Tips Menghindari - Mie Ayam Bangkai dan Pengawet – Ayam Tiren

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
XaXiXu.com - Payah, ini adalah salah satu makanan favorit, dan ternyata tidak lepas juga dari pelaku penjual curang dan nakal dalam mengelabui pembeli demi keuntungan 5x lebih besar.
Mie ayam banyak disuka sehingga banyak dijual dari restaurant, pasar, warung sampai dengan gerobak dorong hampir ada dimana-mana keliling kampung dan komplek perumahan.

Sayang, kenikmatan mie ayam juga tak luput dari ulah penjual curang untuk melipat gandakan keuntungan sekaligus menghindari kerugian.

Dari hasil investigasi, Diantaranya …
Seorang penjual mengaku menggunakan bahan-bahan dalam mie ayam
sebagai berikut … :

A. Ayam Bangkai / Tiren
Pedagang nakal ini membelinya dari beberapa peternakan dimana ada saja ayam yang mati, biasanya ayam Tiren ini dipesan lewat kong kali kong dengan pegawai peternakan karena ayam yang seharusnya dibuang ini tentu saja dilarang oleh pemilik peternakan unutk dijual.

Tips Menghindari - Mie Ayam Bangkai dan Pengawet – Ayam Tiren
Contoh mie ayam bergizi
B.  Pewarna untuk mengelabui warna ayam bangkai yang sudah lebam keunguan.

C. Ayam tiren diatas umumnya sudah 1 hari matinya, serta pedagang nakal ini mengakui sering baunya sudah busuk menyengat seperti comberan.
Untuk itu ayam tiren digodok dengan Air panas serta digunakan jenis Bumbu rendang yang warnanya memang pekat dengan rasa yang khas sehingga bisa memudarkan bau bagkai tersebut.

D. Borax, bahan kimia pengawet kayu dan pengontrol serangga
Juga menjadi tambahan utama untuk menjadikan mie tampak bangus, kenyal tidak mudah  putus-putus serta yang penting … saat mia ayam tidak terjual habis nanti bisa disimpan dan dijual ulang untuk beberapa hari kedepan.

E. Telur Reject
Yaitu telur yang sudah kedapatan pecah-pecah sehingga bisa dibeli dengan murah, telur-telur jenis ini tentu sudah terkontaminasi  dengan aneka kuman karena proses distribusi sekaligus keadaan pasar yang kurang bersih tentunya.

Penjual curang ini mengaku … dengan mengakali cara diatas selama beberapa tahun ini, keuntungan menjadi 5x lebih besar. Siip bukan …?
Serta selama ini tidak ada yang komplain dengan racikan mie ayam khas bangkai tersebut.

Bayangkan … selain ayam bangkai juga haram dimakan bagi kebanyakan pembeli yang muslim ini, sekaligus bangkai ayam jelas-jelas sudah mengandung banyak bakteri pembusuk dan kontaminasi lainnya yang berbahaya bagi kesehatan.

Dari 10 sampel yang diambil secara acak di beberapa penjual mie ayam …
Kemudian diteliti dalam laboratorium UNPAD jurusan pangan, Hasilnya :
6 Sampel positif mengandung borax, serta positif mengandung banyak kuman, terutama adalah bacteri Ecoli yang terkenal - kedepannya dapat merusak ginjal, hati dan dinding usus.

Jangan terlalu kawatir … Untungnya masih banyak penjual yang jujur dimana memperhatikan pelayanan yang benar pada pembeli yang notabene meberikan keuntungan sebagai pelanggannyaserta menganggap untung rugi adalah bagian dari usaha penjualan apapun.

Tips Mengenali Mie ayam yang aman …
1. para pejual yang jujur
Setidaknya bisa Anda kenali jika mereka terlihat ikut makan mie ayam tersebut, sekaligus keluarganya juga ikut mengkonsumsinya.
2. perhatikan Ayamnya,
bila bumbunya terasa menyengat / banyak dengan jenis rendang, ada kemungkinan itu untuk menutupi aroma ayam bangkai.
3. Simpan sedikit beberapa hari mie ayam yang sobat beli dari langganan sobat. Kemudian kepal mie tersebut dengan tangan lalu jatuhkan ke meja/lantai, bila tampak keras / menggumpal maka itu mengandung Borax/pengawet, bila saat dijatuhkan mie langsung terurai/pecah maka aman dari pengawet tertentu.

Demikian sharing tentang Waspada terhadap mie ayam dari bangkai / ayam Tiren, semoga bermanfaat boeat para sobat …
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

3 comments:

  1. Bagi pengusaha warung makan yang punya makanan mie nyemek bisa menggunakan take away box kita untuk tujuan branding warung makanan Anda. Coba cek take away ini Greenpack. Greenpack memungkinkan Anda untuk membranding box dengan brand warung makan Anda. Cocok yang ingin memperkenalkan brandn mereka.

    ReplyDelete
  2. huaaa mie ayam itu makanan kesukaan saya. sekarang musti lebih hati2 lagi nih

    ReplyDelete
  3. Di kampung sy ada peternakan ayam,kadang ayam yg mati(bangkai)di jual murah sekitar 15rb 5 ekor atw lbh,si pembeli nya kdang menggunakan karung....

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger