Inilah SLACKLINE Olah Raga Menantang, KESEIMBANGAN Tali

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Hello Guys, kali ini kita akan mengenal dan membahas tentang satu olahraga keseimbangan yang sebenarnya sudah cukup lama ada di dunia namun masih baru di mata masyarakat Indonesia, yaitu SlackLine …
Sebuah olahraga yang menantang dan menyenangkan dimana Seorang Slackliner (sebutan orang penggiat olahraga slackline) … berjalan dan menyeimbangkan diri diatas titian dari tali khusus selebar 1 inchi (2,5 cm) ataupun jenis tali selebar 2 inch (5 cm) yang ditambatkan diantara 2 tiang atau pohon.

Tidak hanya berjalan saja, para slackliner dapat duduk ataupun tidur diatas tali tersebut, serta dapat melompat-lompat, memantul dan melayang berputar, bahkan meroda dan salto diudara kemudian mendarat kembali dengan mulus diatas tali tanpa menginjak tanah.

Slackliner cewek wanitaUntuk para sobat XaXiXu.com semua yang berminat melakukan olahraga keseimbangan ini, yang paling mudah dan tampak menyenangkan bagi pemula adalah dengan berjalan-jalan saja diatas tali … namun begitu … ternyata … keseimbangan itu cukup sulit, terbukti para slackliner yang biasanya mengenalkan jenis olahraga ini di tempat umum – rata-rata akan mengundang bayak perhatian orang yang lewat lalu mereka diberikan kesempatan untuk mengenal dan mencoba sendiri naik dan berjalan diatas tali slackline tersebut …

Yup, hasilnya … setelah mencoba, hampir semua baru tahu bahwa ternyata keseimbangan tidak semudah seperti yang dilihat mata, perlu latihan beberapa waktu untuk menguasainya.

Dari penuturan penggiat olahraga slackline ini, bahwa seorang slack liner dapat menguasai trick-trick slackline yang lebih banyak dan kompleks dari berjalan, duduk dan melompat sambil berputar, melayang dan memantul secara horizontal, dan bahkan jungkir balik berputar diudara … setidaknya membutuhkan minimal 6 bulan dengan frekuensi latihan rutin beberapa kali seminggu.

Dalam perjalanan menuju 6 bulan tentunya kalian akan mendapatkan kesenangan seiring progress kemampuan yang terus bertambah dari yang sederhana sampai trick yang lebih sulit hingga yang rumit.

7 Keuntungan Olahraga Slackline :

Inilah SLACKLINE – Olah Raga Menantang, KESEIMBANGAN TaliA. Mudah dilakukan dimana saja, baik di desa dan perkotaan / urban, bahkan di kolam renang, di sungai dan pegunungan
Hanya memerlukan tali khusus/webbing slackline, tinggal di kaitkan pada 2 tiang yang kuat.
Tiang kuat ini bisa berupa pohon, tiang besi, pagar besi, batu karang (kalau di pantai), Dan lain-lain.

B. Cocok untuk hampir segala umur, dari anak SD, remaja, dewasa bahkan para ibu dan bapak polisi yang menonton di pinggir jalan juga ada yang tertarik untuk mencoba olahraga asyik ini.
Tentu saja untuk anak-anak, olahraga ini sebatas melatih keseimbangan saja dan tali harus dipasang rendah.

Foto : adik-adik sekolah kita di bandung - mencoba olahraga keseimbangan slackline.

adik-adik sekolah kita - mencoba olahraga keseimbangan slackline.C. Olahraga yang menantang, menyenangkan bahkan memompa adrenaline, sesuai skil masing-masing.

D. Melatih keseimbangan tubuh manusia dengan sangat baik.
E. Melatih ketangkasan, ketepatan dan kecermatan.

F. Melatih kekuatan - otot kaki, tangan, pinggang dan lainnya, bahkan melatih kelentukan dan  kelenturan tubuh.
G. Membangkitkan kreativitas, karena para slackliner akan terpacu dan termotivasi secara otomatis untuk menciptakan hal-hal baru baik dalam segi teknik dan gerakan maupun dalam hal spot/tempat latihan yang bisa berbeda-beda tantangannya.


Kesulitan Yang Ada :

- Keterbatasan teman/komunitas.
Meskipun Olahraga slackline sudah mendunia, namun di mata masyarakat indonesia masih tergolong awam, para slacker indonesia sering berkelana mencari spot-spot alam baru, sekaligus spot di perkotaan sebagai tempat olahraga mereka sekaligus untuk lebih mengenalkan olah raga mengasyikkan ini.

Olah raga slackline sudah pernah dimainkan oleh beberapa orang sejak tahun 1980 an di indonesia, namun mulai populer setelah sebuah komunitas slackliner pushing panda bandung mengembangkan dan mengenalkan aktivitas mereka serta diliput beberapa media nasional baik media massa maupun media elektronik.

- Keterbatasan alat.
Meskipun alat yang dibutuhkan sebenarnya hanyalah seutas tali dengan panjang ada yang 15 meter ataupun sampai 100 meter.
Namun sampai tulisan ini saya tulis, belum ada toko di indonesia yang menjual tali khusus slackline selebar 2,5 cm atau 5 cm ini. Terpaksa kita harus membeli di toko online luar negeri.

Kadang beberapa senior slackliner indonesia ada yang menjualnya beberapa buah saja karena mereka telah memesan secara online di web-web penjual tali/webbing slackline.
Atau kadang pula ada yang habis dari bepergian ke singapore atau luar negeri dan membawa pulang beberapa set tali/webbing slackline dan dijual ke komunitasnya.

contoh webbing tali slackline

- Mahalnya Tali Slackline
Harga untuk satu roll tali berikut accesorisnya dalam menambatkan/mengaitkan pada tiang/pohon … untuk panjang 15 meter, hargnya berkisar Rp 1 juta – 1,4 juta … sesuai merek dan jenisnya ( misalnya ada merek gibbon dan elephant ).
Sehingga masih dikatakan cukup mahal mengingat olah raga jenis ini umumnya lebih banyak di gandrungi anak muda dan Abg - sementara mereka umumnya belum bekerja.
Sehingga alternatifnya adalah dengan membeli secara patungan untuk dipakai beberapa orang atau 1 komunitas, Mengingat olahraga ini sendiri juga lebih fun dan lebih aman bila memiliki partner.

Tali slackline sebenarnya “Murah” bila dilihat dari segi kehebatan dan kekuatan tali khusus tersebut yang dapat menahan beban sampai dengan 3 ton (3000 Kg), hebat bukan ??
Juga termasuk murah bila dilihat dari segi fungsi sebagai olahraga yangd apat dilakukan dimana saja, sangat menyenangkan, dan membawa pengalaman baru bagi para usernya.
Kiranya benar bahwa skill baru, pengalaman baru, dan kepuasan tidak dapat diukur dengan uang bukan ??

Matras pengaman utuk trick professional
Bagi para praktisi slackline, umumnya akan terpacu semangatnya dalam melakukan aneka gaya baru dan freestyle yang mengagumkan, untuk latihan ini … demi kemanan maka diperlukan sebuah matrass yang umumnya dipakai untuk senam lantai.
Sehingga cedera akibat terjatuh dapat diminamlisir.

Bila tidak mau membeli matras … Maka terpaksa harus latihan di sungai ^_^ sehingga meskipun jatuh saat melakukan trick sulit - tidak akan melukai kita.

Highlining (slackline di ketinggian) di jembatan cisomang Purwakarta  Slackline antar tebing gunung

(Foto kiri : Highlining (slackline di ketinggian) di jembatan cisomang Purwakarta.
Foto : By mas mulyadi, slackliner indonesia

Tertarik menjadi seorang slackliner ?
gak usah mikir yang aneh-aneh dan berbahaya, cukup bisa jalan-jalan diatas tali, main lompat dan aneka trick yang mana saja asalkan aman - sudah sangat mengasyikkan ^_^
Silakan bergabung dalam komunitas slackliner yang sudah ada di bandung, jakarta, purwokerto, dan beberapa kota lain yang bakal menyusul.
Belum ada komunitas di kotamu ?
Gak masalah, sobat dapat melakukan sendiri di mana saja dengan beberapa teman kalian atau keluarga, dengan mebeli tali slack line via online sebab olahraga ini relatif aman dan fun asalkan tidak melkukan trick-trick yang aneh-aneh tanpa bimbingan. Selanjutnya untuk lebih pro … sobat dapat mengunjungi komunitas terdekat sewaktu-waktu.

Kepada para sobat XaXiXu.com.. Salam olahraga ! 
Bagaimana menurut kalian ?

Sudah mulai ingin untuk menjadi seorang Slackliner ???
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger