DEFINISI &TIPS Makanan Sehat – Yakin Sudah Paham ?

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Semua slogan telah mengarahkan kita kepada gaya hidup sehat, dan salah satu faktor utamanya adalah makanan yang kita konsumsi setiap hari, namun sudah yakinkah Anda memahaminya ? dan yakinkah para sobat IndoSister.com sudah mengkonsumsinya dalam kehidupan sehari-hari ? Chek it out …

Definisi Makanan Sehat dan Tips makan Sehat

1. Makanan sehat adalah … Makanan dengan gizi seimbang … dimana mengandung zat-zat penting yang diperlukan untuk membentuk tubuh sehat.
Lalu apa saja zat penting tersebut ?
Yaitu karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.
a.  Karbohidrat diperlukan untuk energi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sehingga tidak loyo, tetap bersemangat, dan kuat.
Antara lain terdapat pada nasi, roti, jagung, kentang, dan gula.
- Lemak … untuk cadangan energi, misalnya terdapat pada mentega dan minyak.

b. Protein diperlukan sebagai zat pembangun tubuh, mengganti sel yang rusak, dan lain-lain, misalnya terdapat pada ikan, tempe tahu, telur.
c. Vitamin terdiri dari aneka jenis, masing-masing dibutuhkan tubuh untuk mencegah serangan penyakit tertentu. Biasa terdapat pada buah-buahan dan sayuran.
d. Mineral yang terdiri pula dari berbagai jenis, masing-masing diperlukan untuk operasional organ tubuh, antara lain terdapat pada lauk hewani, sayur dan buah.

4 komponen utama diatas kemudian disebut sebagai 4 sehat.

DEFINISI &TIPS Makanan Sehat – Yakin Sudah Paham ?Baca Juga …

2. Gizi seimbang artinya … aneka makanan tersebut harus kita konsumsi dalam takaran yang tepat yaitu tidak berlebihan dan tidak pula kekurangan.
Berlebihan dapat menimbulkan gangguan kesehatan pun demikian kekurangan juga dapat menimbulkan sakit / masalah lainnya.
Misalnya …
Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan sakit mata, namun kelebihan vitamin A juga menimbulkan gangguan pada mata.

3. Makan sehat juga adalah makanan yang diolah secarah higienis, bebas bakteri …
yaitu besih dan tepat dalam penanganannya, menghandle makanan secara tidak tepat dapat merusak kandungan penting dalam makanan, masih terdapat kuman pada makanan, atau hal lainnya.

Baca juga :

4. Makanan sehat harus terbebas dari zat kimia, demi rasa dan tampilan yang indah orang sering menambahkan aneka zat kimiawi dalam makanan seperti vetsin, MSG, zat pengawet, zat pewarna buatan, pemanis buatan, dan sebagainya.
Dengan demikian makanan tersebut menajdi tidak murni sebagai makanan sehat lagi.

Baca Juga …
Manipulasi penjualan makanan dengan Aneka zat kimia berbahaya di ...

Jika ada berbagai zat penting seperti vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh, lalu bagaimana kita mampu ntuk memakannya semua ??

TIPSnya …
- Selalu mengkonsumsilah makanan secara berubah-ubah. seringnya perubahan jenis makanan yang kita makan … maka akan kita dapatkan variant zat penting yang terkandung didalamnya. Dengan demikian menu pagi siang dan sore hari sebaiknya tidak terus sama. Sehingga empat sehat telah tercapai.
- Pengkonsumsian makanan yang berjenis sama dalam jangka panjang akan mengakibatkan berlebihan, seperti yang dibahas diatas … bahwa zat penting dan baik sekalipun jika berlebihan maka akan menimbulkan masalah kesehatan.

- Usahakan selalu minum susu, karena sulitnya 100% mendapatkan kesemua zat penting yang berbeda-beda dalam makanan, maka kekurangannya dapat kita tutup dengan mengkonsumsi susu, karena susu mengandung berbagai vitamin dan mineral yang telah dikombinasikan secara khusus. Dari 4 komponen zat penting diatas  kemudian disebut 4 sehat … lalu ditambah susu sebagai penyempurna, hingga kemudian dikenal sebagai 4 sehat 5 sempurna.

Selamat … Kini kita sudah paham akan definisi makanan sehat, jenisnya, penanganannya, tips mengkonsumsinya, lalu kini tinggal masing-masing dari para sobat IndoSister.com untuk mempraktekkan dan menerapkannya untuk menjadi kebiasaan baik sehari-hari.
Kesehatan terbentuk dari kebiasan … maka biasakan hidup sehat …
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger