Teknik Dasar MEMOTONG KACA Datar dan Kaca Bermotif

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Berurusan dengan kaca, tentu tidak sembarangan kita dapat memotong seperti halnya menggergaji kayu atau menggunting kertas, namun sebenarnya … memotong kaca adalah cukup mudah asalkan … para sobat XAXIXU.com tahu trik dan teknik yang tepat, bila tidak … maka kaca akan terbelah bahkan retak dan pecah tidak sesuai yang kita harapkan, padahal … kalau sudah begitu, maka tidak ada pilihan lain selain daripada harus membeli kaca baru.

Pemotongan kaca sangat diperlukan untuk keperluan apapun, baik untuk bangunan, kerajinan, interior, mebel, dan sebagainya.  Pada artikel ini kita akan berbagi …

Teknik memotong kaca datar / plat kaca, baik yang polos maupun kaca datar bermotif / bergambar / kembang-kembang.

Alat dan Bahan :
a. Kaca datar yang akan dipotong
b. Penggaris plat / besi
c. Sedikit Minyak (sembarang minyak, gak ada gak papa)
d. Cutter khusus pemotong kaca
- Ada yang berbentuk mirip pena, ada yang model sisir dan cutter, harga bervariasai ada yang sekitar rp 50 ribu hingga ratusan ribu tergantung spec.

meja kaca kotak- Mata Pisau pemotong kaca oleh orang-orang biasa disebut bermata intan, padahal bayak yang bukan ^_^ mana ada intan/berlian hanya dihargai puluhan ribu rupiah :) (terkecuali yang memang amat mahal) … kebanyakan adalah mata cutter yang dilapisi dengan baja potong cepat kelas tinggi (High speed steel) yang umumnya di pabrik pembuatnya sudah dilakukan proses hardening (pengerasan) sehingga baja jenis ini sangat kuat sehingga terjaga ketajamannya.



Teknik Mudah Memotong Kaca datar dan Plat Kaca bermotif

1. Letakkan kaca di meja yang rata, terutama untuk kaca yang tipis maka kerataan meja / lantai kerja sangat penting untuk mencegah pecah / retak yang tidak sesuai.
- Untuk kaca ukuran kecil, biasanya mudah bergeser dari meja, karenanya bagian bawah kaca sebaiknya di beri lamakan kain kasar agar tidak licin.

2. Siapkan pena / cutter pemotong kaca, oleskan minyak pada mata pemotongnya. Barulah lakukan penggoresan pada kaca sesuai ukuran yang di inginkan, gunakan penggaris besi tebal atau sebaiknya waterpass  sebagai panduan dalam menggaret secara lurus pada kaca.
- untuk kaca bermotif gambar / kembangan, buatlah goresan pada bagian balik kaca yang datar, jangan menggores pada sisi motifnya.

lakukan penggoresan pada kaca sesuai ukuran

Perhatian :
Menggores kaca harus dilakukan sekali saja dengan penekanan yang cukup hingga terdengar suara saat penggoresan. Jangan mengulangi penggoresan sebab dapat menimbulkan garis ganda yang beresiko belahan kaca menjadi tidak halus bahkan retak.

3. Untuk kaca yang besar …
- Setelah penggoresan kaca, posisikan goresan tersebut tepat di pinggir meja, pegang kaca diatas meja dengan satu tangan, lalu satu tangan yang lain memegang dan menekan ke bawah pada kaca yang diluar meja.
Krek ! … Kaca pun terbelah dua - tepat pada bagian garetan kaca.

satu tangan yang lain memegang dan menekan ke bawah pada kaca
(gunakanlah kain atau sarung tangan, mencegah kulit tergores kaca)

- Alternatif lain, Untuk kaca yang kecil …
Baliklah kaca sehingga goresan tadi berada dibawah.
Ganjal bagian bawah pinggir goresan kaca dengan penggaris plat. Lalu … Lakukan penekanan pada bagian atas kaca dengan 2 jari (jempol dan telunjuk) di sekitar  pinggir sepanjang goresan tadi. Dengan penekanan yang cukup … 
Krek ! maka kaca akan terbelah tepat pada garis goresan.

Saat pertama mencoba memotong kaca, saya langsung berhasil ^_^ lalu pada pemotongan kedua karena kacanya tipis dan penekanan terlalu kuat ternyata kaca pecah kearah yang tidak diinginkan, dan selanjutnya lebih pengalaman sehingga memotong kaca menjadi lebih mudah.

Baca Juga :
Trick manual - Memotong kaca secara lingkaran

Kepada para sobat XAXIXU.com – selamat mencoba juga ya. Silakan beli alat pemotong kaca di toko bangunan, atau di super market bangunan, bahkan penjualan online – cutter kaca model multi fungsi juga ada.
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comment:

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger