Teknik Manual MemBENGKOK Pipa PVC – Cara Bending Pipa

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Pipa PVC ditekuk atau dibengkok oleh pabrik dan perbengkelan menggunakan mesin bending, namun para sobat XAXIXU.com tidak perlu memiliki mesin jenis tersebut, karena jika hanya untuk sekedar membengkok pipa pvc untuk suatu keperluan, maka tutorial dibawah sudah cukup untuk dilakukan di rumah.

Trik Manual Membending / Membengkok Pipa PVC di Rumah

Sediakan saja material :
a. Pipa Pvc yang mau di bengkok
kurang lebih ada ukuran maximum diameter pipa yang dapat dibending dengan teknik ini, mengingat keterbatasan alat dan tenaga (tanpa mesin) yaitu PVC diamter 2” (2 inch) atau sekitar diameter luar 60 mm.
- lebih besar dari 2 dim, diperlukan pemanasan lebih lama dan tenaga yang cukup besar.
b. Pasir (untuk hasil bendingan lebih halus)
c. kompor gas
d. sarung tangan atau kain juga bisa.

Pics : Thinken S
Trik Manual Membending / Membengkok Pipa PVC di Rumah

Cara Membengkok Pipa PVC secara Manual (tanpa mesin bending)

1. Pertama tama, isilah pipa PVC dengan pasir, tujuannya adalah untuk mencegah bagian pipa yang ditekuk tidak gepeng atau mengecil (membentuk oval).
Pengisian pasir sebaiknya agak padat dengan cara mengetuk ketukkan pipa secara tegak lalu diisi pasir lagi dari atas.
Penutupan pipa perlu dilakukan pada kedua ujung pipa untuk mencegah pasir keluar lagi, sebaiknya gunakan kayu sebagai penyumbat ujung pipa.

isi pipa pvc dengan pasir lalu ditutup / sumbat 
(pasir tidak diperlukan, jika sobat hanya perlu sekedar membengkok PVC dengan radius lengkung yang tidak tajam / landai).

2. Siapkan kompor gas, usahakan di ruang agak terbuka, sehingga ventilasi berjalan baik, karena ada kemungkinan bau yang dihasilkan dari proses pemanasan pipa.
- Panaskan bagian pipa PVC yang mau di bengkok, pemanasan harus dilakukan dengan cara terus diputar pelan agar semua bidang rata terpanasi.
- pemanasan dilakukan dengan meletakkan pipa diatas api, jangan menyentuhkan pipa pada api (jadi ini untuk memanaskan, bukan membakar).
- setelah sekitar 4 s/d 5 menit, harus diperhatikan bahwa dinding pipa PVC mulai kelihatan melunak ... maka bagian kiri dan kanan pipa sudah dapat ditarik sehingga membengkok.

Cara Membengkok Pipa PVC secara Manual (tanpa mesin bending)

3. Untuk menghasilkan pembengkokan pipa yang baik atau memiliki radius lengkung yang diinginkan, maka sangat disarankan menggunakan mal.
Mal bisa berupa benda lain yang bulat, jadi ketika pipa sudah mulai melunak, maka segera angkat dari kompor dan tempelkan pada benda bulat (mal) lalu tarik bagian kiri dan kanan pipa mengikuti bentuk lengkung mal yang disediakan.

PENTING :
- perhatikan untuk bekerja di ruang dengan ventilasi yang baik. Hindarkan dari jangkauan anak anak – use on your on risk !!
- Jangan membakar Pipa Pvc (menyentuhkan api secara langsung) karena ketika PVC dibakar, akhirnya akan berubah warna menjadi coklat bahkan menghitam sehingga secara visual menjadi jelek.
- jika pipa diisi pasir, maka penyumbatan ujung pipa dengan kayu / lainnya tidak boleh rapat total, melainkan harus ada celah celah sedikit untuk memberi kesempatan udara panas keluar agar tidak meletup.
- Pakailah sarung tangan atau balutan kain untuk mencegah ketidak sengajaan cedera panas atau lainnya saat proses pemanasan pipa.

Pembengkokan / pembendingan pipa kemungkinan diperlukan bagi para sobat XAXIXU.com yang membuat kerjainan tertentu, atau keperluan tertentu, semoga sharing ini bermanfaat. 

--- ---
# Kembali ke …

SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

7 comments:

  1. Kebetulan banget nih tutornya...
    Saya lagi mau rubah jalur pipa air di rumah...
    Thank's for sharing...

    ReplyDelete
  2. Siieeepp, mantaap infonya, tempo hari sy mencoba untuk membuat lingkaran dr pipa, tp hasilnya ada yg penyot,, ternyata triknya haruz d masukin pasir dlu ya..

    Thanks info nya...

    ReplyDelete
  3. Trims atas info nya,benar benar berguna...

    ReplyDelete
  4. artikel2 anda amat sangat membantu,
    saya dukung sepenuhnya agar terus bisa berkembang&bermanfaat
    terimakasih byk kawan,

    ReplyDelete
  5. This kind of looks like it's surely exceptional. These kind of small facts are developed employing big selection involving requirements know-how. My spouse and i like the thought plenty. get code

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger