Kanzashi – Membuat Bunga Cantik Jepang dari Kain Flanel

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Hai hai Sobat XaXiXu.com pastinya sudah tidak asing dengan kerajinan kain Flanel ya? Umumnya yang beredar sih dibikin bros atau sesuatu yang melengkapi sebuah aksesoris seperti jepit atau bando.

Namun bentuknya terkadang monoton ya, hanya mengandalkan kain yang di tempel-tempel menggunakan lem.

Tapi ternyata teknik bunga pita dari Negeri Sakura atau dikenal sebagai Kanzashi sangat universal lho. Dengan sedikit penggunaan benang sana-sini maka kain Flanel bisa diubah menjadi suatu bunga pita yang tak kalah cantik dari kain.

Kerajinan kanzashi – Bunga Cantik dari Kain Flanel

Kanzashi – Membuat Bunga Cantik Jepang dari Kain Flanel

Alat dan Bahan :
Kain Flanel
Kertas Karton
Gunting
Spidol
Jangka
Lem Tembak
Benang dan Jarum
Hiasan
Bakal jepit atau Peniti

Cara Membuat Bunga kanzashi dari kain Flanel :



1. Buat pola lingkaran dengan karton menggunakan jangka. Diameter lingkaran kurang lebih 4 cm, bias juga bila dibuat lebih besar atau kecil sesuai selera. Potong sesuai pola.



2. Ambil selembar kain flannel, kemudian tempelkan pola lingkaran yang telah dibuat tadi. Potong sesuai dengan pola. Buat 3 hingga 4 lingkaran.

3. Setelah semua siap, ambil kain flannel yang telah dipotong sesuai pola, bagi menjadi dua, sehingga mendapatkan bentuk setengah lingkaran. Lakukan hingga kain flannel habis.

jahit jelujur kain flanel

4. Kemudian tumpuk kain flannel seperti pada gambar. Setelah itu jahit delujur sambil sesekali dikerutkan. Lakukan hingga semua kelopak habis.



5. Bentuk lingkaran hingga menjadi bunga. Setelah itu beri hiasan ditengahnya menggunakan lem tembak (seperti gambar paling atas). Pasang kain flannel dibelakangnya sebagai alas menggunakan lem tembak, Kemudian pasang jepit atau peniti. Kanzashi siap digunakan.

Cara Membuat Bunga kanzashi dari kain Flanel
Pics : Novia K

Teknik pembuatan bunga pita ini sifatnya memang universal,
bisa diaplikasikan di berbagai media kain bahkan pita plastik.  Yang diperlukan adalah kita mengetahui teknik dasarnya terlebih dahulu.

Maka saat para sobat XaXiXu.com ingin membuat bunga seperti apa dengan kain apa saja bisa lebih mudah membuatnya. Seperti halnya pada kain Flanel yang terkenal tebal ini. Selamat berkarya!

Baca Juga :
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comment:

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger