5 Tips untuk Orang Tua - Mengontrol Anak jajan di Sekolah

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Terkait dengan artikel sebelumnya tentang bahaya dan racun pada makanan yang menyerbu jajanan anak sekolah, Baik remaja sekolah SMU, SMP, dan terutama pula pada anak SD/Sekolah Dasar yang secara usia lebih rentan menjadi korban penjualan camilan/jajan yang sengaja dibuat ngawur dan sembarangan tanpa memperhatikan resiko kesehatan yang dapat meracuni kesehatan demi keuntungan banyak semata.
  
Maka sebagai orang tua, sepatutnya kita semua menjaga para calon generasi penerus bangsa ini, termasuk dalam hal menjaga kesehatan dan jangan sampai jajan sembarangan.

5 TIPS untuk Orang Tua dalam mengontrol Anak jajan di Sekolah :

Tips 1.
Alangkah baiknya bila dapat membuat sendiri jajanan/kue sehat untuk buah hati dan di bawa ke sekolah.

Tips 2.
membelikan camilan dirumah, dan membawakan camilan tersebut di tasnya.
Dengan demikian orang tualah yang memilihkan dan menyeleksi langsung jajanan yang akan di konsumsi anaknya.
Tips 3.
Lebih baiknya bila pembelian jajan adalah di kantin, dimana umumnya kantin adalah tempat yang sudah dipercaya oleh sekolah.

Tips 4.
Batasi uang saku anak sekolah, jangan terlalu memberikan jumlah yang banyak agar jajanan yang tidak baik untuk kesehatan juga otomatis terbatasi.
Misalnya …
Anak SD  kelas 1-3, uang sakunya Rp 2000 -3000 rupiah saja.
Anak SD kelas 4-6, uang sakunya rp 4000 – maximmal 5000 rupiah saja.
DLL
Semua kembali tergantung pada kebutuhan, Para orang tuda dapat memiliki kebijakan masing-masing.

Berikut hanyalah 2 contoh nyata di beberapa sekolah :

- Si anak yang masih kelas 2 SD saja sudah diberi uang saku Rp 10 ribu, mungkin karena orang tuanya kaya dan menganggap 10 ribu tidak berarti dan demi sayangnya terhadap anak, tapi …
Ternyata hampir tiap hari oleh si anak dipakai buat beli bakso dan mie instant … Dan orang tuanya tidak tahu sama sekali.

- Ada pula orang tua yang mempercayai si anak agar beli makan sendiri di sekolah karena tidak pernah sempat memasak pagi, ternyata sama si anak tiap hari di buat beli mainan yang mahal dan makan berbagai camilan tidak jelas yang banyak sambil di bagi-bagikan pada para temannya.

Kalau sudah begini, siapa yang rugi ??
Tentu si orang tua dan si anak itu sendiri, selain dapat mempengaruhi sifat boros hingga dewasa, belum lagi faktor kesehatannya yang tidak terjamin.

Dan ini Tips Terakhir yang Sangat Penting …

Tips 5.
Mengajari si anak, setidaknya bisa membedakan dan menyeleksi mana jajanan yang sehat dan tidak, baik saat di sekolah, di rumah/kampung, ataupun di tempat lain disaat menginginkan beli jajan.

Berikut adalah beberapa contoh yang dapat di jelaskan pada si anak :

 A. Usahakan tidak membeli makanan/camilan/jajanan yang berwarna ngeJreng atau terlalu terang atau warna warni yang mencolok mata.
Umumnya jajanan seperti ini mengandung pewarna sintetis/buatan, bahkan banyak pewarna tekstil yang sering diguakan para penjual curang dalam membuat makanannya tampak menarik hati.

B. Sedapat mungkin menjauhkan anak menyukai makanan yang tidak sehat sebagai makanan favoritnya, seperti mie instant, bakso, DLL.
Sekali-kali tentu tidak mengapa, tapi kalau sampai setiap hari tentu akan menjadi kebiasaan yang tidak sehat seterusnya bahkan hingga dewasa.
Pilih makanan sehat lainnya yang bisa dijadikan makanan favorit harian.

C. Usahakan tidak mengkonsumsi pentol dan mie yang terlalu kenyal, sebab umumnya camilan yang pada kenyal itu karena di beri formalin.

D. Hindari camilan-camilan yang rasanya terlalu gurih sampai terasa banget di tenggorokan, sebab umumnya rasa gurih yang sangat adalah akibat penguat rasa seperti MSG (MonosodiumGlutamat) ataupun Obat perasa dan obat gula.

Kalau tidak Dimulai sekarang ??  kapan lagi ??
Siapa yang melindungi perkembangan anak dan kesehatan mereka para generasi penerus negeri  kalau bukan kita semua.
Kesehatan Bangsa … dimulai dari Kesehatan Keluarga.

Artikel Terkait ...

Terima kasih buat para sobat XaXiXu.Com , yang telah berkunjung dan membaca sharing tentang … Tips untuk orang Tua dalam Mengontrol Anak jajan di Sekolah …

Adakah tambahan Tips dari kalian yang sekiranya bermanfaat bagi pembaca lain, silakan tambahkan via komentar ^_^
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comment:

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger