Alat Petik Gitar dari KERTAS dengan Teknik Melipat

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Alat petik gitar banyak dujual di toko toko penjual alat musik termasuk senar dan aksesorisnya, namun sebenarnya para sobat XAXIXU.com bisa membuat sendiri alat petik gitar dari kertas dengan hanya main lipat / teknik origami.

Saya sempat membeli gitar bulan lalu dan si penjaga toko menyarankan untuk menambah biaya rp 50 ribu untuk diganti senarnya dengan senar yang bagus … namun saya menolaknya karena menganggap masih taraf belajar …
Oalah … ternyata  justru karena belajar ini, harusnya saya memakai tali senar yang bagus agar terdengar enak walaupun tangan belum lihai ^_^

Saya mencoba bikin sendiri alat petik dari kertas seperti tutorial dibawah ini, dan hasilnya ternyata cukup memuaskan, suara genjrengan gitar menjadi lebih nyaring, empuk daripada suara genjrengan dengan jari, lumayanlah walaupun belum sempat mengganti dengan senar yang bagus.

Cara Membuat ALat Petik Gitar dari Kertas

Siapakan bahan :
a. Kertas lipat warna atau kertas lainnya asal jangan terlalu tipis.
(Saya sendiri menggunakan kertas bekas menggambar, jadi lebih tebal daripada Hvs ternyata hasilnya lebih baik - kaku dan kuat).
b. Gunting
c. Penggaris

Teknik melipat Kertas menjadi Alat pemetik gitar

Teknik melipat Kertas menjadi Alat pemetik gitar

1. Potonglah kertas dengan ukuran panjang 30 cm x lebar 3 cm.
Kemudian lipat pas ditengah sehingga membentuk huruf “V”. lipatan pertama menentukan sekali lipatan selanjutnya agar pas, karenanya sebaiknya gambarlah segitiga sama sisi (sudut 60 derajat) untuk membantu melipat pertama.

2. Lanjutkan melipat pada salah satu strip sehingga mulai terlihat bentuk segitiga sama sisi.
Seterusnya tinggal melanjutkan melipat strip yang lain dan seterusnya secara bergantian sehingga kertas segitiga semakin tebal.

Cara Membuat ALat Petik Gitar dari Kertas

3. Pada tiap ujung akhir strip kertas, selipkanlah kedalam lipatan kertas, jadi tidak ada yang perlu dipotong kelebihannya. Dengan menyelipkan ujung kertas juga sekaligus untuk mengunci alat petik gitar kertas model segitiga ini agar tidak terbuka lagi.


Sudah jadi tuh …
untuk kertas yang berwarna putih, para sobat XAXIXU.com dapat mempercantiknya dengan menggambar dibagian atas dan bawahnya.
Waw … alat petik gitar kalian bakalan lebih keren

Dan coba sekarang juga untuk memainkan gitar kalian, lebih enak kan daripada main genjreng dan main petik pakai jari tangan ? 
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger