Awas – Susu Bubuk Kadaluarsa Beredar – Tips Cara Membedakannya

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Inilah dunia kita sekarang, dimana kita dikepung oleh racun dan bahaya kesehatan dari segala penjuru melalui makanan dan minuman yang biasa kita konsumsi.
Kali ini XaXiXu.Com sharing tentang Beredarnya Susu Bubuk kadaluarsa yang umum dijual di toko-toko bahan kue dan pasar tradisional.
Susu bubuk ini umumnya adalah susu bubuk curah / tanpa merek, atau ada merk nya namun sebagian adalah merk abal-abal yang tidak terdaftar di BPOM.

Hasil investigasi yang ada - berhasil menulusuri rantai distribusi susu bubuk kadaluarsa ini sebagai berikut :

- Susu-susu bubuk kardusan dari pabrik yang disebarkan pada banyak toko, setelah habis masanya, maka susu-susu kardus resmi tersebut di tarik kembali dari peredaran.

- Pegawai / oknum pabrik yang diserahi tugas untuk memusnahkan susu-susu kadaluarsa tersebut, bukannya di musnahkan dan dibuang, namun malah ditimbun secara pribadi untuk dijual ulang dengan harga jauh lebih rendah dari harga resminya.

Awas – Susu Bubuk Kadaluarsa Beredar – Tips Cara Membedakannya- Sering kali saat kardus di buka, didalam susu ada banyak kutu yang beracun, pernah dicobakan pada anjing, setelah meminumnya anjing tersebut keesokan harinya ternyata mengalami pendarahan, maka oknum-oknum nakal ini kemudian mengakali dengan membuat alat penyaring susu dari kutu-kutu beracun tersebut.
Tentu saja hal ini tidak akan menghilangkan microba/virus yang berukuran micro dari susu kadaluarsa tersebut.

- Selanjutnya Susu yang sudah dikeluarkan dari kardus dan disaring, dimasukkan dalam kemasan plastik yang kemudian dikenal sebagai susu curah / tanpa kemasan resmi / tanpa merek.

- Susu diedarkan di toko-toko bahan kue dan pasar tradisional.

Dan inilah penyebar berikut nya hingga ke konsumen seperti kita-kita …

- para pembuat kue, roti, martabak, dan lain-lain makanan enak yang membutuhkan tambahan bahan susu dan telur umumnya membeli susu-susu bubuk jenis ini karena dianggap paling murah dan menjadikan produk kue olahan mereka menjadi murah dan terjangkau harganya.

- Para pembuat kue ini sendiri sebenarnya juga kurang tahu menahu tentang susu bubuk curah yang kadaluarsa, walalupun beberapa orang yang diinterview mengatakan sebenarnya kecurigaan tetap ada dimana harga susu kok bisa murah sekali dan warnanya agak beda serta rasanya kurang enak dibanding susu yang bermerk dan lebih mahal.
Namun … di pikiran mereka yang penting ada susu murah untuk bahan kue dan untung banyak siap diterima.
Bayangkan Susu yang resmi berkardus pabrik dimana sebelumnya berharga s/d Rp 60 ribu /Kg , saat sudah kadaluarsa menjadi susu bubuk curah tanpa kemasan dan merek … maka dijual oleh para oknum curang dengan harga hanya Rp 10 ribu – 15 ribu / Kg.

- Tiba di rantai terakhir …
Yess … kita kemudian membeli dan mengkonsumsi aneka kue, aneka roti, martabak, dan makanan lainnya yang mengandung bahan susu kadaluarsa tersebut, dimana racunnya tertutupi oleh nikmatnya rasa kue di lidah kita … :)

Karena itu, sebagai konsumen, sudah menjadi hak kita untuk memilih makanan yang lebih baik agar tidak membawa resiko kesehatan baik dalam jangka pendek semisal gangguan pencernaan, alergi / penyakit kulit lainya serta resiko kesehatan dalam jangka panjang semisal gangguan serius pada usus.

Maka Berikut adalah …
TIPS Membedakan Susu bagus dan Susu kadaluarsa / Beracun / Berbahaya :

1. Susu bubuk yang baik – berwarna putih cerah.
Sedangkan Susu yang kadaluarsa tsb – sudah berwarna agak kekuningan.

2. Susu yang baik – berbau gurih / enak.
Susu yang terkontaminasi bakteri dan mikroba tsb – berbau agak tengik / tidak sedap

3. Susu yang baik – terlihat Butiran nya halus.
Susu yang tidak layak konsumsi tsb – lebih menggumpal dan lengket di tangan

4. Susu yang baik – mudah larut saat disatukan dengan air.
susu yang berbahaya tsb – sulit larut dan lebih menggumpal saat disatukan dengan air.

Demikian sharing tentang Bahaya Susu kadaluarsa yang beredar di masayarakt dan cara mengenalinya …

  1. Bagi oknum yang masih melakukan penjualan susu kadaluarsa, semoga sadar dan beralih untuk mencari rizki dengan cara yang halal,
  2. dan bagi para penjual kue semoga lebih sadar untuk teliti dalam memilih bahan yang baik agar tidak mengorbankan kesehatan pelanggannya demi mengejar keuntungan semata.
Semoga bermanfaat dan tetaplah berhati-hati sebagai konsumen …
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

3 comments:

  1. Bagi Anda yang punya usaha martabak, saya punya kabar gembira untuk Anda. Saya memiliki Kemasan Makanan yang dapat Anda cetak dengan gambar suka-suka pada bagian atas kemasan makanannya. Kemasan makanan ini anti minyak dan juga anti bocor.

    Dijamin martabak milik Anda takan membuat pelanggan Anda resah dnegan kemasan lama yang mudah bocor dan mengeluarkan minyak berlebih.

    ReplyDelete
  2. saya lebih tahu detail tentang peredaran susu bubuk afkir dari A-Z, tidak sesederhana yang diterangkan dalam artikel tersebut. Rekayasa susu afkir dari keluar pabrik sampai terkonsumsi oleh manusia itu terkait berbagai komponen, bahkan perusahaan produksi susu bubuk pun terlibat, tetap menjaga SEAKAN-AKAN pengeluaran SUSU BUBUK tersebut LEGAL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow ... ternyata bagi yang tahu betul - kenyataan di lapangan lebih parah ya gan ...
      ini semua karena bisnis yang hanya mau untung, tak mau rugi.
      akhirnya konsumen/masyarakat lah yang dirugikan.
      Cpd.

      Delete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger