Cara Simple - Membuat COVER TABLET dari KERTAS & Isolasi

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Saya beli cover untuk tablet kecil screen size 7 inch sekitar Rp 60 ribu, sedangkan cover untuk Tablet besar / IPad ukuran diagonal layar 10” maka harganya bisa Rp 100 ribu lebih - mahal juga ya ^_^
Tapi bagaimana lagi, cover memang sangat penting sebagai pelindung smartphone yang harganya jauh lebih mahal / jutaan.

Alih-alih mengeluarkan uang cukup besar untuk sebuah cover ipad, bagaimana kalau kita bikin sendiri ?? Hanya dengan modal sekitar 15 ribu doang ! emang bisa ? bisa donk ! :)
Cukup ikuti tutorial dibawah ini, maka para sobat XAXIXU.com dapat …

Membuat Sendiri Cover untuk HP, Tablet, ipad, DLL dari Kertas dan Isolasi
 (Berapapun ukuran smart phone ataupun tablet kalian, semuanya dapat dibikinkan cover sesuai ukuran dan warna berbeda)


Membuat Sendiri Cover untuk HP, Tablet, ipad, DLL dari Kertas dan IsolasiSebagai contoh  Berikut cara pembuatan cover ipad dengan screen ukuran 10 inch menggunakan isolasi plakban hitam, setelah mengikuti step by step tutorial ini, kalian dapat mengaplikasikan dengan cara yang sama pada smartphone para sobat XAXIXU.com masing-masing dengan lakban warna atau lakban printing / bergambar sesuai selera.
                                                          
Sediakan Barang dan Bahan :
a. Gunting
b. Penggaris
c. Pensil atau spidol kecil.
d. Velcro ( krek-krekan :) – 1 set.
bisa beli di toko Atk atau toko serba ada terdekat.
e. Tali kolor, lebar minimal 1 cm x panjang 9 cm – 4 buah.
Kalau gak mau beli, bisa pakai bekas kolor celana atau training ^_^

f. Isolasi lakban kain – 1 roll
warna hitam lebih murah harganya daripada lakban warna dan lakban printing / bermotif.
g. Kertas karton (manila)
Jangan kertas biasa, karena terlalu lemas dan hasilnya cover jadi kurang kuat.
Bisa juga pakai kardus tipis semacam setebal kardus sepatu asalkan ukuran yang diperlukan nanti memang cukup.

Langkah Pembuatan Cover ipad / Tablet screen size 10” :

Pola Cover dari kertas1. Pola Cover dari kertas
Potong kertas karton / kardus tipis menjadi persegi panjang dengan ukuran panjang 41cm x tinggi 25 cm.
Posisikan kertas memanjang / horizontal, lalu gambarlah 2 buah garis tegak pas di bagian tengah kertas dengan jarak 1,5 cm. dengan demikian jarak kiri kanan garis terhadap tepi kertas adalah 19,5 cm.
Dua garis tegak ini nanti dipakai sebagai sisi tebal ipad, sedangkan sisi lebar kiri kanan adalah untuk badan ipad dan covernya.

Lipatlah kertas karton pada 2 buah garis tegak tersebut, maka pola cover tablet sudah dapat terlihat bentuknya.

2. Lapisan Cover dari isolasi
Saatnya melapisi cover karton dengan isolasi lakban agar cover tablet sobat menjadi tahan air, kaku dan kuat serta keren.

Lapisan Cover dari isolasiCaranya …
Posisikan kertas terbuka lebar di meja secara horizontal / memanjang
- potonglah isolasi lakban hitam sepanjang sekitar 43 cm, rekatkan isolasi secara horizontal (panjang kertas adalah 41 cm, jadi lakban yang ditempelkan supaya lebih sedikit di samping kiri dan kanan kertas.
- potong lakban 43 cm berikutnya secara berurutan, tempelkan pada kertas dimulai dari bawah kertas menuju atas, dimana bagian pinggiran isolasi dibuat bertumpuk sekitar 1/2 cm saja.
- lanjutkan sampai kertas tertutup semua baik bagian dalam maupun bagian luar cover karton tadi sehingga kini karton sudah tidak terlihat lagi.


Rapikan sisa panjang lakban yang melebihi kiri kanan cover, dengan mengguntingnya secara rapi dan pas sesuai pinggiran kertas karton.
- untuk lebih rapi lagi dan lebih menguatkan bagian tepi cover yang nantinya sering dipegang untuk dibuka tutup, sebaiknya para sobat merekatkan lakban tambahan secara tegak pada kedua tepi cover tersebut.

Pemasangan Velcro3. Pemasangan Velcro
Tahu Velcro kan ? itu loh krek-krekan yang dipakai untuk pengunci / penutup  tas, dompet, atau pun alternatif kancing pakaian.
- Potong Velcro 1 set dengan ukuran panjang 2,5 cm lalu potonglah lakban panjang 5 cm dan lipat pas ditengah secara memanjang agar saling merekat dan lebarnya menjadi separuh (sebelumnya lebar lakban 5cm menjadi 2,5 cm).
Pasang Velcro secara melintang pada pinggiran lakban ini, bisa dijahit tangan pada dua titik ujungnya.

- Potong lagi lakban sepanjang 8 cm, yang 5 cm untuk direkatkan pada lakban yang terdapat Velcro tadi, sehingga belakang jahitan Velcro tertutupi, serta masih terdapat sisa lakban 3 cm untuk direkatkan pada cover bagian tepi tengah.

Alternatif
Para sobat XAXIXU.com dapat menggunakan magnet sheet atau magnet coin yang dapat diselipkan / disematkan ke dalam lakban sesaat sebelum ditutupi lakban.
Hasilnya bakalan lebih yahud daripada Velcro :)

4. Tali Pemegang tablet / ipad
Siapakan 4 buah tali kolor dengan lebar minimal 1 cm mengingat tablet ukuran 10” cukup berat juga, kecuali jika nanti sobat membuat cover untuk Hp maka tali kolor dengan lebar lebih kecil tidak masalah untuk dipasang.
Tali kolor bekas juga bisa dipakai, potonglah sepanjang 9 cm - 4 buah, masing-masing untuk ditempatkan pada 4 sudut cover.
- Coba dulu letakkan tablet, lalu tandai bagian yang akan dipasang tali pemegang tablet ini.
Gunakan jarum dan benang jahit hitam untuk mengunci tali kolor yang diposisikan miring 45 derajat pada ke empat sudut cover, jahitan harus kuat untuk mencegah lepas lagi.

Pics : Core G 
BIKIN Sendiri COVER TABLET dari KERTAS & Isolasi Lakban5. Quality Control :)
Pasang ipad pada posisinya, kunci dengan 4 tali kolornya, tutup cover dan penguncinya, cek segala bagian yang sekiranya ada sisa lakban yang tidak rapi atau belum kuat.

Hore …. Cover pelindung tablet / ipad telah siap dibawa kemana saja …
Pasti pada jadi perhatian dan lirikan para orang disetiap melihat cover pelindung ipad milik sobat yang unik namun tetap menarik ini.

Gunakan teknik yang sama pada smartphone, iphone, ipad atau tablet para sobat XAXIXU.com masing-masing sesuai dengan ukuran beserta lakban warna atau lakban printing / bergambar sesuai selera.

Baca Juga :

Silakan bagikan halaman ini via icon sharing - agar bermanfaat bagi para sobat kalian ^_^
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

8 comments:

  1. Keren gan, saya jadi mau mencobanya nih, tetapi saya engga ada lakban item, kalau misalkan saya make double tape tissue bisa apa engga ya gan.

    ReplyDelete
  2. Teman saya yang bekerja di refcon polar pernah mencobanya ni gan, dan ternyata memang hasilnya keren banget.

    ReplyDelete
  3. Thanks for every other excellent post. The place else may just anyone get that kind of info in such an ideal manner of writing? I’ve a presentation subsequent week, and I am at the look for such information. apple tablet mockup

    ReplyDelete
  4. This is the right blog for anyone who wants to find out about this topic. You realize so much its almost hard to argue with you (not that I actually would want…HaHa). You definitely put a new spin on a topic thats been written about for years. Great stuff, just great! ipad sketch

    ReplyDelete
  5. Great job here. I definitely enjoyed what you had to say. Keep heading because you undoubtedly bring a new voice to this subject. Not many people would say what youve said and still make it interesting. Properly, at least Im interested. Cant wait to see extra of this from you. website design firms san francisco

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger