Fitur Pos dan lingkaran Google+ yang Harus Tahu bagi Pemula

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Bagi para sobat, yang merasa masih bingung dalam menggunakan Google Plus maka berikut saya sharing tentang panduan fungsi untuk beberapa point yang umumnya sering di bingungkan / kurang dipahami oleh para pemula Pluser (sebutan untuk user G+), khususnya dalam hal seputar Lingkaran dan Pos (Circle & Posting)

Hal ini juga berdasarkan pengalaman saya sendiri saat mencoba memulai memakai Google+ beberapa bulan lalu sekitar Juli.
1 bulan pertama saya kebingungan sendiri, kurang paham dengan aneka fitur yang ada didalamnya, hingga akhirnya setelah tahu … baru sadar bahwa fitur-fitur tersebut yang tidak pernah dipakai ternyata sangat berguna :) LOL.

Beberapa Point Seputar Circle & Post G+ yang harus diketahui para Pemula Pluser :

1. Fungsi Lingkaran / Circle

Saat sobat baru memiliki akun Google+ , kalian belum mempunyai teman sama sekali, kemudian sobat dapat menambahkan orang lain menjadi teman kalian.

Dalam hal ini G+ menyediakan fitur default berupa 4 Lingkaran Utama :

A. Teman (Friend Circle)
Masukkan orang ke dalam lingkaran teman, mereka yang cukup akrab bagi sobat, misalnya memang sudah biasa berteman di luar G+, teman di dunia nyata, teman online tapi sudah akrab, DLL.

B. Kontak (Conntact Circle)
Masukkan orang kedalam lingkaran kontak, mereka yang sobat kenal tapi tidak begitu akrab, misalnya karena baru saja kenal satu sama lain, teman Dumay/Dunia maya, DLL.

C. Keluarga (Family Circle)
Masukkan orang ke dalam lingkaran keluarga, mereka yang menjadi keluarga sobat, misalnya kakak, adik, ayah, mama, pakde, bude :) , termasuk orang lain yang anda anggap sebagai keluarga juga bisa di masukkan ke dalam lingkaran ini. Semua kembali terserah sobat.

D. Mengikuti (Follow Circle)
Masukkan orang kedalam lingkaran megikuti, mereka yang anda anggap penting, misalnya karena sering memberikan posting yang bermanfaat dan cocok bagi sobat.
Note :
Secara default, lingaran ini bersifat 1 arah, dimana … sobat akan mendapatkan notofikasi/pemberitahuan tentang update status/posting mereka, sebaliknya .. apa yang sobat posting tidak akan di terima oleh mereka yang ada dalam lingkaran mengikuti ini.

* para sobat juga dapat menambahkan beberapa lingkaran baru dengan nama sekehendak hati, misalnya Lingkaran Tersayang … untuk orang yang paling kalian sayangi ? pacar ? ^_^ LOL

Mengapa harus ada bermacam-macam lingkaran ??
Inilah kelebihan G+ dibanding Social Media lain, dengan memiliki aneka circle maka sobat dapat menentukan siapa yang dapat menerima update status / posting kalian, misalnya sobat posting tentang sesuatu untuk para teman saja, dan tidak ingin orang-orang dalam lingkaran keluarga mengetahuinya.
Caranya … Silakan terus baca di bawah …

2. Pos kabar Terbaru / Update Status

Pada saat sobat posting, silakan lihat gambar dibawah, maka kita dapat menentukan siapa saja yang dapat membaca/mengetahui posting tersebut.


- Pilih Publik – maka posting sobat akan dapat di baca oleh semua orang termasuk mereka yang tidak anda kenal.

- Pilih Lingkaran keluarga – maka hanya orang yang ada dalam lingkaran keluarga saja yang menerima / mengetahui posting tersebut.
*Silakan, Sobat dapat memilih beberapa lingkaran sekaligus.

- Pilih Komunitas – maka posting sobat akan di tampilkan di komunitas yang sobat ikuti, bila komunitas tersebut bersifat publik, maka posting sobat di komunitas tersebut juga dapat dilihat siapapun termasuk orang yang bukan member komunitas.
*Sobat hanya dapat memilih 1 komunitas saja, untuk posting ke komunitas lainnya, sobat bisa memanfaatkan fitur Pembagian Ulang.

3. Posting Option / Menu Pilihan Pos

Setelah sobat menulis sesuatu, dan update status tersebut sudah muncul di halaman,
Maka posting tersebut masih memiliki pilihan untuk di Edit sewaktu-sewaktu kita perlukan.
Berikut adalah 4 Fitur utama yang harus di ketahui untuk Opsi Posting :

Silakan pilih salah satu posting sobat, lalu klik tanda panah dibagaian sudut kanan atas postingan tersebut, lihat gambar di bawah …
(untuk android G+ Application, silakan klik pos yang dipilih, lalu klik tombol Menu/option di Hp kalian)


A. Pasang Pos,
Untuk membuat posting tersebut selalu berada diatas halaman profil kalian.
Penjelasannya cukup banyak, tentang .. Cara kerjanya, Manfaat pentingnya, dan syarat berjalannya fitur ini, silakan baca di … Fitur terbaru G+ Pin Post (berlaku mulai desember 2014).

B. Lihat aktivitas Pos
Untuk melihat siapa saja yang memberikan Plus +1 , yang membagikan ulang dan yang berkomentar. Namun fitur ini bersifat terbatas dimana untuk Jumlah +1 yang cukup banyak … tidak semua data aktivitas posting ditampilkan.

C. Edit Pos
Maka kalian dapat mengedit posting tersebut, misalnya saja untuk membenarkan salah eja atau menambahi/mengurangi tulisan.

D. Non aktifkan Komentar
Pilih ini jika sobat menginginkan posting tersebut tidak bisa di komentari oleh pembaca.
Bila posting tersebut adalah posting lama dimana sudah ada yang mengomentari, maka komentar lama tetap muncul .. tapi berikutnya pembaca tidak bisa menambahkan komentar baru.

E. Non aktifkan pembagian Ulang / Reshare
pilih ini jika sobat menginginkan posting tersebut tidak bisa di bagikan ulang oleh orang lain. Misalnya karena itu posting tulisan pribadi / foto pribadi dan sobat tidak ingin foto tersebut tampil di halaman orang lain.

Demikian …
Sharing saya tentang fungsi beberapa Item seputar Pos dan Lingkaran yang umumnya di bingungkan oleh Pemula Pluser beserta beberapa fungsi yang harus diketahui oleh Pemula Pluser, sehingga diharapkan … dapat menggunakan Google+ dengan lebih optimal, effektif dan effisien.

Untuk beberapa fungsi yang lain, yang tidak saya bahas di sisni .. karena saya yakin, setelah memahami hal dasar diatas, maka  sobat dapat dengan mudah memahami sendiri fitur dasar lainnya.

Jika sudah bisa memanfattkan semua fitur diatas, 

Silakan dapat sobat lanjutkan di posting saya lainnya di ...
5 TIPS Google+ untuk Level Intermediate User
SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - XaXiXu.Com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comment:

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.

 
Copyright ©2014 - 2024 • XaXiXu.Com
Template Powered by Blogger