Rak Fleksibel Antik – Cara Pembuatan dari Kayu dan Tali

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Dimana sobat menaruh buku-buku atau barang lain yang sobat sering ambil ? masih berantakan di meja ? masih sering nyari barang yang ketlisut dengan mengobok-obok laci ?
Yuk kita bikin aja sebuah rak antik dan unik dari tali dan kayu, sebuah rak dengan model jembatan diatas sungai yang melengkung dari bambu dan tali seperti yang mungkin sering lihat di TV atau film.

Kecuali jika para sobat XAXIXU.com mungkin orang desa / pelosok yang malah biasa menaiki jembatan bambu diats sungai, dan bergoyang-goyang saat terkena angin besar ^_^ kayaknya menyenangkan bagi yang tidak phobia ketinggian.

Tutorial pembuatan Rak Flexible Antik dari Tali dan Kayu

Peralatan dan Bahan :
a. Papan kayu – butuh ukuran sekitar 65 cm x lebar 20 cm dengan ketebalan 2 cm atau lebih.
b. Mesin Bor tangan / manual
Banyak dijual di toko alat teknik/elektrik, atau bisa pinjam ke teman yang punya :)
Kalau mau yang murah meriah, saya pernah beli alat bor kayu manual dimana dalam pemakaiannya cukup menggunakan putaran tangan ^_^ gak perlu listrik.

Tutorial pembuatan Rak Flexible Antik dari Tali dan KayuJika sobat sering mengikuti tutorial yang ada XAXIXU.com maka memiliki mesin bor tangan ini sangat menguntungkan karena bisa dipakai untuk berkreasi aneka macam barang dengan bahan yang terbuat dari kayu dan besi.

c. Mata bor besi, diameter 5 mm.
d. Gergaji kayu
e. Penggaris siku
f. Pensil
g. Amplas kasar
h. Tali paracord / Tali kur besar, sekitar tebal 4 ~ 5 mm.
i. Siku besi – 2 buah dan sekrup – 4 buah
  
Cara Bikin Rak Buku Lengkung - Antik dan Unik

1. Ambil papan dan posisikan memanjang, pakailah penggaris siku dan pensil untuk membuat garis-garis tegak lurus pada papan secara berbaris dengan jarak masing-masing 5 cm sebanyak 13 buah garis.

2.  Gergajilah papan  sesuai garis yang sudah dibuat, hingga menjadi kepingan balok-balok persegi panjang dengan dimensi … panjang  20 cm x lebar 5 cm sebanyak 13 buah.
Haluskan sisi hasil pemotongan dengan amplas biar rapi bersih.

3. Buatlah 2 buah lubang tembus pada tiap balok di bagian sisi tebal memanjangnya.
Jarak antar lubang sekitar 15 cm dengan mata bor diameter 5 mm.
Gunakan mesin bor tangan elektrik atau alat bor kayu manual jenis engkol. Lakukan pengeboran pada masing-masing balok semuanya.

penghubung antar kayu dari tali4. Bariskan semua balok dilantai / meja, Masukkan tali paracord atau tali koor dan sejenisnya ke dalam satu per satu lubang pada tiap balok.
Pada gambar yang ada, tiap balok di beri ring plat besi sebagai spacer, nanti hasilnya terdapat space / ruang sedikit diantara masing-masing balok.

Jjika para sobat XAXIXU.com menginginkan space / ruang antar balok kayu lebih lebar maka silakan gunakan cara ini
- buatlah 2 simpul dengan jarak sesuai kebutuhan di setiap antar balok kayu yang satu dengan balok sebelahnya. Dengan demikian tiap kayu akan memiliki jarak yang lebih jauh dibanding jika hanya memakai ring plat besi.

5. Agar tali tidak lepas lagi, Jangan lupa buatlah simpul mati pada kedua sisi balok paling pinggir.
Siapkan 2 buah siku besi, dan pakulah di dinding dengan jarak sekitar 70 cm, lebih tepatnya ukurlah jarak antara balok paling pinggir kiri dan paling pinggir kanan dari barisan balok-balok tadi dengan mencoba memajangnya terlebih dahulu di tembok..

Pics : Fungus A
Cara Bikin Rak Buku Lengkung - Antik dan Unik- Silakan posisikan balok paling kiri dan paling kanan tepat diatas siku besi di dinding, untuk menguncinya sobat dapat menyekrupnya lewat bagian bawah siku yang umumnya selalu terdapat 2 buah lubang.
(kebetulan pada gambar yang ada, tidak menggunakan siku biasa, melainkan memakai holder khusus).

Dan Yuhuuu …
Para sobat sudah bisa memandang denga senang … Silakan letakkan aneka buku atau barang lain diatasnya, sebuah rak buku lengkung yang antik bak jembatan gantung dari bambu dan tali-talinya.

Baca Juga, Artikel Berhubungan :
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger