Jadwalkan Bersih2 & Menata File - CEGAH Komputer LEMOT

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Bila komputer atau laptop sobat mulai lemot/lambat/berat setelah sekian lama dipakai, bisa jadi karena kompi/lappy sudah mulai minta di bersihkan Disc space nya dan ditata ulang aneka filenya.
Gambaran :
A. seperti halnya kantor bila berbulan-bulan tidak pernah disapu dan di pel serta dikeluarkan  sampahnya dari ruangan tersebut, maka sampah akan menumpuk di jalanan dan dimana-mana sehingga dmenghambat orang yang kerja/lalu lalang dalam kantor tersebut.

B. Komputer dan laptop sobat juga perlu ditata ulang filenya seperti halnya berkas-berkas dan peralatan kantor harus dikembalikan ke tempat asalnya secara teratur sehingga setiap ada yang membutuhkan suatu file atau alat kantor tersebut maka tidak selalu bingung dan kelamaan saat mencarinya.

Hal diatas adalah gambaran yang saya buat agar lebih mudah dipahami saja, Hal tersebut sebenarnya juga terjadi pada komputer dan laptop para sobat XaXiXu.com
                             
Berikut merupakan …

Prosedur umum dalam program bersih-bersih dan penataan kembali file dalam sistem komputer/laptop :

1. Clean Up
2. Defragment
3. Boot Scan

Bagi orang kantoran, prosedur diatas adalah prosedur umum yang sebaiknya dilakukan pada semua komputer setidaknya 6 bulan sekali, Namun bagi para pelajar dan orang umum yang tidak kerja kantoran ternyata masih banyak yang kurang tahu, sehingga saya memandang perlu untuk membuat posting tentangnya.


Waktunya Praktek 3 Prosedur diatas :

1. CLEAN UP DISC
Ibaratnya kita menyuruh program cleaning service membersihkan sampah dalam komputer yang sekian lama menumpuk.
File tersebut antara lain bisa berupa temporary internet file, recycle bin, compress old file, files for content indexer, dan lain-lain banyak macamnya.

Cara Menjalankan “Clean Up” (pembersihan) :

a. Buka windows explorer, klik kanan pada drive(C:) , pilih Properties, maka muncul window/jendela seperti gambar dibawah.


Tampak seberapa banyak ruang file sobat baik ruang yang sudah terisi aneka file (used space) maupun ruang yang masih kosong/tersedia (free space).

b. klik tombol “Clean Up”
maka tampil window seperti gambar dibawah, sebaiknya silakan cawang/centang saja semua yang ada, karena sebenarnya semua file tersebut sudah gak kepakai lagi/tidak berguna.
Selanjutnya klik tombol “OK”. Maka proses ceaning service pun berjalan, dan nantinya free space kompi sobat akan menjadi bertambah besar.


(Pada gambar diatas adalah contoh saya saat mengClean Up Drve (F:) milik komputer kantor yg sudah gak pernah di bersihkan selama setahun lebih, tampak disitu file-file sampahnya hingga mencapai 25 ribu MB atau setara dengan 25 GB, gila bukan ?? bila lapy sobat kapasitasnya kecil tentu file sampah sebesar itu hanya akan memenuhi used space dan menghambat kerja laptop dengan cukup berat.

Setelah CleanUp selesai …ulangi prosedurnya pada drive-drive berisi file lainnya yang ada pada lapy/kompi sobat, misalnya setelah drive C, lanjutkan ke drive D, Drive E.
Untuk drive cd room atau floppy disc maupun drive milik flash disc tidak ada fasilitas CleanUp, sebab ketiganya merupakan media external/luar.


2. DEFRAGMENT FILES
Ibaratnya kita menyuruh program untuk melakukan penataan ulang, mengembalikan ke porsi dan tempat semula dan semestinya aneka file dalam komputer yang sekian lama sudah teracak akibat pemakaian.
Setelah seluruhnya kembali pada posisi yang semestinya, maka komputer/laptop sobat akan dapat cepat mencari dan mengakses aneka file tersebut lebih cepat secara effisient, inilah yang nanti menjadikan komputer menjadi tidak lemot.

Cara Menjalankan “Defragmentation” (pembersihan) :

a. Sama dengan cara Clean up diatas …
Buka windows explorer, klik kanan pada drive(C:) , pilih Properties, maka muncul window/jendela, jika sebelumnya kita klik tombol CleanUp namun … kali ini perhatikan tab bagian atas, klik Tab Tool dan lanjutkan klik tombol “Defragment Now”
perhatikan gambar dibawah …


Muncul window baru, Tampak terdapat beberapa drive yang ada pada kompi/lepi sobat. Silakan pilih drive (C:) …
Lanjutkan klik tombol “Defragment Now”


Catatan : Proses defragment cukup lama, misalnya bisa sampai ½ - 1 jam tergantung kapasitas file yang sedang di defragmentasi, karenanya sebaiknya lakukan proses ini pada saat diluar jam kerja sibuk kompi sobat.

Setelah selesai, silakan bisa lanjutkan untuk proses defragmentasi pada drive lainnya jika ada, misalnya drive D, Drive E, drive F.


3. BOOT SCAN
Ialah proses scan virus pada komputer atau laptop sobat yang berjalan sebelum komputer tersebut hidup/terbuka windowsnya.
Jadi booting scan ini berjalan mendahului pada saat tombol power di nyalakan pertama kali, dan komputer baru akan hidup normal / terbuka woindowsnya setelah proses bootng scan ini selesai.

Booting scan menjadi penting
karena proses scanning ini berjalan sebelum virus dan sistem komputer bergerak.
Sebaiknya jadwalkan Booting scan setidaknya 3 bulan sekali, Scan virus menyeluruh (Scan All) setidaknya juga 3 bulan sekali, dan scan virus cepat (Quick scan) setidaknya 1 bulan sekali.

Mungkin tidak semua Program anti virus memiliki fitur Boot Scan, salah satu yang ada dan gratis adalah … Avast – Free anti virus.
Sobat dapat mendownload free pada webnya langsung di Avast.com.
Avast hanya mensyaratkan data email untuk mendapatkan program gratis anti virus  beserta fitur updatenya yang otomatis.

---
Dengan 3 macam prosedur bersih-bersih dan tata-tata file diatas, maka Goal yang dapat dicapai adalah …
komputer/laptop para sobat XaXiXu.com menjadi lebih cepat kembali prosesnya, gak lemot, dan aman dari virus yang dapat mengganggu kerja sistem.

Semoga bermanfaat …
Selamat Bekerja dan Mencoba ^_^.
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger