Bunga Hias dari Quilling Paper Koran – Teknik Gulung Kertas

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Halo sobat kreatif XaXiXu.com ! Pagi hari pas bersih-bersih rumah, lihat di pojok ruang tamu ada  eksemplar koran menumpuk. Eh jangan buru buru dirombeng ya :) bisa dibuat bunga lho bahkan sampai bouquet.

Bukan sembarang bunga kertas lho, tapi kita gunakan teknik dari seni paper quilling. Wah apa sih itu? Paper quilling adalah sebuah seni menggulung kertas yang berasal dari Eropa untuk dibentuk dan dirangkai menjadi kerajinan tangan apa saja. Ah jadi penasaran nih, yuk kita praktek aja langsung.

Kerajinan tangan Bunga Hias Koran dengan Seni Quilling paper

Bunga Hias dari Quilling Paper Koran – Teknik Gulung Kertas

Alat dan Bahan :
1. Koran bekas
2. Jarum Quilling / tusuk gigi / alat lain yang bisa digunakan untuk menggulung
3. Kawat bunga
4. Lem Kayu
5. Selotip Daun / Selotip hijau
6. Cutter
7. Gunting
8. Pensil / Pulpen
9. Tang Potong
10. Penggaris / Cutting mat

Cara membuat Bunga Hias dengan Teknik Quilling paper

a. Bagian Kelopak Bunga :

1. Ambil selembar koran utuh, kemudian lipat (posisi saling menumpuk). Ambil sebuah penggaris / letakkan diatas cutting mat. Buat titik titik garis 1 cm. Diujung kanan maupun kiri. Kemudian pertemukan titik titik tersebut dengan menggarisnya.

kertas koran digaris garis

2. Potong pola yang sudah digarisi.

3. Ambil jarum quilling / tusuk gigi / alat penggulung lain. Jepit ujung potongan koran ditengah jarum (jika menggunakan jarum quilling, atau langsung gulung saja jika menggunakan alat lain. Kemudian gulung usahakan tetap erat posisi kertasnya.

menggulung koran dengan kawat atau tusuk gigi 

4. Kemudian jika sudah tergulung semua tarik jarumnya. Biarkan gulungan kertasnya terbuka dengan sendirinya. Rapikan dan sesuaikan seberapa besar kelopak yang diinginkan. Kemudian lem ujung luar koran 


5. Posisikan gulungan koran seperti pada gambar, kemudian jepit dengan jari diujungnya. Pelan-pelan saja.

Cara membuat Bunga Hias dengan Teknik Quilling paper
6. Ambil lem kayu sedikit saja, rekatkan bagian dalam koran, dengan maksud agar kelopaknya nanti tidak terburai saat diangkat. Lemnya tidak perlu banyak banyak yang penting semua gulungan bagian dalam tidak bisa lepas dan saling rekat. 

seni quilling paper koran jadi bunga

7. Ulangi langkah diatas untuk membuat 4 kelopak lain. (Total kelopak adalah 5 per bunga).
8. Kemudian rekatkan satu sama lain dengan lem, dipinggir kanan dan kiri kelopak.


b. Bagian Putik :

1. Gulung kertas untuk membuat putiknya, bisa sedikit agak tebal gulungannya.


2. Kemudian beri lem diujungnya.


c. Bagian Alas Bunga :

1. Ambil karton gambar pola bulat sebagai alas dari bunga dan tempat penempelan kelopak bunga. Kemudian tempeli kertas koran yang sudah terpotong sesuai gambar pola disalah satu sisinya, kemudian beri lem.


2. Gulung kertas (cukup tebal dalam hal ini saya menggunakan 5 potongan kertas koran). Kemudian lem diujungnya.
3. Gulungan kertas tersebut posisikan seperti gambar, dengan menekannya menggunakan ibu jari pada bagian dalam sehingga berbentuk menyerupai corong.


4. Kemudian beri lem kayu pada bagian yang keluar, lem kayu dimaksudkan agar bentuk seperti corong tersebut bisa bertahan lama. 


d. Bagian Tangkai :

1. Ambil kawat bunga yang sudah dipotong, ukurannya silahkan dikira-kira namun saya sarankan tidak perlu terlalu panjang.
2. Lilitkan selotip daun / hijau pada kawat bunga hingga menutupi seluruhnya.



e. Bagian Daun :

1. Gambar pola bentuk daun pada kertas karton, kemudian potong sesuai pola.
2. Lilitkan selotip hijau pada pola daun. 

membuat daun dengan sealtape daun hijau
  

f. Bagian Penyatuan :

1. Ambil putik yang sudah jadi, beri lem kayu pada bagian bawahnya. Rekatkan bagian yang dilem ditengah-tengah kelopak yang sudah jadi. Tunggu hingga lem kering terlebih dahulu.

Kerajinan tangan Bunga Hias Koran dengan Seni Quilling paper

2. Ambil tangkai bunga, masukkan ujung kawat pada lubang kecil ujung corong bunga, tarik dan buat pengunci diujungnya. Bengkokkan tangkainya.

pemasangan tangkai kawat pada bunga kertas koran

3. Beri lem pada alas bawah bunga (pada bagian yang tidak dilapisi koran), kemudian posisikan dan lem pada bagian corong bunga. Tunggu sampai kering. 
4. Satukan kelopak-putik dengan alas-tangkai bunga, dengan cara memberi lem kayu pada alas bunga yang dilapisi koran. Kemudian tempelkan dan tunggu sampai kering.

5. Bagian terakhir adalah peletakkan daun, daun yang sudah dibuat tadi silahkan di lem pada tangkai bunga dengan selotip yang masih tersisa.
6. Bunga quilling dari kertas koran pun sudah jadi, bunga ini bisa dibentuk seperti bouquet jika dibuat dalam jumlah yang banyak. Bunga bisa ditancapkan pada vas yang sudah diberi gabus pada bagian dalamnya.


Langkahnya secara keseluruhan cukup simple sebenarnya apalagi saat praktek, sangatlah mudah. Quilling paper memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri, saat membuat bunga hias memang terlihat so simple namun ada sesuatu yang unik dari gulungan kertas tersebut. Dengan maksud mengurangi sampah dirumah kita secara tidak langsung menjadi semakin kreatif dan para sobat XaXiXu.com juga ikut andil dalam program go green !

Baca Juga, Artikel berhubungan :
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger