TIPS Aman - Modus Curang KASIR Nakal Mini Market & Restoran

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
XaXiXu.com - Tak Disangka … dari investigasi yang dilakukan, ditemukan praktek-paraktek curang dan sengaja oleh para kasir di beberapa tempat Mini Market, Toko Besar, dan Restoran.

Dari hasil Interogasi dengan salah seorang kasir mini market, mengaku bahwa dirinya sudah bekerja selama 2 tahun, dan ikut mempraktekkan penipuan dalam pekerjaanya sebagai kasir adalah juga hasil pelajaran yang didapat dari pengalaman sesama kasir lainnya.

Berikut adalah beberapa Modus Mengelabui Konsumen / Pembeli yang biasa Kasir Nakal Lakukan :

1. Uang Kembalian untuk Sumbangan
Menawari uang kembalian beberapa ratus rupiah untuk disumbangkan ke lembaga yang bekerja sama dengan mini Market mereka.
Tapi … setelah konsumen pergi, Kembalian tersebut kebanyakan tidak disumbangkan malah di kumpulkan menjadi cukup banyak tiap hari untuk pribadi.

Market Sales manis
Mungkin uang beberapa ratus rupiah tidak berarti bagi tiap konsumen, tapi karena bisa  dikumpulkan jadi banyak dan amanah yang seharusnya untuk disumbangkan lembaga kemanusiaan malah dimakan sendiri … ini yang tidak bisa diterima.

Dari hasil modus diatas, seorang kasir yang di Interview mengaku bisa mendapatkan omzet 5 ribu s.d. 50 ribu rupiah / hari … lumayan kan :)

2. Tidak Mencetak Struk & Memakai Member Card Sendiri
Modus ini sangat menguntungkan kasir lebih banyak, dengan tidak mencetak struk .. si kasir hanya mengetik dan mendisplay harga asli barang, setelah konsumen membayar dan pergi …
- Si kasir akan mengupdate display tersebut, maka muncullah harga potongan, maka potongan ini bisa diambil oleh sikasir, ada yang muncul beli 2 dapat 1, maka keuntungan ini juga diambil oleh si kasir, ada yang mendapat bonus barang lainnya karena pembelanjaan sekian pada produk tertentu, maka barang tersebut juga bisa di ambil oleh si kasir kadang untuk dimakan bersama teman sesama kasir, ada yang bisa dijual di luar.

- Dengan tidak mencetak struk untuk pembeli, si Kasir akan mencetak struk tersebut menggunakan member card nya, maka sekaligus hal ini akan menambahkan point dalam kartu membernya, dengan seringnya kasir mencetak struk untuk member cardnya sendiri, pointnya semakin cepat banyak yang bisa dipakai beli barang di mini market itu sendiri.

3. Dalih Komputer Rusak
Modus ini bisa lebih besar lagi hasilnya … dengan alasan komputer rusak padahal sebenarnya tidak, maka si Kasir akan menjaring lebih banyak konsumen yang membeli tanpa mendapatkan Struk … setelah sepi barulah kasir dapat menginput sendiri belanjaan sesuai dengan barang yang sudah keluar.

4. Memasukkan Barang pribadi ke pembelanjaan pembeli
Ini cara yang berisiko, maka hanya dilakukan oleh kasir pada para pembeli tertentu saja yang terlihat mudah lengah atau tidak teliti (umumnya pembeli cowok :).
Caranya … saat orang membeli barang, si kasir menmabahkan item yang biasanya kebutuhan pribadi seperti kosmetika, sabun atau lainnya ke dalam daftar belanjaan pembeli.
Setelah pembeli membayar dan pergi begitu saja… berarti sukses, si kasir sudh bisa mengambil barang yang dimasukkan list belanja tadi ke dalam tas pribadinya sendiri.

5. Kasir Restoran – Pembeli Rombongan
Untuk Restoran tidak jauh berbeda dengan beberapa modus diatas, di tambah modus nomor lima ini yaitu memanfaatkan konsumen rombongan, dimana karena melibatkan orang lebih banyak maka orang yang satu umumnya kurang hafal dengan apa yang diambil / dimakan oleh teman lainnya, sehingga kasir dapat menambahkan item makanan yang padahal tidak ada yang mengambilnya. Seorang kasir restoran saat di interview mengaku dengan cara tersebut bisa me Mark up harga menjadi lebih besar 10 ribu – 50 ribu rupiah. Kalau ada 10 rombongan di hari tersebut ? tinggal kalikan saja jumlah uang konsumen yang telah di curi haknya.

Target Orang yang Mudah Dikelabui Kasir Curang :
-          Pembeli yang tampak tergesa-gesa
-          Pembeli yang malas menghitung / memperhatikan struk
-          Pembeli yang sambil mainan hp / perhatiannya teralihkan.

TIPS Terhindar kasir Nakal dan Curang :
  1. Awasi kasir saat menginput data / harga
  2. Pastikan minta Struk
  3. Teliti Struk sebelum meninggalkan Toko.
 Pendapat Admin …
Saya yakin sekali … masih jauh lebih banyak orang yang baik dari pada yang tidak, saya masih lebih suka untuk berbaik sangka bahwa apa yang ada bisa jadi adalah memang  kesalahan/keteledoran kasir /kerusakan komputer sehingga mati DLL …
Yang Paling Penting bagi saya … Teliti untuk kepentingan kita sendiri agar tidak rugi saat membeli … termasuk dengan cara tidak menjadi 3 target mudah diatas dan selalu menggunakan 3 Tips diatas …

Saya sendiri pernah ada 2 pengalaman yang saya tulis dalam posting lainnya di Teliti Sebelum Membeli –Teliti Juga Sesudah Membeli

Bagaimana dengan kalian, Adakah sobat yang pernah mengalaminya ??.
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

3 comments:

  1. Replies
    1. ini maksudnya gimana gan ?
      ku mau kunjungan balik ke web link agan kok gak valid ?
      terus itu nama dan linknya kok gak nyambung ?
      (namanya tentang produk kesehatan, tapi linknya tentang download music ^_^ :)

      Delete
  2. Saya pernah ngalamin tapi posisinya saya yg dikasir
    Ada tamu yg komplain karena makananya ke input 2 kali dan saya sudah mengucapkan maaf beberapa kali karena kesalahan yg tdk disngaja..
    Tapi yg bikin sakit dia hati seenaknya ngomong "mba sering ya nglakuin kaya gini, cari kerja itu susah" tapi emng karena kesalahan saya jd saya mneghadapinya tetap tenang dan terus meminta maaf

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger