Orang Tua Waspada - Wafer Meses Susu KADALUARSA - Jajanan Anak SD

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
XaXiXu.com - Lagi-lagi anak-anak sekolah dasar yang masih kecil, yang seharusnya di sayang dan di perhatikan kandungan gizinya untuk perkembangan tubuh dan otaknya …
Malah rawan menjadi korban para penjual jajan dan camilan beracun.
Intinya jelas, para anak SD lebih rentan dan kurang mengerti dalam menyeleksi jajanan yang dikonsumsinya daripada anak smp atau lebih besar.

Kali ini kita berbagi info tentang jenis jajanan yang tergolong baru yaitu Wafer bertabur meses coklat dan susu instant kental manis.

Hasil investigasi yang dilakukan ternyata mengejutkan …

sebagian kue yang di jual di sekolah-sekolah ini ternyata menyimpan bahaya tersendiri.
Seorang pelaku mengaku telah menjalankan pekerjaan menjual camilan di sekolah beberapa tahun, dan memutuskan menjual jajanan wafer coklat susu setelah mendapatkan info dari sesama teman tentang beberapa tempat yang  bisa didatangi untuk membeli … camilan murah meriah, wafer kadaluarsa, serta susu kaleng BS atau bahan-bahan reject.
Sehingga dengan menggunakan bahan-bahan BS tersebut maka modal penjualan dapat ditekan sekecil mungkin dan keuntungan berlipat dapat diraih.

Orang Tua Waspada - Wafer Meses Susu KADALUARSA - Jajanan Anak SD1. Pembelian Wafer biskuit BS
Dari sebuah gudang, didapatkan penjualan wafer dengan kantong plastik yang besar-besar dan dijual kiloan, sebgian besar ternyata adalah aneka wafer biskuit yang sudah remuk, reject, serta kadaluarsa.

Setelah di teliti, umumnya wafer seperti ini dipakai untuk dicampur dengan makanan ternak dalam rangka menaikkan bobot sapi/kambing/bebek agar lebih mahal dijual.
Sebagian gudang/toko penjual wafer kadaluarsa dapat menggunakan alasan tersebut  bahwa mereka menjual untuk pakan ternak, dan tidak mau tahu dengan ulah para pedagang curang dan nakal yang memanfaatkan untuk dijual ulang pada anak-anak sekolah.

Setelah diteliti pula, ternyata tidak sulit untuk mendapatkan gudang/toko yang serupa, bahkan sebagian mereka memang menjual aneka camilan anak sekaligus aneka wafer kadaluarsa untuk di jual ulang.

2. Pembelian Susu kaleng Reject dan kadaluarsa
Tidak cukup dibahan kuenya, termasuk bahan susunya juga didapat dengan cara yang tidak layak.
Penjual mengaku membeli susu-susu instant kental manis kalengan yang sudah kadaluarsa, pada penyok dan bocor, bahkan sebagian kalengnya sudah berkarat.
Harganya hanya sekitar Rp 2000 / kaleng, padahal susu kaleng secara umum berharga Rp 10000 s.d 12000 rupiah.
Pemilik toko mengaku Kebanyakan para pembelinya adalah para pedagang martabak, tukang kue, dan para pedagang lain yang membutuhkan susu kaleng dengan sengaja mencari susu kadaluarsa atau rijek atau BS agar dapat meminimalisir modal.

Penjualan Wafer coklat susu berbahaya di sekolah :

A. aneka wafer kadaluarsa yang telah di beli sangat murah, dihancurkan dengan cara di remas-remas, bahkan pelaku sama sekali tidak memperhatikan standard hygienis dalam mengolah makanan.
Dengan cara dihancurkan, maka wafer sudah tidak terlihat lagi bentuk aslinya yang sudah tidak layak di konsumsi manusia.

B. bubuk wafer di tawarkan pada anak-anak sekolah dengan iming-iming yang menggiurkan yaitu di taburi meses coklat dan di tuangi dengan susu kental manis.
Tak ayal, penjualan kue jenis ini cukup laku keras mengingat harganya hanya Rp 1000 s/d 2000 rupiah.

Sangat disayangkan
bahwa seharusnya mereka para pedagang curang dapat menjual makanan yang menyehatkan serta halal, namun malah meracuni para anak penerus bangsa dan mendapatkan rizki dengan cara yang haram.
Di mata mereka hanya ada uang dan untung semata.

Resiko terhadapa anak dan orang yang mengkonsumsinya :

Dari hasil penelitian sample yang di lakukan dalam laboratorium jurusan pangan UNPAS, disimpulkan :

A. Bahan makanan utama wafer, positif mengandung kuman dan jamur.
beresiko pada kesehatan pencernaan anak. Beberapa kasus ekstrim pernah diberitakan di televisi ada anak kecil mati keracunan wafer kadaluarsa, juga sering diberitakan bagaimana makanan kadaluarsa dapat menuntun orang 1 kampung harus opname di rumah sakit.

B. Bahan susu kaleng, positif mengandung bacteri karena susu yang sudah kadaluarsa dan terkontaminasi dengan logam berat karena kaleng sudah pada rusak dan bocor bahkan karatan.
Beresiko pada kesehatan otak dan daya pikir.

Demikianlah sharing tentang Wafer meses coklat susu beracun kadaluarsa yang menyerbu jajanan anak sekolah.

Semoga mereka segera kembali ke bisnis yang benar, dengan bahan yang baik serta diridhoi oleh tuhan YME.
Dan bagi para pedagang yang jujur, yang mengedepankan bisnis dan berani rugi, semoga mendapatkan rizki yang barokah.
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

4 comments:

  1. Waduh tega amat penjualnya,, memanfaatkan kepolosan anak-anak.. gak takut kena karma ke anaknya kali ya,,, patut waspada ni bagi orang tua,,,

    ReplyDelete
  2. wah,,,keterlaluan banget tuh penjual,, malah menjual makanan yang BS,, kan akibta nya jadi pada anka kita,,tidak akan bertanggungjawab ini tuh penjual,,

    ReplyDelete
  3. kasian sekali anak anak itu,,cuma karna jaajn sembarangan..dan mereka tidak tau makan basi atau masih fresh

    ReplyDelete
  4. sangat disayngkan sekali karna tergiur keuntungan yang besar sampai membahayakan kesehatan orang lain.

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger