Bikin CETAKAN Roti/Kue dari Bekas KALENG Minuman

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Hobi baking-baking kue… memerlukan banyak alat dan bahan … Untuk bahan pembuat kue yang mesti wajib ada antara lain … tepung terigu, telur, gula, pengembang kue, dan beragam bahan tambahan lainnya.

Untuk alat … butuh mikser atau pengocok manual tangan, mangkuk, loyang, oven maupun panci serbaguna pengganti oven.
Apabila kita ingin bentuk roti menjadi beragam, diperlukan pula cetakan roti kecil kecil berbagai bentuk. Untuk cetakan kecil kecil … kita dapat memanfaatkan kaleng bekas yang sudah tak terpakai lagi.

Dahulu kaleng cuma dipakai oleh beberapa merk minuman ringan, sedangkan akhir-akhir ini semakin banyak pula minuman yang kemasannya menggunakan kaleng, jadi saya kira mudah banget untuk mendapatkan material ini.

Cara Membuat Cetakan Kue dari kaleng Bekas

Bahan yang kita perlukan cuman  …
- kaleng minuman yang sudah habis isinya
- Gunting besar (jangan pakai gunting kecil, nanti guntingnya yang kalah :)
- Pensil / Bolpoin / Spidol kecil

contoh kaleng minuman dari logam

1. Potong bagian ujung atas dan bawah kaleng. Jika sobat kesusahan untuk memotongnya. Buat lubang dengan ujung gunting yang lancip. Atau jika gunting sobat tak terlalu lancip, dapat pula menggunakan ujung pisau yang lancip maupun jarum yang berukuran besar.

- Dari lubang tersebut mulai gunting melingkar bagian atas dan bagian bawah kaleng.
Setelah bagian atas dan bawah berhasil di potong. Maka potong untuk membuka badan kaleng. Hasil guntingan kaleng yang melengkung dapat kita atasi dengan melipat badan kaleng kearah berlawanan dengan arah kaleng melengkung.

- Untuk hasil guntingan yang kurang rapi dapat sobat rapikan dengan cara menggunting dari ujung hingga ke ujung satunya.

kaleng di gunting 

2. Sisihkan bagian atas dan bagian bawah kaleng, karena yang kita perlukan hanyalah badan kaleng. Gunting badan kaleng dengan lebar sekitar dua centimeter. Ukuran terserah sobat, tidak perlu harus tepat dua centi.

- Jika kesusahan untuk menggunting lurus, maka dapat sobat buat garis-garis dahulu dengan penggaris dan bolpoin / spidol lalu gunting.

Cara Membuat Cetakan Kue dari kaleng Bekas

3. Setelah kaleng berbentuk persegi panjang. Maka kita dapat membentuknya dengan beragam bentuk, kotak, hati, bulat, oval , bulan, Bintang, dan aneka bentuk lainnya dengan melipat dan menekannya.

- Hati-hati pada saat merenggangkan hasil lipatan, karena setelah dilipat dan ditekan, kaleng jadi mudah patah di bagian lipatan tersebut.

4. Setelah jadi bentuk yang kita inginkan, ujungnya dapat kita satukan dengan selotip/plester.

5. Cuci cetakan ini dan… sobat dapat menggunakan cetakan dari bekas kaleng minuman tersebut untuk membuat beragam bentuk roti.

Bikin CETAKAN Roti / Kue dari Bekas KALENG Minuman 
Pics : Sayekti A

Mudah bukan ?? Yuk ... para sobat XaXiXu.com bisa membuat beragam bentuk favorit yang lebih bagus sesuai selera.

Penggunaan kaleng bekas minuman ini juga aman … mengingat bahan logamnya yang bersifat food grade karena memang di design untuk menyimpan barang yang dikonsumsi oleh manusia.

Baca Juga :
Unik - Cara Memasak / Mencetak Telur bak Bunga Matahari
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger