Hati-Hati – Teknisi Service HP Curang & TIPS Garansi Habis

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Pada kesempatan ini, XaXiXu.com akan sharing berkenaan dengan jasa service Hand phone, dimana agar kita lebih berhati-hati pada saat memperbaiki hp yang rusak pada tukang repair Hp diluar outlet/service center resmi sesuai merek masing-masing.

Dalam investigasi yang dilakukan, di temukan beberapa oknum dan praktek penipuan serta kecurangan dalam bisnis jasa service ini, umumnya dilakukan oleh teknisi yang bekerja di toko atau counter non resmi.
Berikut adalah beberapa penipuan Teknisi dalam menservice HP :

1. Penggantian Komponen.
Teknisi curang membongkar Hp, dan mengambil beberapa komponen yang bagus dari HP Anda, kemudian menggantinya dengan komponen lain yang bekas atau Spec nya lebih rendah.
Teknisi yang berhasil di interview mengaku paling suka mengambil komponen IC Power Smartphone, sebab barang ini yang bagus sulit di dapat di pasaran.
Hati-Hati – Teknisi Service HP Curang & TIPS Garansi Habis
2. laporan kerusakan.
Setelah HP/Smartphone berhasil di perbaiki, teknisi penipu memberi contoh … kadang mengganti LCD konsumen yang sebenarnya normal dan bagus, diganti dengan LCD rusak, setelah konsumen datang … dengan mudah ia melaporkan bahwa HP nya sudah di repair, namun LCD nya ternyata blank, jadi minta ganti baru sekalian … nah, disitu si tukang service Hp nakal ini bisa menjadikan uang lagi.

3. Jenis Kerusakan.
Jenis kerusakan yang kecil/sederhana di buat seakan jenis kerusakan yang rumit/merepotkan, sehingga jasa service menjadi lebih mahal dari seharusnya.
(kalau yang nomor 3 ini kayaknya sudah umum sering di berlakukan pada service barang elektronik lainnya sejak dulu :)

Sebaiknya Apa yang harus Dilakukan saat HP rusak ??

Umunya orang akan memanfaatkan service center resmi hanya pada saat masa garansi berlaku yaitu selama 1 tahun sejak pembelian Hp/Smartphone.
Namun selebihnya kemudian…
biasanya orang jarang menggunakan jasa service resmi tersebut karena sudah habis garansinya, serta kebanyakan karena jarak service center yang jauh dari rumah karena umumnya hanya ditentukan 1 tempat di kotanya.
Hal inilah yang membuat kebanyakan konsumen akan menservicekan HP kesayangannya pada teknisi di luar service pusat, atau jika Hp sudah dianggap ketinggalan mode, walaupun umurnya hanya 1 tahun lebih sudah di buang rusak begitu saja, padahal sebenarnya jasa service dan penggantian komponen sering jauh lebih murah daripada beli HP baru, sebab kerusakan yang terjadi lebih sering diakibatkan oleh rusaknya 1 atau 2 komponen tertentu saja.

So … Pertimbangkan untuk mensecrvice di tempat yang tepat agar sobat terhindar dari praktek curang yang mungkin ada di daerah Anda.

TIPS Service HP Rusak yang Sudah Habis Masa Garansi :

1. Untuk HP yang masih sobat merasa sayangi, pastikan lakukan perbaikan pada Service Center yang di tunjuk, ingat resiko diatas, lebih baik mau bersusah payah jauh daripada dekat tapi resiko HP tambah parah internalnya.

2. Untuk HP lainnya, usahakan service di teknisi teman sendiri atau setidaknya kenal, hal ini lebih meminimalisir praktek curang teknisi nakal.

3. Banyak teknisi yang baik, jadi sebenarnya ternyata cukup mudah untuk menemukannya dengan cara …
Tanya referensi ke beberapa teman / tetangga yang berbeda lokasi, setelah di coba dilakukan ternyata ada saja yang sudah pernah mennservice kan HP nya pada salah satu tempat terdekat dan banyak yang cocok disitu.

4. Upayakan service HP di tempat yang bisa di tunggu, hindari service yang mensyaratkan harus ditinggal lama berberapa hari dalam prosesnya.

5. Sampaikan jenis kerusakan pada tempat service yang sobat datangi, dan tanyakan kira-kira apa penyebabnya sehingga dapat di taksir cepat - kurang lebih biayanya dan lamanya proses repairnya.
Dengan demikian, jika taksiran biaya cukup banyak, barulah sekiranya dapat di bandingkan dengan alternatif memilih membeli HP baru lagi.


Demikian Tips yang bisa kita sharing, Semoga bermanfaat buat para sobat XaXiXu.com semua.

Silakan Share, agar menambah wawasan kita bersama
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

10 comments:

  1. Trims infonya. Memang harus selalu hati-hati. Pilih counter service yang tetap / permanen, misal di mall

    ReplyDelete
    Replies
    1. tul gan, lebih sip kalo punya langganan yang cocok atau teman sendiri ^_^

      Delete
    2. Iya bener ...jangan service di sembarang tempat. Saya barusan kejadian service HP di sekitar POM bensin Petir Ahmad Dahlan Tanggerang kota. Pertama dia tunjukan batere HP yang nggelembung padahal seingat kami batere kami tidak seperti itu. Kedua dia ambil memory card dari HP kami. Setelah kami complain beliau tidak mengaku sudah mencabut memory card kami. Benar benar penjahat. Biarlah Tuhan yang membalas perbuatan dia. Kita serahkan pada yang diatas. Jadi hati hati service HP. Mending ke Roxy yg tempat servicenya didepan mata kita/ atau di gerai resmi sesuai merk HP kita..

      Delete
  2. Toko silver phone di daerah pasar ciputat juga sialan bngt...ceritanya gni gan..gw tgl 20 september service ke toko itu untk ganti port charger sony xperia..di bawa lah hp gw sama teknisi d toko itu k dlm...gw suruh tunggu 1 jam...ok akhirnya gw tnggu dan setelah 1 jam teknisi itu keluar dan bilang ini jalur port charger nya kena...tp tambah biaya lg dan hars d tinggal...ok tp d ganti y mas gw bilang gtu...besok lusa hp gw ambil dr toko itu...dan gw lunasin...stelah 2 minggu ternyata rusak lg...dan gw service k tempat lain...kata teknisi d tempt lain itu bilang...maaf mas ini sblmnya service dmana?gw bilang di toko silver phone pasar ciputat di samping toko emas persis d samping fly over pasar ciputat..dan teknisi itu bilang k gw...mas ini mah ga d ganti tp cma d solder ulang sama teknisi d toko itu....denger bgtu rasanya pengen gw seret tuh teknisi ke jalan raya....gondok.kesel jd campur aduk rasanya...tp gw ikhlasin aj...biar aja tuh teknisi ga berkah hidupnya...buat temn" yg lain hati" klo mau service hp...semoga pengalaman gw berguna buat yg lainnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Repot juga emank,
      saya sendiri sering ragu utk service barang elektronik apapun karena ulah para oknum yang tidak professional (memperburuk citra orang lain yang kerjanya sudah bener).
      - pertama kita tidak bisa tahu harga servicenya (teknisi dapat melambungkan harga, sementara kita harus bayar sebab sudah kadung di service).
      - ke dua, resiko internal part yang di ganti seenaknya.
      Btw ...
      service ke tempat resmi kadang males karena jauh banget ^_^

      Delete
  3. Kalo gua servis di sinar mas sellular tlogosari itu tkang srvisnya ga bener ngomongnya katanya seminggu jadi udah sbukan blom jdi di sms g dibls di tlf blg di cancel aja.. Tp pas mo diambil dia bilang besok aja dia libur lah apa lah.. Pdhl dah gua bayar... Sialan banget hati2 buat org semarang cari tempat servis resmi ato yg udah dikenak aja

    ReplyDelete
  4. orang yg gak niat kerja bener aja yg curang

    ReplyDelete
  5. strategi ini sering sekali saya alami dan saya temukan

    ReplyDelete
  6. Gua juga kena kibulin sama servisan di citraland semarang gan inisial nama toko dan pemiliknya j**t, waktu itu hp saya masuk air trus gua bawa ke servis dekat rumah eh ternyata belum bisa berbuhung karna teman mau datang dari luar kota saya pikir sekaliaan aja ke citra land sekalian nunggu biar langsung kebandara, dan singkat cerita saya nyampe di citraland dan langsung ke toko servisan si j**t itu, srett sret di bongkar hp saya, wah mas ini kena ic powernya 200 harganya kata si dia, karna saya kebetulan memang lagi butuh itu hp karna teman mau datang dari luar kota saya iya kan, dan apa yang terjadi hp gua cuma di blower tok gua liat dengan mata kepala sendiri tak ada yang diganti dan hpnya hidup, tapi karna saya berpikir mungkin ini orang lagi butuh duit, yauda gpp gua pikir, eit cerita belum kelar, sehabis itu hp idup hp masi sedikit konsltet, dan tanpa basi basi gua pake buat ngubungi teman gua eh ternyata uda sampai dibandara Dan gua bilang aja tunggu ke teman gua, trus si toko kibul itu menyarankan saya buat ninggali hp biar di clearin masalah tuh konslet, gua pikir gpp lah yg penting uda ngubungi teman gua, dan kemudian setelah pagi pun datang kira2 jam 10 an gua datang lagi ke cl buat ambil hp kesayangan Eh bujung buset batre hp gua yang semula normal uda robek robek, wah gua emosi banget itu batre normal kok malah kayak gini jadinya, trus dia bilang harus di ganti, ya gua mana mau orang itu batre baik baik aja, trus dia bilang ok mas ntar batrenya saya perbaiki saja, oklah saya kira kalo masi bisa diperbaiki. Trus tu hp dia bawa keluar ya gua awalnya ga berburuk sangka, setelah dia kembali gua uda seneng hp gua uda normal lagi, gua cek bentar ,gua langsung cabut dan pamit dari toko si kibul itu, sampe di rumah main hp eh bujung buset batrenya jadi boros ok lah gua kira gua cas, pas waktu di cas kurang lebih 45 menit gua cabut hp nya dan mau gua pake eh ternyata si hp mati dan gak mau hidup lagi, dengan rasa penuh penasaran gua cari ide buat bongkar hp sendiri karna gak ada obeng kecil gua pake piso catter dan ternyata eng i eng batre hp gua berubah jadi hp bb gadungan, batre gua ditukar, tambah naik ni darah, langsung detik itu juga ambil motor langsung berangkat ke citraland, tapi gua pura pura gak tau kalo batre uda di ganti , mas ini hp nya mati lagi gua bilang, oh iya mas bentar ya katanya. Ok lah gua kira. Pas dia membuka penuh hati hati biar gua gak lihat dia ya gua uda tau kali dalam hati, pura pura aja gua lihat lihat yang lain, pass itu hp kebuka setengah pura pura gua lihat dengan gugup dia membuka, trus gua bilang kenapa gak dibuka eh u eh u gugup dia, trus pas di buka langsung gua teriaki batre lu ganti, langsung adu argumen yang begitu sengit, trus gua bilang ke dia pasang itu batre gua yang lama, ternyata batre gua yang lama di simpen sama dia, dengan rasa gunda gulana dipasanglah itu batre, eh ternyata bisa, huft pengalaman yang begitu rumit di konter si mr J**t kampret it, ati ati buat agan agan yang mau ke situ.

    ReplyDelete
  7. Untuk yang di wilayah batam jangan pernah sekali2 service hp nya di daerah sp gak ada yang beres konter disana tu

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger