Jangak Over Maklum - Bantu Anak Memahami Benar & Salah

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
IndoSister.com – Berapakah usia yang tepat untuk pendidikan usia dini ? sebenarnya sejak bayi pun, mahluk mungil ini sudah belajar dengan cerdas dari apa yang ia lihat, dengar, dan rasakan dari sekelilingnya.
Sejak anak sudah berusia 2 tahun, sebenarnya balita ini telah siap untuk dididik kedisiplinan secara tegas, tapi bukan secara keras. Terdapat perbedaan antara mendidik dengan cara tegas dan cara keras.
Cara mendidik yang tegas erat berhubungan dengan konsekuensi, sedangkan cara mendidik yang keras dapat melukai perkembangan  jiwa anak bahkan dapat mengarah pada bentuk penyiksaan anak.

Pada umumnya, para orang tua memaklumi tindakan buruk anak mereka, seperti misalnya … anak main game melulu, anak laki mengganggu anak perempuan, adik mengganggu kakak namun orang tua selalu membela adik, anak memukul anak lainnya, anak biasa mengomel dan melawan perkataan ibu, dan lain sebagainya.

Dengan menganggap bahwa hal tersebut lumrah bagi anak-anak, maka sama saja orang tua telah menanamkan sifat buruk dalam diri anak, hal ini berbahaya karena dapat terbawa menjadi kebiasaan negatif hingga dewasa, dimana beberapa perbuatan buruk sudah ia anggap benar atau ia anggap biasa.
Anak saat kecil tidak mengerti nilai salah dan benar, jika orang tua sering memaklumi perbuatannya, maka ia menganngap dirinya sudah benar dan tidak melakukan kesalahan.

Inilah Langkah yang bijak …
- Janganlah menganggap lumrah atau biasa terhadap segala perbuatan buruk anak, pikirkan lebih jauh … bahwa karakter anak dibangun sejak usia dini.

- Jangan menunggu anak lebih besar, karena mendidi anak usia dini jauh lebih mudah diarahkan daripada anak sudah mulai besar.

- Di setiap anak berbuat buruk, selalu arahkan anak pada sikap /perbuatan yang benar dan tunjukkan keburukan apa yang terjadi bila ia berbuat jelek.
Dan sebaliknya, berikan pujian atau pembenaran pada perbuatan anak yang baik, agar anak semakin memahami bahwa ia berada di jalur yang tepat.
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger