Awas - Sosis Babi dan Borax - Beredar di Sekolah dan Kampung

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
XaXiXu.com - Sosis yang dulu hanya dijual di super market dengan harga relatif mahal, kini marak dijual murah meriah di pasar , sekolah bahkan keliling kampung dengan gerobak dorong. Tinggal goreng beberapa menit di gerobaknya … sosis sudah siap dimakan para pembelinya. Terutama … anak-anak mana yang tahan dengan enaknya sosis. Laris manis …

Inilah yang perlu diwaspadai, dimana harga sosis yang seharusnya mahal bisa menjadi murah dan harganya pun terjangkau oleh anak Sekolah Dasar ?

Mahalnya harga sosis tidak luput dari faktor sangat mahalnya daging sapi, maka beberapa oknum  penjual nakal memutar otak untuk menghasilkan sosis harga murah sekaligus merengkuh keuntungan berlipat dan menghindari kerugian jika dagangan tak laku.

Awas - Sosis Babi dan Borax - Beredar di Sekolah dan Kampung
Sozis - Ilustration only
Yakni … dengan membuat sendiri sosis dari daging BABI, dimana daging babi cukup murah meriah harganya dibanding daging sapi.

Dari investigasi yang dilakukan, salah satu penjual mengaku sudah berjualan sejak tahun 2011 sosis buatan sendiri dari daging babi yang ia beli dari pasar – pasar.

Dalam pembuatannya dia menggunakan …
-          Daging babi, selain ada risiko cacing pita, dilansir oleh daily mail bahwa sosis daging babi 10 % nya berisiko mudah menginfeksi virus hepatitis serta merusak kesehatan hati/liver. Virus ini baru mati jika dipanaskan minimak 20 menit, padahal para penjual biasanya hanya menggoreng 5 menit ?
-          Tepung dan Pewarna
-          Penyedap rasa yang dosisnya sampai bisa menghilangkan aroma Babi.
-          Borax, sebagai pengawet agar tetap bisa dijual ulang saat tidak laku.

Penyedap rasa yang berlebihan serta Borax yang sejatinya bahan kimia untuk pengontrol serangga dan campuran pengelasan logam serta pengawet kayu, tidak patut untuk masuk ke dalam tubuh manusia yang kedepannya dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Penjual yang sebelumnya kuli bangunan tersebut mengakui bahwa yang dilakukan adalah menjual makanan haram bagi para konsumen yang rata-rata muslim, karena itu dia melarang keluarga dan saudaranya sendiri untuk mengkonsumsi sosis buatannya. Semua dilakukan atas dasar alasan kepepet dengan ekonomi sehingga menemukan cara diatas sebagai pekerjaan yang cukup mudah dan menguntungkan.

Dari 5 sampel yang dikumpulkan secara acak dari super market, pasar, dan penjual keliling … kemudian di test dalam laboratorium Sucofindo …
Hasilnya :
3 dari 5 sampel – posistif mengandung daging Babi. termasuk yang bermerk dari super market.
4 dari 5 sampel  - menggunakan pewarna Benzoat namun masih dalam ambang batas yang dibolehkan.
Sampel lainnya – positif mengandung Borax.

Semoga para penjual yang curang dalam mengorbankan risiko  kesehatan konsumen dan pelanggannya sendiri … diberi kesadaran dengan cara mencari rizki yang halal

Mungkin hanya sebagian yang mengunakan cara curang diatas, sayangnya secara kasat mata sulit untuk mebedakan antara sosis daging sapi asli dengan yang Babi,  maka …
Setidaknya kita perlu waspada, misalnya sebaiknya beli sosis yang dapat dibaca daftar kandungannya atau mungkin para sobat tertarik untuk bikin sendiri sosis di rumah ?
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comment:

  1. Tahukah kamu kemasan sembarangan dapat menyebabkan kanker dan dapat merusak lingkungan?
    Jika Anda mencari dus makanan ramah lingkungan, silahkan berkunjung ke web saya.

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger