Mengenal kain Flanel, Harga & Kerajinan dari Kain Flannel

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Kain Flanel adalah kain yang terbuat dari bahan serat wol dimana dalam pembuatannya di berikan perlakukan heating compression / pemanasan dan penguapan.
Ada yang kadang malah meyebutnya dengan istilah Felt, kain panel, kain planel :)

Kain ini dianggap sebagai kain tertua di dunia sebelum hadirnya kain tenun dan kain rajut, berdasarkan penemuan kain sejenis ini di turki dengan estimasi tahun 6500 sebelum Masehi.

Ciri Khas dan Kelebihan ...
Kain flannel menjadi unik dan berbeda degan aneka jenis kain lainnya dimana bahan ini  tidak di tenun serta memiliki pilihan warna warni yang sangat bervariasi.
Bila para sobat XAXIXU.com membeli kain flannel di toko yang cukup komplit, maka sobat akan dipersilahkan memilih lebih dari sekitar 50 macam warna warni yang memikat dari tema gelap hingga tema warna yang benderang / kinclong :)

- selain warana polos, juga ada pilihan warna berpola (corak) atau bermotif, menambah keseruan dalam pemakaian jenis kain ini.
- Memiliki beberapa ketebalan berbeda, yang tipis misalnya tebal 2 mm dan ada yang tebal misalnya 5 mm.
- kain ini sangat mudah dibentuk dan gampang digunting sesuai selera, sehingga sangat cocok untuk pembuatan seni dan kerajinan. Bahkan untuk penjahitan – pinggiran kain tidak perlu dilipat.

kain flanel warna warni polos

Untuk Apa kain Flannel ...

Dalam dunia industri modern, kain ini biasa dipakai untuk interior otomotif, meja billiard, alat musik, tenda, hingga cleaning service.

Salah satu manfaat kain ini adalah biasa digunakan untuk bahan kerajinan dalam membuat aneka seni dan kreativitas, baik di bidang fashion, cindera mata dan souvenir, barang rumah tangga dalam aktivitas sehari hari, dan sebagainya.

Seperti ... tas, sepatu, topi dan bandana, bros, wadah unik, dompet, gantungan kunci, sarung Hp dan laptop, aksesoris dan lain lain, replika makanan, dekorasi unik, pokoknya banyak dech ^_^

- Aneka pilihan warna yang kinclong juga menjadi pilihan menarik untuk bisnis yang menyasar konsumen anak kecil, ABG hingga yang dewasa.

kain flannel bercorak

Kualitas dan Bahan Kain Flanel
Setidaknya ada 2 macam kualitas kain dengan perbedaan selisih harga yang tidak cukup banyak. Penjual Ada yang menyebut sebagai produk Kw 1/2/3 sementara di tempat berbeda bisa menggunakan istilah kain flanel China dan kain Korea.

- Kain flannel yang dijual di Negara tercinta kita Indonesia, umumnya terdapat beberapa jenis bahan utama, yaitu ada yang wol dan ada yang polyester atau akrilik (serat plastik sintetis) , atau bahkan campuran.

Dimana Beli kain Flanel dan Berapa Harganya ? ...

- Para sobat XAXIXU.com dapat membeli kain flannel di toko toko kain dan toko seni terdekat didaerah Anda, atau membeli melalui para penjual kain flannel secara online juga banyak.
- Bila beberapa toko sulit ditemukan, saya biasanya akan mencari suatu bahan atau barang tersebut di Gramedia serta Ace hardware, dan ternyata biasanya memang ada, termasuk kain jenis flannel ini, umunya dijual dalam bentuk terkecil (selebar buku gambar anak sekolah).
Namun tentu saja soal harga tentu lebih miring jika sobat membeli di agen / toko kain yang ada.

- untuk pemula silakan beli kain flannel yang kualitas biasa / Kw2, namun untuk lebih serius dan sebagai kerajinan, sangat saya sarankan gunakan yang Kw1, mengingat harganya tidak terpaut jauh.

- harga kain Flanel di ukur dalam satuan meter / dijual meteran.
Dimensi yang dijual di toko umumnya minimal sekitar 3 macam :
- 1 meter x 1 meter (100 cm x 100 cm)
- 1/2 meter x 1/2 meter (50 cm x 50 cm)
- 1/4 mtr x 1/4 mtr (25 cm x 25 cm)
Pada beberapa toko - menjual ukuran yang sedikit berbeda.

Harga terbaru Kain flannel yang telah saya chek  di tahun 2016 ...
- Rp 18 ribu s/d 20 ribu per meter persegi
- Rp 10.000,0 s.d Rp 12.000,- per setengah meter
- Rp 6000 ~ 8000 rupiah untuk yang ukuran terkecil (25x25 cm)
Harga diatas tergantung kwalitas kain beserta toko yang sobat beli.

Nah semoga tulisan saya diatas dapat menambah wawasan bagi para sobat XAXIXU.com yang sekiranya tidak begitu mengenal apa dan untuk apa kain flannel.

Tertarik ??
Silakan coba beli beberapa lembar kain flannel, lalu praktekkan bikin sendiri barang bermanfaat dan aneka seni kerajinan lainnya yang akan disuguhkan dalam bentuk tutorial di website ini mulai hari ini dan kedepannya :) ...
pasti asyik la yaw ^_^

Yuk, Bisa kalian dimulai dari sini ...
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comment:

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger