Tutorial Sederhana - Membuat Ayunan dari Isolasi Lakban

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Ini adalah artikel ke tiga saya dalam hal - bikin sendiri ayunan / bandulan, dalam pembuatan ayunan cara ke 3 ini, terhitung caranya sederhana dan cukup mudah dimana hanya membutuhkan lakban dan bekas kayu sapu atau stick alat pel yang sudah gak dipakai ataupun kayu lainnya. Para sobat XAXIXU.com dapat memilih salah satu dari 3 cara bikin bandulan - yang mana link artikel untuk 2 cara lainnya telah saya sertakan di bagian bawah artikel ini.

To the point …
Membuat Sendiri Ayunan dari Isolasi Lakban

Bahan yang perlu sobat siapkan :

a. Lakban – 1 Roll
b. Mesin bor tangan, kalau tidak punya pinjam saja teman atau tetangga ^_^
masih tidak punya juga ? gak apa-apa :) penggantinya - siapkan saja pisau.
c. Tali paracord diameter minimal 6mm type 400 x pjg 6 meter.
atau pakai saja tali tampar yang kuat diameter 10mm (1 cm) x panjang 6 mtr.


Langkah Pembuatan Bandulan dari Lakban dan kayu bekas

bahan membuat ayunan bandulan1. Siapkan kayu minimal diameter 20 mm (2 cm) atau gunakan bekas tangkai sapu/pel, potonglah menjadi panjang 30 cmm sebanyak 2 buah.

2. Buatlah lubang dengan mesin bor tangan pada bagian ujung-ujung kayu, lubang ini untuk dimasuki tali paracord.
Kalau tidak ada mesin bor manual …
Gunakan saja pisau untuk mengerat kayu sehingga menjadi alur melingkar dengan kedalaman minimal 5 mm (1/2 cm). nanti tali tampar di ikatkan ke alur lingkar ini.

3. Letakkan 2 buah kayu dengan jarak 1/2 meter, atau sesuaikan dengan ukuran lebar duduk para sobat XAXIXU.com masing-masing.
Potonglah lakban minimal 1,1 mtr sebanyak 4 buah lalu pasangkan / lilitkan pada ke dua kayu sehingga bagian lakban atas bertemu dengan lakban bagian bawah dan saling merekat.

cara bikin ayunan dari lakban4. untuk memastikan kekuatan 4 buah lakban tadi, lilitkan pula lakban secara melintang minimal 2 buah di kiri dan di kanan.
Lebih baik lagi  jika bagian tengahnya juga di beri lakban melintang agar ke empat lakban memanjang tidak mudah bergeser.

5. Pasangkan tali paracord pada lubang yang tersedia pada kayu, atau … ikatlah tali tampar pada keratan / alur kayu melingkar yang sudah di buat sebelumnya, pastikan tali masuk pada alur dan disimpul mati dengan kuat minimal 2x simpul.
Perhatikan bahwa …
Tali di buat bercabang dua @30 cm, dimana masing-masing diikatkan pada ke dua ujung kayu, tujuannya agar dudukan ayunan nantinya bisa berimbang.
Masing-masing panjang tali sebaiknya minimal 3 meter, atau sesuaikan kebutuhan, agar nanti bisa di pasang di dahan pohon yang berbeda-beda dimana ketinggian pohon tentu berbeda pula.

cara buat bandulan dari isolasi

Finally …
Ayunan buatan sendiri telah siap dipakai, kaitkan tali pada dahan pohon atau bar lainnya di rumah para sobat XAXIXU.com , ikat yang kuat dan silakan duduk dengan santai, ayunan ini tidak hanya cocok untuk anak-anak, untuk orang dewasa pun bandulan lakban tersebut cukup kuat untuk digunakan.

Tutorial Sederhana - Membuat Ayunan dari Isolasi Lakban

Pics : sitzik bs 

Oh Ya …
Berikut adalah 2 artikel saya lainnya - ALternatif Cara Bikin Ayunan
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger