Sharing pengalaman - Teliti Sebelum Membeli & Teliti Sesudah Membeli

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
XaXiXu.com - ering kah Para sobat berbelanja di mini market, super market, toko besar di daerah sobat, atau lainnya ?
Kali ini admin berbagi pengalaman yang sekiranya bermanfaat untuk para sobat dalam menghindari kerugian saat berbelanja atau membeli sesuatu akibat kesalahan kasir atau kesalahan perhitungan harga barag.

Pengalaman pribadi ke 1,
saya membeli 2 es krim di sebuah mini market yang sudah cukup terkenal sejak dulu se Indonesia… si Kasir menyebutkan harga sekian puluh rupiah , tanpa pikir panjang saya pun membayarnya, si kasir menyodorkan kembalian dan langsung meladeni orang lain…

Saya pikir-pikir … kok gak seperti biasanya langsung dikasih struk ya … terus seingatku kok tadi waktu lihat label harga saat ambil es krim harusnya gak semahal itu ya ?

Sharing pengalaman - Teliti Sebelum Membeli – dan Teliti Sesudah MembeliPenasaran, Saya coba tanyakan ke kasir mana struknya … eh ternyata tadi dia cuman ngecek di layar doang, setelah di minta .. baru dia mengetik dan mencetak struk nya, dan anehnya … Wow … dia menyertakan juga uang 3 ribu rupiah … kok ?
Ternyata setelah saya cek di struknya ada potongan harga es krim untuk beli 2 sebesar 3 ribu rupiah. Olala … ^_^

Pengalaman Pribadi Ke 2,
Pernah berbelanja di toko Besar lainnya, Toko ini terkenal di daerah situ saja dan selalu padat pembeli, tapi bukan mini market terkenal se Indonesia seperti pengalaman ke satu diatas …
Alat kasirnya pun bukan otomatis pakai barcode, melainkan masih input harga manual pada alat kasir  tersebut.
Setelah belanja cukup banyak … kasir memberikan struk belanja dengan harga sekitar 400 ribuan, What ? seingatku saat belanja tadi sudah ku hitung kasaran harusnya sekitar 300 ribuan, kok jauh ya selisihnya …
Penasaran, sebelum pergi … ku lihat-lihat lagi struk mungkin menemukan harga yang janggal … dan Yes… ketemu satu barang dengan harga sekitar 119 ribu tapi tercetak di struk 191 ribu rupiah … ketika saya komplain ke kasir … dia tersenyum sambil bilang maaf salah ketik termasuk karena mata sudah capek.

Ya..ya.. ya.. Saya masih berbaik sangka bahwa 2 hal diatas hanyalah ketelodoran manusia, tapi dari 2 pengalaman diatas sudah cukup sebagai pengingat bagi saya dan para sobat semua bahwa kesalahan Kasir bisa berubah menjadi Kerugian  besar bagi konsumen / Pembeli.
Maka … Kita patut Teliti untuk diri sendiri dalam setiap berbelanja, apalagi bagi para sobat kita lainnya yang masih banyak menanggung beban hidup dan menganggap seribu rupiah pun sudah sangat berarti.

TIPS DARI ADMIN :
1. Saya biasa Teliti Sebelum membeli … 
Minimal menghitung secara kasar Total belanjaan tersebut .
Tanpa memerlukan Kalkulator, Perhitungan cepat dapat saya lakukan dengan cara membulatkan semua harganya, makanya saya sebut perhitungan kasar.

Perhitungan diatas secara tidak sengaja akan mengingatkan setidaknya barang apa saja yang dibeli berikut harga kasarnya.

2. Saya biasa Teliti Sesudah membeli … 
Minimal Cukup baca dengan cepat apa saja barang yang tertera berikut harganya pada struk yang diterima, lalu berikan perhatian lebih pada harga yang sekiranya Janggal / Tidak sesuai dengan harga kasar yang tadi kita hitung.

Bahkan pada Toko besar / Mini Market yang kita anggap professional serta terkenal se Indonesia sekalipun, kita tetap perlu teliti untuk diri sendiri, tidak sekedar menggantungkan pada kerjaan orang dimana resiko salah tetap ada.

By The Way …
Itu hanyalah pengalaman admin yang dulu , Sekarang …
Ternyata ada penelitian bahwa banyak para kasir yang memang sengaja membuat tipuan, mencari kelengahan pembeli, dan memanfaatkan keteledoran sebagai senjata merampas hak konsumen serta mencuri uang kembalian yang harusnya di Donasikan.

Setelah baca yang ini, dijamin sobat lebih terbuka mata untuk waspada.
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger