Seni TULISan dari BENANG dan Paku – Type 1 & Type 2

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Kreativitas dapat dilakukan dalam hal apa saja, termasuk halnya dalam menulis atau membuat tulisan … jika umumnya para sobat XAXIXU.com membuat tulisan dengan pensil / pulpen / spidol … yuk kita bikin sesuatu seni tulis yang berbeda dan luar biasa …

Hasilnya … Pajang sebagai hiasan yang unik keren di dinding atau lainnya di rumah sobat … dan ketika para tamu baik itu tetangga atau teman sekolah kalian datang berkunjung ke rumah … biatrkan semua mata … tertuju padanya … yu huu …

Seni Tulisan dari benang dan paku

Persiapan Bahan :
a. Paku kecil – ukuran 1 inchi.
beli di toko bangunan – misalnya 1/4 Kg – minta ukuran 1 dim (panjang 2,5 cm).
b. Palu
c. Benang rajut Nylon (lebih tipis dari benang rajut Wol tapi lebih tebal daripada benag jahit) – beli beberapa warna, misalnya merah, kuning, dan Hijau (emang lampu merah ? :) Ha .. ha ..
d. Gunting
e. Papan atau triplek atau card board tube / pipa kardus besar yang sudah di ratakan.
Ukuran silakan potong sesuai kebutuhan – mau dibikin seberapa besar tulisan yang mau sobat buat.
f. Isolasi double tape atau lem

Pics : Honey & Fitz - benang rajut
benang rajut


Seni Tulis dari benang dan paku – Type 1 (Outside Lines)

1. Buatlah tulisan di kertas Hvs - dengan bentuk dan ukuran huruf / angka sesuai selera, lalu gunting kertas seuai bentuk tulisan atau angka tersebut.
- Untuk hasil yang maximal rapi dan baik, buatlah tulisan di Ms Word atau program computer lainnya yang sobat suka, lalu cetak / print di kertas dan silakan gunting.

teknik membuat tulisan dari barisan paku2. Tempelkan potongan tulisan kartas tersebut diatas lembaran papan atau card board (kardsu keras). Sobat dapat menempelkan kertas dengan menggunakan isolasi double tape atau dengan lem – gunakan isolasi / lem sedikit saja yang penting nempel, sebab sisa lem ataupun bekas isolasi nantinya juga harus dibersihkan setelah proses paku memaku.

3. Siapkan paku dan palu … tancapkanlah paku secara berjajar di sepanjang garis luar huruf atau angka pada kertas. Jarak antar paku bisa dibuat sekitar 2 cm.
- Setelah semua paku berjajar tegak membentuk huruf sesuai potongan kertas … silakan kelupas kertas dari papannya. Bersihkan sisa lem atau sisa rekatan isolasi yang ada agar bersih kembali.
- dengan cara yang sama, buatlah barisan paku di bagian pinggir terluar papan / bingkai.

Pic : Zainab N 
4. Saatnya main tarik menarik benang …
Tariklah benang dari 1 paku ke paku lainnya secara lurus dan bersebrangan / berjauhan, serta berselang seling (lihat gambar). Gunakan beberapa benang dengan warna berbeda untuk mengesankan efek pelangi.

5. - Untuk menghindari kendurnya benang, maka dalam setiap tarikan – benang perlu di putar minimal sekali pada paku lalu barulah menarik kearah paku lainnya.
- Setelah semua telah terhubung dengan benang, perhatikan ujung-ujung benang yang mungkin terdapat sisa simpul, potonglah kelebihan panjangnya agar semua tampak rapi.

Terakhir …
pajang papan di dinding atau tempat lain sesuai selera.


Seni Tulis dari benang dan paku – Type 2 (Inside Lines)

Sekilas terlihat sama saja antara type 1 di atas dan type 2 di bawah, namun terdapat perbedaan yang signifikan yaitu dalam hal bidang penempatan tarikan benang.
Perhatikan bahwa pada type 2 ini … semua tarikan benang dibuat dalam ruang tulisan, sedangkan pada type 1 diatas … tarikan benang berada dalam bidang luar formasi tulisan.
sehingga pada type 2 ini - lebih membutuhkan sedikit paku karena tidak memerlukan barisan paku di pinggir bingkai. 

Silakan pilih type mana yang sobat suka … atau para sobat XAXIXU.com juga dapat mengkombinasikan keduanya … seperti dalam artikel berikut :

Seni Tulisan GAMBAR dari BENANG dan Paku – Type 3 ( … proses pembuatan artikel … , silakan kembali lagi nanti ya :)
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comment:

  1. Itu cara membuat yg inside line, sama aja dengan yg pertama?

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger