BIKIN Sendiri Cincin AKIK dari KAWAT – Mudah Murah Meriah

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Cincin Akik yang dulu didominasi oleh para pria, kini juga digandrungi oleh para wanita, keindahan batu alam berbagai jenis yang disematkan pada cincin ini menjadikan Akik menjadi trend perhiasan bagi cowok maupun cewek.

By the way … para sobat XAXIXU.com tidak harus perlu membeli cincin akik yang mahal, karena dengan tutorial ini, kalian bisa bikin sendiri cincinnya dengan cara yang mudah dengan hasil yang lumayan, dapat diterapkan untuk batu akik atau sembarang mata perhiasan lainnya.

Membuat Sendiri Cincin Akik dari Kawat

Bahan yang di perlukan :
a. Kawat diameter 1 mm ~ 2 mm x panjang sekitar 30 cm untuk 1 buah cincin cewek dan panjang sekitar 50 cm untuk 1 buah cincin cowok.
idealnya kawat monel/Stainless, atau silakan pakai kawat aluminium atau kuningan, atau yang paling murah yaitu kawat tembaga.
b. Batu akik bulat / batu alam
atau aksesoris untuk cincin lainnya semisal mutiara imitasi juga bisa :)
c. Tang potong.
d. Mandril (mal Cincin), kalau gak ada gak masalah, pakai saja spidol besar, atau pipa, atau tabung lainnya yang diameternya hampir sama dengan besarnya jari kalian.
e. Lem tembak (glue gun dan sticknya), atau lem super (power glue) lainnya.

BIKIN Sendiri Cincin AKIK dari KAWAT – Mudah Murah Meriah


Cara Mudah Membuat Cincin Akik / Lainnya dari Kawat

1. Menggunakan Mal cincin
Untuk pembuat cincin professional umumnya memakai mandril, yaitu kayu panjang berbentuk silinder tapi tirus (mengerucut) dimana sudah terdapat variasi ukuran ukuran diameter disepanjang barangnya, sehingga memudahkan dalam membentuk bulat cincin ukuran berapapun sesuai jari si pemakai cincin.

Para sobat XAXIXU.com tidak harus memiliki mandril, Cari saja benda silinder apapun yang sekiranya sebesar diameter jari yang mau dipasangi cincin, Pada contoh kali ini, yang dipakai adalah tutupnya botol kosmetika :)

2. Langkah pembuatan cincin
- Lingkarkan bagian tengah kawat dengan erat pada tabung, untuk cewek bisa dilingkarkan cukup 2x, untuk cowok minimal 4x agar cincin lebih lebar dan lebih cocok untuk jari cowok.
- gunakan isolasi / lakban untuk mengunci lingkaran kawat pada tabung agar tidak bergeser.
- tekuk sisa kawat kiri dan kanan ke arah berlawanan sehingga saling mengunci dan diameter cincin tidak akan membesar / terbuka lagi.

membentuk lingkar cicncin pada kawat

- kemudian lanjutkan memutar kedua kawat tadi kearah yang sama (searah jarum jam atau berlawan jarum jam terserah). Pemutaran kawat dilakukan secara bergantian dan harus rapat satu sama lain hingga membentuk lingkaran semakin lebar.
- potong dengan tang dan rapatkan kelebihan ke dua ujung kawat setelah mencapai diameter lingkaran sesuai besarnya batu akik / mata cincin yang sobat miliki.
- Amplas / kikir ujung pemotongan kawat terakhir agar tidak tajam / kasar.

kepala cincin sebagai dudukan akik

3. Pemasangan batu akik / barang imitasi lainnya
Berilah lem tembak (glue gun) atau lem super (power glue) atau yang berdaya rekat sangat kuat lainnya pada permukaan kepala cincin, lalu tempelkan batu akik / mata cincin diatasnya.

Biarkan kering, dan …
silakan para sobat XAXIXU.com memakai Cincin hasil rancangan sendiri … Makin keren aja dong penampilan kalian ^_^

Pics :Traeger
Cara Mudah Membuat Cincin Akik / Lainnya dari Kawat

oh ya … bagian kepala cincin selain dibuat rata seperti cara diatas, juga bisa diteruskan dibentuk seperti mangkok, sehingga mata cincinnya bisa terkunci lebih kuat dibagian sisinya dan tidak mudah terlepas saat ada benturan kuat. 
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger