Awas - Tempe dengan Pewarna Tekstil - Kenali Ciri-Cirinya

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
XaXiXu.com - Tempe dapat dibuat dimana saja di negara lain, tapi tempe Indonesia adalah Makanan dengan ciri khas tersendiri … dimana Kapang dan microba bermanfaat dalam proses pembuatan tempe tersebut hanya bisa tumbuh di negara tercinta kita.

Tempe makanan berprotein disamping tahu yang digadang-gadang sarat gizi ini sekarang juga tak luput dari kecurangan para produsen dalam upaya meraup keuntungan dengan mengorbankan kesehatan dan keselamatan para konsumen.
.
Dari Investigasi yang dilakukan dengan mengambil 10 sampel tempe di pasaran secara acak, di analisa dalam Laborat Pangan UWM Surabaya … ditemukan 7 tempe positif mengandung pewarna tekstil.
Bayangkan bahwa Pewarna tekstil mengandung pula aneka logam berat yang bila masuk dalam tubuh tidak dapat dicerna dan dapat merintis pertumbuhan kanker.

Setelah dilakukan survey … ternyata Tempe jenis ini sudah banyak diproduksi oleh para pengrajin tempe bahkan sebagaian mereka tidak mengerti akan bahaya pewarna yang mereka campur dalam pembuatan tempe tersebut, ironisnya … pewarna tekstil tersebut mudah di beli dari toko-toko bahan makanan dengan sebutan “Pewarna Tempe”.

Pewarna tempe yang sebenarnya adalah pewarna tekstil tersebut digunakan untuk menjadikan tempe menjadi berwarna Kuning cerah dan menarik hati para pembeli, sebagaian produsen tempe mengaku mereka menggunakan pewarna tersebut setelah banyak konsumen yang mencari tempe kuning yang lebih indah warnanya menurut mereka.

Berikut cara mudah …. Mengenali Ciri-Ciri tempe dengan pewarna berbahaya :
- Tempe berwarna kuning cerah / jelas, 
sementara tempe asli berwarna pucat putih kekuningan. karena warna kapang dan microba sendiri adalah putih.
- Terkadang Tempe bisa meninggalkan noda kuning pada tangan atau benda lain saat dicuci dikarenakan noda pewarnanya luntur dimana noda kuning tersebut agak sulit dibersihkan.

Tempe dengan Pewarna
Contoh Tempe dengan Pewarna
Contoh Tempe Orisinil
  Dengan demikian kita harus menghindari tempe beracun yang memiliki ciri diatas …

Admin pikir, sudah seharusnya pemerintah mengambil tindakan dan razia pada toko-toko bahan makanan dan memberi penyuluhan pada mereka akan aneka bahan makanan yang berbahaya yang tidak layak dijual bebas.

Demikian sharing kami, semoga bermanfaat.
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger