapa cara sederhana untuk merapikan baju anda dan menghilangkan kerutan di baju tanpa menggunakan setlika.

5 Tips Menghilangkan Kusut / Kerutan pada Baju tanpa Setrika

1. Gunakan Es batu
Jika sedang terdapat mesin cuci maka cara ini dapat anda terapkan. Taruh kemeja anda ke dalam mesin cuci bagian pengeringnya dan berikan beberapa potong es batu ukuran kecil.

Putar dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih lima belas menit. Setelah lima belas menit langsung keluarkan baju dari mesin cuci. Jika anda mendiamkan baju di mesin cuci terlalu lama maka kerutan baju akan kembali lagi. Baju dapat anda gantung maupun langsung dipakai.



Yang perlu anda perhatikan :
- Prinsip kerja cara ini adalah es batu yang diputar dimesin pengering bersama baju akan menjadi uap yang akan membantu menghilangkan kerutan pada baju.
- Es batu yang dimasukkan bersama baju cukup satu atau dua pecahan kecil es batu. Jika memasukkan terlalu banyak es batu, maka baju anda akan menjadi basah.

- Cara ini juga lebih efektif apabila mesin pengering yang anda gunakan berukuran besar.
- Cara diatas berlaku untuksatu atau beberapa kemeja saja dalam sekali proses memasukkan ke dalam mesin pengering mesin cuci dengan es batu.

- Untuk beberapa bahan baju yang sangat kucel atau terdapat banyak kerutan, mungkin cara ini kurang efektif, hanya beberapa bagian baju saja yang kerutannya hilang dan sebagian kerutan masih tetap ada.

- Bebarapa bahan baju yang cukup berat seperti jeans maupun bahan berat lainnya serta jika anda memasukkan terlalu banyak baju dalam sekali proses, maka cara ini tidak akan bekerja.

Dan bagaimana jika ternyata kita tidak memiliki mesin cuci ??
Masih terdapat beberapa cara alternatif  lain untuk menghilangkan kerutan baju, antara lain :

2. Menggunakan hair dryer.
Caranya :
- Terlebih dahulu semprotkan air (air bisa anda campur dengan pelembut maupun pewangi pakaian) sampai baju menjadi lembab.
- Gantung baju dan gunakan hair dryer kearah baju dengan settingan kecepatan rendah. Beri jarak sekitar dua inci antara hair dryer dan baju agar suhunya tidak terlalu panas dan tidak merusak baju.
(jika tanpa hair dryer, alternatifnya … baju di jemur di bawah matahari)

3. Menggunakan alat catok rambut.
Caranya :
- Pastikan catok rambut bersih dan bebas dari produk perawatan rambut seperti hair spray agar ketika catok digunakan produk yang menempel di catok tidak beralih menempel pada baju.

- Panaskan catok rambut.
- Gunakan catok rambut langsung pada baju. Jangan terlalu lama mengepres catok rambut pada baju karena dapat memhanguskan baju anda.
- Catok rambut paling sesuai untuk merapikan bagian-bagian kecil baju seperti kerah dan bagian tali yang terdapat dibeberapa baju.

4. Dengan menempatkan baju di bawah kasur.
Cara lama bukan?
- Rapikan baju di bawah kasur.
- Langsung tindih baju dengan matras kasur pada malam hari. Anda dapat tidur di matras tersebut untuk lebih memberi tekanan pada baju.
- Ambil baju dari bawah kasur dan gunakan baju keesokan harinya.

5. Hanya dengan air
Bila tidak ada alat apapun, namun butuh menghilangkan keriput / kusut nya pakaiandengan cepat …
- cukup gunakan air, untuk melembabkan permukaan baju, lalu tarik / ratakan kain agar lurus dan tahan beberapa lama.
Ini cara sederhana dalam keadaan darurat, memang tidak serta merta menghilangkan kusut 100%, namun cukup efektif membuat baju lebih tampak rapi dari sebelumnya, sehingga para sobat XaXiXu.com lebih percaya diri untuk mengenakan pakaiannya.

Ada trik lainnya?
Harap sampaikan pengalaman sobat ya ... Biar berguna bagi para sobat lainnya.
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comment:

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger